72 TAHUN INDONESIA MERDEKA

72 TAHUN INDONESIA MERDEKA

72 tahun Indonesia merdeka. Tentu saja tanggal 17 agustus sebagai hari kemerdekaan patut kita rayakan dengan sukacita. Berbagai perlombaan, parade, dan kemeriahan lainnya seringkali dilaksanakan serta diselenggarakan di setiap sudut wilayah Indonesia. Kompasianer, laporkan semua kemeriahan perayaan 17 agustus di daerah anda di kompasiana dengan mencantumkan label: HUTRI72 (TANPA SPASI) pada artikel Anda.

 SEA GAMES 2017

SEA GAMES 2017

Gelaran pesta olah raga se ASEAN kini dimulai. SEA Games yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia ini mempertandingkan sebanyak 38 cabang olah raga. Indonesia pun mematok target tinggi untuk SEA Games kali ini. Kompasianer, ayo bagikan ulasan Anda tentang SEA Games 2017 di Kompasiana dengan menyertakan label: SEAGAMES2017 (tanpa spasi) pada artikel Anda.

PILIH RUMAH ATAU APARTEMEN?

PILIH RUMAH ATAU APARTEMEN?

Gaya hidup di kota besar menuntut orang untuk memilih tempat tinggal yang praktis dan dekat dengan tempat kerjanya. Memiliki rumah ideal tentu merupakan impian banyak orang. Namun, melihat pengadaan lahan di kota besar yang sudah semakin berkurang dan harga rumah yang semakin tinggi, memiliki apartemen terlihat cukup menjanjikan. Tetapi tipe hunian yang diinginkan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, dana, dan pertimbangan lainnya.Kompasianer, menurut Anda manakah yang lebih menguntungkan, apakah dengan membeli rumah atau apartemen? Sampaikan opini Anda di Kompasiana dengan menyertakan label HUNIAN IDAMAN.

 POLEMIK KASUS ACHO

POLEMIK KASUS ACHO

Artis Stand Up Comedy, Acho menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik. Awalnya Acho menulis di blog pribadiya tentang kekecewaannya kepada pengelola apartemen Green Pramuka City. Kompasianer, bagaimana pendapat Anda soal kasus ini dan apakah Anda punya pengalaman bertemu oknum pengembang nakal? Tulis pendapat Anda dengan label: KASUSACHO

 JIKA JAKMANIA DAN BOBOTOH BERDAMAI

JIKA JAKMANIA DAN BOBOTOH BERDAMAI

Upaya perdamaian antara Jakmania dan Bobotoh kembali menunjukkan titik terang. Pasca meninggalnya Ricko Andrean, pendukung Persib yang tewas saat menyelamatkan seorang Jakmania dari pengeroyokan, upaya perdamaian dua suporter ini kembali berlanjut. Kompasianer, Apa pandangan Anda seandainya Jakmania dan Bobotoh benar-benar berdamai? Tulis ulasan Anda dengan menyertakan label: JAKMANIABOBOTOHBERDAMAI (tanpa spasi) pada artikel Anda. 

 POLEMIK INVESTASI DANA HAJI

POLEMIK INVESTASI DANA HAJI

Presiden Joko Widodo meminta agar tabungan haji yang nilainya sangat besar dikelola dan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur. Meski baru wacana, kebijakan ini menuai pro dan kontra. Kompasianer, apa pandangan Anda melihat wacana ini? Berikan pendapat Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: INVESTASIDANAHAJI pada artikel Anda.

 PERTEMUAN SBY PRABOWO

PERTEMUAN SBY PRABOWO

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan pertemuan secara tertutup dengan Prabowo Subianto di Puri Cikeas, Bogor, pada Kamis (27/7/2017). Pada pertemuan ini, mereka membahas beberapa hal terkait dengan Undang-undang dan kenegaraan.Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai pertemuan SBY-Prabowo ini? Sertakan opini Anda dengan menyertakan label PERTEMUAN SBY PRABOWO pada artikel Anda.

 MOTOR IDAMANKU

MOTOR IDAMANKU

Mempunyai sendiri motor pribadi merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi di Jakarta yang padat penduduknya. Namun, setiap orang yang membeli motor untuk suatu "kebutuhan", nyatanya mereka terkadang memiliki motor idamannya masing-masing. Kompasianer, apakah Anda memiliki motor impian yang Anda idamkan sejak dulu? Ceritakan motor idaman Anda dengan menyertakan label MOTOR IDAMANKU pada artikel Anda.

 CHESTER WAFAT

CHESTER WAFAT

Dunia musik internasional kehilangan vokalis group band Linkin Park, Chester Bennington. Chester diduga mengakhiri hidupnya dengan gantung diri karena depresi. Chester diketahui sedang berjuang melawan kecanduan terhadap narkotika dan alkohol. Kompasianer, bagaimana opini Anda soal kabar duka ini? Silakan tulis opini Anda dengan menyertakan label CHESTER WAFAT.

 MOBIL PERTAMAKU

MOBIL PERTAMAKU

Memiliki kendaraan pribadi merupakan sebuah kebutuhan tersier/barang mewah untuk manusia. Biasanya mobil juga menjadi salah satu "ajang" untuk aktualisasi diri terhadap pencapaian yang sudah kita raih. Nah, Kompasianer, masih ingatkah Anda pada mobil pertama yang Anda beli? Adakah perjuangan, kisah, atau kenangan di dalamnya? Ceritakan nostalgia Anda dengan menyertakan label MOBIL PERTAMAKU pada artikel Anda.

SETYA NOVANTO TERSANGKA

SETYA NOVANTO TERSANGKA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka. Ketua DPR RI itu diduga terlibat dalam korupsi proyek pengadaan e-KTP. Jaksa meyakini tindak pidana korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu dilakukan bersama-sama Setya Novanto. Kompasianer berikan pendapat Anda tentang penetapan status tersangka ini dengan mencantumkan label: SETNOV TERSANGKA 

 PEMBLOKIRAN TELEGRAM

PEMBLOKIRAN TELEGRAM

Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir aplikasi pesan instan Telegram yang diyakini digunakan jaringan teroris untuk berkomunikasi. Meski yang diblokir adalah versi website, kebijakan ini menuai kontroversi dan kecaman dari netizen. Kompasianer, apa pendapat Anda soal pemblokiran ini? Bagikan di Kompasiana dengan menyertakan label: PEMBLOKIRAN TELEGRAM 

 Urgensi KIA

Urgensi KIA

Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan program dari Kemendagri yang berfungsi sebagai identitas anak di bawah usia 17 tahun. Namun program ini mendapat kritik, lantaran dianggap pemborosan APBN. Kompasianer, apakah Anda memiliki pengalaman atau opini terkait KIA? Silahkan unggah tulisan Anda dengan menyertakan label URGENSI KIA.

 PERLENGKAPAN MANDI PILIHAN

PERLENGKAPAN MANDI PILIHAN

Mandi tentu harus dilakukan secara rutin agar tubuh terlindung dari kuman. Saat mandi tentu ada banyak perlengkapan yang kita gunakan dengan merek yang beragam. Kompasianer ceritakan apa saja perlengkapan mandi pilihan Anda seperti sabun, pasta gigi, dll. beserta merek dan alasan Anda menggunakannya. Bagikan di Kompasiana dengan menyertakan label: PERLENGKAPAN MANDI PILIHAN pada artikel Anda.

 PEMINDAHAN IBU KOTA

PEMINDAHAN IBU KOTA

Baru-baru ini masyarakat heboh berkat wacana pemindahan Ibu Kota yang dilontarkan pemerintah. Pemindahan ini dilatar belakangi oleh ketimpangan pembangunan antara Pulau Jawa dengan pulau lainnya di Indonesia. Kompasianer, bagaimana pendapat Anda soal wacana tersebut? Tulis opini Anda dengan menyertakan label Pemindahan Ibu Kota dalam artikel Anda.

KONTROVERSI VLOG KAESANG

KONTROVERSI VLOG KAESANG

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep diolaporkan ke polisi karena vlog yang dia buat. Menurut pelapor, terdapat unsur penodaan agama dan ujaran kebencian dalam video berjudul “#BapakMintaProyek” tersebut. Kompasianer, Bagaimana pendapat Anda soal kasus ini? Tulis opini Anda dengan label Kasus Kaesang dalam artikel Anda.

 MAKANAN & MINUMAN RINGAN FAVORIT

MAKANAN & MINUMAN RINGAN FAVORIT

Manusia tidak akan pernah lepas dari produk pangan untuk memenuhi asupan energi sehari-hari. Selain makanan pokok, ngemil atau mengonsumsi makanan ringan adalah aktivitas yang sulit dihindari, apalagi jika ada momen tertentu seperti sambil menonton tayangan sepak bola, menonton film, atau sekadar menghabiskan waktu sambil menunggu. Nah, Kompasianer, brand dan produk makanan serta minuman ringan apa yang paling menjadi favorit Anda saat ini? Ayo bagikan ulasan Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: MAKANAN RINGAN FAVORIT pada artikel Anda. Oya, Anda boleh juga kok menyebutkan merek dan jenis makanan atau minuman favorit Anda. :D

 EKSPLOITASI TENAGA MEDIS

EKSPLOITASI TENAGA MEDIS

Beberapa hari terakhir, media sosial dihebohkan dengan meninggalnya seorang dokter muda yang diduga karena kelelahan bekerja di rumah sakit. Dokter Stefanus Taofik, meninggal saat bekerja pada piket lebaran pada 27 Juni kemarin. Beberapa kabar menyebutkan bahwa dokter muda ini meninggal dunia karena kelelahan setelah bekerja 5 hari non-stop, namun ternyata temuan mengungkapkan bahwa dokter Stefanus Taofik meninggal dunia karena menderita penyakit Brugada Syndrome. Kabar meninggalnya dokter ini menjadi viral di media sosial dan ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa ada tindakan eksploitasi kepada para pelaku tenaga medis dengan mempekerjakan tanpa batasan waktu yang jelas. Kompasianer, apa pendapat Anda tentang hal ini? Benarkah ada tindakan eskploitasi pada tenaga kerja medis? Sampaikan pendapat Anda dengan menyertakan label: EKSPLOITASI TENAGA MEDIS pada artikel Anda. 

 ULANG TAHUN KOMPAS

ULANG TAHUN KOMPAS

52 tahun sudah, Harian Kompas hadir di tengah rakyat Indonesia. 52 tahun lalu, Harian Kompas pertama kali terbit pada 1965 silam. Kala itu Harian Kompas terbit pertama kali hanya dengan 4 jumlah halaman dan jumlah eksemplar 4.826. Dalam perjalanan selama 52 tahun, sudah banyak yang dilalui bersama dan perjalanan yang bermanfaat serta mencerdaskan seluruh warga.Lantas Kompasianer, ingatan apa yang ada dalam benak Anda saat bersama dan membaca Kompas selama ini? Tuliskan ulasan Anda di hari ulang tahun Harian Kompas kali ini dengan menyertakan label: ULTAH KOMPAS pada artikel Anda. 

 PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN

PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN

Kasus Rosita yang tabungannya bernilai Rp42 juta tidak diakui sekolah menyita perhatian. Pihak sekolah menerangkan bahwa tabungan Rosita hanya senilai 156 ribu, namun pihak keluarga membantahnya. Masyarakat di lingkungan tempat tinggal Rosita mengharapkan agar kasus ini dibawa ke jalur hukum, tapi pihak keluarga menolak dan menginginkan sekolah melakukan sumpah pocong. Melihat kasus ini, sudah seharusnya digalakkan literasi keuangan untuk semua kalangan masyarakat. Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai pentingnya berliterasi keuangan untuk kasus ini? Tuliskan opini Anda dengan menyertakan label Literasi Keuangan pada artikel Anda.

 HUT JAKARTA KE-490

HUT JAKARTA KE-490

Hari ini, 22 Juni 2017, DKI Jakarta genap berusia ke-490 tahun. Tidak seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya yang meriah, HUT Jakarta tahun ini rencananya hanya akan dilaksanakan di Gedung DPRD DKI.  Resepsi HUT DKI tahun ini hanya akan dilakukan rapat paripurna istimewa karena HUT DKI tahun ini bertepatan dengan bulan puasa. Namun, lebih dari itu, pemaknaan HUT DKI ini tentu berisi banyak harapan dari masyarakat terhadap kemajuan DKI Jakarta.Kompasianer, apa harapan dan semangat kalian untuk DKI Jakarta? Tuliskan opini Anda dengan menyertakab label HUT Jakarta pada artikel Anda.

 ULANG TAHUN JOKO WIDODO

ULANG TAHUN JOKO WIDODO

Tepat hari ini, 21 Juni 2017 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo merayakan ulang tahun yang ke-56. Ucapan selamat pun mengalir deras di media sosial. Berdasarkan pantauan Kompasiana, hingga tulisan ini ditayangkan, tagar #Happy56thJokowi masih menjadi trending topic di jagat Twitter. Netizen beramai-ramai mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo sejak pagi tadi. Beberapa tokoh dan figur publik pun terlihat menuliskan harapan serta doa melalui kicauannya.Kompasianer ayo berikan masukan, doa juga kritik kepada Presiden Joko Widodo pada hari ulang tahunnya ini di Kompasiana dengan menyertakan label: ULANG TAHUN JOKOWI pada artikel Anda.

 LEBARAN 2017

LEBARAN 2017

Tidak terasa Idul Fitri di depan mata. Hanya tinggal beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa melawan segala hawa nafsu. Hari Raya Idul Fitri seringkali dimanfaatkan untuk mudik atau pulang kampung, berkumpul dan silaturahmi bersama keluarga. Momen ini juga seringkali dimanfaatkan untuk berlibur melepaskan penat dan sejenak melupakan pekerjaan.Kompasianer, apa persiapan atau cerita Anda di Lebaran tahun ini? Ceritakan di Kompasiana dengan menyertakan label: LEBARAN 2017 pada artikel Anda.

 SUBSIDI LISTRIK DICABUT 2017

SUBSIDI LISTRIK DICABUT 2017

Pada Juli 2017, pemerintah akan mencabut subsidi Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk pelanggan 900 VA yang mampu. Pencabutan ini merupakan lanjutan dari rencana yang telah digulirkan pemerintah sejak 1 Januari 2017. Sebanyak 18 juta konsumen tidak mendapat subsidi, dari yang awalnya berjumlah 22 juta. Jumlah ini lebih besar dari konsumen kurang mampu yang seharusnya dapat subsidi pemerintah.Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai pencabutan subsidi listrik ini? Tuliskan opini Anda dengan menyertakan label Subsidi Listrik pada artikel Anda.

KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL

KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL

Kebijakan full day school kembali menjadi perbincangan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mulai memberlakukan kebijakan sekolah lima hari dalam sepekan ataufull day schoolpada Juli mendatang bertepatan dengan tahun ajaran baru 2017/2018.Sejak pertama kali diwacanakan, kebijakan ini menuai pro kontra. Salah satu yang menjadi alasan adalah; kebijakan ini berpotensi mematikan pendidikan keagamaan. Pasalnya tidak sedikit siswa yang menggunakan waktu siang hari untuk melanjutkan kegiatan belajarnya di madrasah.Lantas apa pendapat Anda tentang kebijakan yang akan mulai berlaku pada Juli mendatang ini? Sampaikan pendapat Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: FULL DAY SCHOOL pada artikel Anda. 

 HARI MEDIA SOSIAL

HARI MEDIA SOSIAL

Tepat pada 10 Juni 2017 hari ini, diperingati sebagai Hari Media Sosial di Indonesia. Peringatan yang pertama kali diadakan pada tahun 2015 ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali bagaimana perilaku kita bermedia sosial yang tentu sedikit banyak sudah memberikan perubahan pada diri mereka. Media sosial tentu selayaknya digunakan untuk menyebarkan konten positif, namun tak jarang banyak yang menyebarkan konten negatif seperti hoaks.Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai Hari Media Sosial ini? Tuliskan opini Anda dengan menyertakan label Hari Media Sosial pada artikel Anda.

 NIKAH DENGAN TEMAN SEKANTOR

NIKAH DENGAN TEMAN SEKANTOR

Pernikahan sejatinya merupakan hak asasi manusia yang dilindungi UUD 1945. Namun, dalam Pasal 153 Ayat 1 huruf f UU Ketenagakerjaan berisikan larangan pernikahan dilakukan oleh sesama rekan satu perusahaan. Kemudian hal ini dipermasalahkan oleh sekelompok pegawai yang telah membawa masalah ini sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK).Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai larangan menikah dengan teman sekantor ini? Sertakan opini Anda dengan menyertakan label Nikah Teman Sekantor pada artikel Anda.

KOMPASIANA BARU 2017

Kompasiana kini punya wajah baru. Tampilan baru ini kami buat untuk semakin memanjakan Anda beraktivitas dan berinteraksi di Kompasiana. Untuk mencobanya Anda bisa masuk melalui URL v20106.kompasiana.com atau dengan mengklik icon profil Anda di pojok kanan atas dan pilih menu "Lihat Kompasiana Baru". Untuk menyempurnakan tampilan dan fitur baru ini tentu kami membutuhkan review, masukan atau saran-saran lain dari Anda sebagai pengguna. Oleh karena itu Anda bisa menuliskan masukan serta tanggapan Anda untuk tampilan baru Kompasiana lewat artikel dengan menyertakan label: KOMPASIANA BARU 2017 pada setiap artikel Anda. Selamat mencoba dan menjelajahi tampilan baru Kompasiana!  

FATWA MEDIA SOSIAL

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengesahkan fatwa penggunaan media sosial. Fatwa ini dibuat berdasarkan kekhawatiran akan maraknya ujaran kebencian dan permusuhan melalui media sosial. Setidaknya ada beberapa hal yang diharamkan yang tercantum dalam fatwa tersebut yakni setiap Muslim yang bermuamalah melalui media sosial diharamkan melakukan gibah (membicarakan keburukan atau aib orang lain), fitnah, namimah (adu domba), dan penyebaran permusuhan. MUI juga mengharamkan aksi bullying, ujaran kebencian serta permusuhan atas dasar suku, agama, ras atau antargolongan. Haram pula bagi umat Muslim yang menyebarkan hoaks serta informasi bohong meskipun dengan tujuan baik. Kompasianer apa pendapat Anda soal fatwa media sosial ini? Berikan pendapat Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: FATWA MEDSOS pada artikel Anda.   

KASUS PERSEKUSI

Kepala Polres Solok Kota, Polda Sumatera Barat, AKBP Susmelawati Rosya, terpaksa dicopot dari jabatannya karena kasus persekusi dengan korban Fiera Lovita. Rosya dinilai tidak melakukan penegakan hukum terhadap organisasi masyarakat yang mengintimidasi dan mengancam Fiera akibat status yang telah ia buat di media sosial. Padahal dalam perkara ini, aksi intimidasi dan pengancaman kekerasan merupakan tindak pidana.Kompasianer, apa opini Anda terkait peristiwa persekusi ini? Sampaikan pendapat Anda dengan menyertakan label Persekusi pada artikel Anda.

DUGAAN PLAGIARISME AFI

Sebuah artikel dari Kompasianer Pringadi Abdi Surya mempertanyakan orisinalitas tulisan karya Afi Nihaya Faradisa yang sempat viral di media sosial. Dalam ulasannya, diduga Afi menjiplak sebuah tulisan berjudul "Agama Kasih" di sebuah status Facebook yang ditulis oleh akun Mita Handayani. Kabar dugaan plagiarisme ini kemudian menyeruak. Kompasianer, apa pendapat Anda tentang dugaan plagiarisme ini? Sampaikan di Kompasiana dengan menyertakan label: Dugaan Plagiarisme Afi pada artikel Anda.

HARI LAHIR PANCASILA 2017

Presiden Joko Widodo telah menetapkan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai hari libur nasional. Tahun ini merupakan tahun pertama untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Penetapan Hari Lahir Pancasila ini bertujuan untuk mengukuhkan lagi semangat Pancasila dalam jati diri bangsa. Selain menyelenggarakan upacara secara nasional, peringatan Hari Lahir Pancasila selayaknya juga diamalkan dalam kegiatan individu sehari-hari. Kompasianer, apa opini atau pengalaman Anda dalam memperingati Hari Lahir Pancasila? Sertakan ulasan Anda dengan menyertakan label Hari Lahir Pancasila pada artikel Anda.

OTT AUDITOR BPK

Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK berhasil mengamankan tujuh orang dari BPK dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Dua oknum pejabat dan auditor BPK telah ditetapkan tersangka oleh KPK karena diduga menerima suap yang terkait pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh BPK RI terhadap laporan keuangan Kemendes PDTT tahun anggaran 2016. Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai OTT BPK ini? Sampaikan opini Anda dengan menyertakan label OTT BPK pada artikel Anda.  

BOM KAMPUNG MELAYU

Pukul 21.00 dua ledakan terjadi di kawasan Kampung Melayu Jakarta Timur. Kedua ledakan ini terjadi dalam jangka waktu yang sangat singkat, hanya berselang sekitar 5 menit. Ledakan ini dipastikan merupakan bom bunuh diri. Pihak kepolisian belum memberikan keterangan siapa dalang di balik pengeboman ini. Namun diduga ada kaitannya dengan bom yang terjadi di Manchester beberapa waktu lalu. Kompasianer, apa pendapat Anda tentang aksi bom bunuh diri ini? Sampaikan di Kompasiana dengan menyertakan label: BOM KAMPUNG MELAYU pada artikel Anda

RAMADAN 1438

Bulan Ramadan 1438 H sudah di depan mata. Persiapan menjelang bulan yang sangat mulia ini pun mulai dilakukan oleh banyak orang, dari mencukupi kebutuhan pangan untuk menu sahur sampai berbuka, serta penyempurnaan ibadah wajib sampai sunnah. Nikmatnya bulan puasa memang tak bisa dideskripsikan, terlebih lagi atas pahala yang sudah dijanjikan pada bulan Ramadan membuat kaum muslimin berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Kompasianer, apa kisah atau pengalaman Anda dalam menyambut serta menjalani bulan Ramadan tahun ini? Tuliskan cerita Anda dengan menyertakan label RAMADAN 1438 pada Artikel Anda.

KASUS HABIB RIZIEQ

Pemimpin Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab terjerat kasus dugaan pornografi. Kasus ini berawal dari tersebarnya dugaan obrolan vulgar via Whatsapp antara Habib Rizieq Shihab dengan Firza Husein. Beberapa pihak menganggap bahwa kasus ini merupakan fitnah dan pencemaran nama baik namun di sisi lain ada juga pendapat yang mengatakan sebaliknya. Kompasianer, apa pendapat Anda tentang kasus ini? Sampaikan pendapat Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: KASUS HABIB RIZIEQ pada artikel Anda.  

BUKU FAVORIT ANDA

Tanggal 17 Mei setiap tahun diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Tanggal ini dipilih bertepatan dengan didirikannya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 1980 silam. Bagi masyarakat Indonesia, membaca buku masih menjadi sebuah kegiatan yang memerlukan "usaha ekstra" untuk melakukannya. Pada 2016 lalu survei World Most Literate Nations menunjukkan minat baca di Indonesia berada pada peringkat dua terakhir dari 61 negara. Angka ini tentu saja sangat memprihatinkan pasalnya membaca sebenarnya dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kita. Pada Hari Buku Nasional ini, buku apa yang menjadi favorit Kompasianer selama ini? Bagikan pengalaman Anda membaca buku tersebut di Kompasiana dengan menyertakan label: BUKU FAVORIT pada artikel Anda. 

ANCAMAN MALWARE

Masyarakat dunia termasuk Indonesia dibuat geger dengan ancaman Malware Ransomware jenis WannaCry. Program jahat ini mampu mengenkripsi data sehingga komputer terkunci dan tidak bisa digunakan. Agar kembali normal, perusahaan harus membayar sejumlah uang kepada pelaku penyebar program jahat tersebut. Penyebaran malware ini menyasar sumber daya penting di setiap negara. Di Indonesia sendiri, ada dua rumah sakit di Jakata yang terjangkit program jahat tersebut. Kompasianer, bagaimana pendapat Anda soal ancaman di dunia cyber ini? silahkan tulis opini Anda dengan mencantumkan label: Ancaman Malware pada artikel Anda. 

ICD 2017

Acara terbesar bagi pegiat komunitas di tanah air bertajuk Indonesia Community Day (ICD) 2017 telah sukses menyita perhatian masyarakat. Melalui acara ini, para peserta tidak hanya mendapatkan hiburan serta memperluas jaringan karena ada unsur edukasi, hiburan, dan pengalaman tersendiri dalam acara yang berlangsung di Plasa Pasar Ngasem, Yogyakarta tersebut. Sebagai sebuah wadah bertemunya berbagai komunitas dan masyarakat, acara ini pastilah memiliki cerita tersendiri bagi Anda. Kompasianer, silakan ceritakan momen keseruan Anda saat mengikuti ICD 2017 dengan mencantumkan label: ICD 2017 pada artikel Anda.

HARI WAISAK 2017

Hari Raya Waisak 2561 BE pada 2017 jatuh pada tanggal 11 Mei. Beberapa umat Buddha sudah melakukan upacara Dharmasanti di berbagai kota, diantaranya Jakarta. Tak hanya itu, perayaan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah juga ramai akan umat Buddha yang dengan sakral mengikuti rangkaian acaranya. Kompasianer, apa pengalaman atau kisah di sekitar Anda dalam merayakan kesucian Hari Raya Waisak 2017 ini? Tuliskan cerita Anda dengan menyertakan label Waisak 2017 pada artikel Anda.

VONIS AHOK

Basuki Tjahaja Purnama divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim karena terbukti telah melakukan penistaan agama. Putusan ini lebih berat dibanding tuntutan jaksa yakni 1 tahun kurungan. Ahok terbukti melakukan tindak pidana Pasal 156a KUHP yakni secara sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama. Tindak pidana ini dilakukan saat Ahok saat berpidato di depan masyarakat Kepulauan Seribu. Kala itu Ahok menyebutkan surat Al-Maidah dan mengaitkan dengan kata "dibohongi". Kompasianer, apa pendapat Anda tentang vonis yang diberikan pada Basuki Tjahaja Purnama ini? Sampaikan di Kompasiana dengan menyertakan label: VONIS AHOK pada artikel Anda

HTI DIBUBARKAN

Pemerintah telah memutuskan dengan resmi bahwa organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HIT) kini dibubarkan. Hal ini dinyatakan Menkopolhukam Wiranto yang menilai bahwa kegiatan HTI terindikasi kuat bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Setidaknya ada tiga alasan mengapa HTI dibubarkan. Salah satu poinnya mengatakan bahwa aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban serta membahayakan keutuhan NKRI. Kompasianer apa pendapat Anda tentang dibubarkannya HTI ini? Sampaikan di Kompasiana dengan menyertakan label: HTI DIBUBARKAN pada artikel Anda. 

BLUE WHALE CHALLENGE

Dunia maya dikejutkan kembali oleh fenomena Blue Whale Challenge. Permainan yang berawal dari Rusia ini ditargetkan orang sampai bunuh diri. Pemain harus melakukan tantangan selama 50 hari penuh yang bersifat menyiksa para pemainnya, sampai akhirnya bisa memicu rasa depresi hingga bunuh diri. Pemerintah Rusia sudah mulai memperingati orang tua untuk memperhatikan anak mereka tentang permainan yang dikhawatirkan bisa masuk ke Indonesia ini. Kompasianer, apa pendapat Anda mengenai Blue Whale challenge ini? Tulis opini Anda dengan menyertakan label Blue Whale pada artikel Anda.

HARDIKNAS 2017

Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional setiap tahunnya. Momen ini menjadi saat yang tepat untuk menggedor kesadaran kita akan pentingnya pendidikan bagi bangsa. Jika bicara soal pendidikan di Indonesia, tidak akan ada habisnya. Segala permasalahan akan muncul dalam pembahasan ini seperti masalah pemerataan, fasilitas, dan kemudian berujung pada kesejahteraan guru. Masalah pemerataan fasilitas terutama bagi daerah pedalaman selalu mendapat sorotan utama. Kendati demikian, ada banyak hal positif juga dari pendidikan di Indonesia seperti siswa yang berprestasi di kancah internasional, dan lain-lain. Kompasianer, Anda memiliki ulasan, opini ataupun reportase tentang kondisi pendidikan di sekitar Anda? Sampaikan di Kompasiana dengan menyertakan label: HARDIKNAS pada artikel Anda. 

HARI BURUH 2017

1 Mei 2017, seperti halnya Hari Buruh Internasional pada tahun-tahun sebelumnya, ribuan buruh melakukan unjuk rasa menuntut kenaikan upah dan segala kesejahteraan. Pada hari ini (1/5), ribuan buruh bergerak menyuarakan tuntutan mereka. Beberapa titik di DKI Jakarta pun menjadi sasaran, seperti Istana Merdeka hingga kantor Departemen Ketenagakerjaan (Depnaker). Kompasianer, punya ulasan, reportase, atau opini seputar Hari Buruh Internasional tahun ini? Tuliskan di Kompasiana dengan menyertakan label: Hari Buruh  

RESHUFFLE JILID III

Isu tentang akan dilakukannya reshuffle jilid ke 3 di era pemerintahan Jokowi - JK kini kembali mencuat. Bahkan beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo pun sedikit menyinggung tentang pergeseran menteri di kabinetnya. Belum ada nama-nama menteri yang diduga akan di-reshuffle oleh presiden, namun isu kuat yang mencuat adalah munculnya nama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dalam bursa menteri dalam reshuffle jilid 3 ini. Bongkar pasang menteri di era pemerintahan Jokowi - JK ini pada 2016 lalu pun telah dilakukan dan menggeser sebanyak setidaknya 13 nama menteri termasuk Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan. Kompasianer, melihat isu adanya reshuffle jilid 3 ini ayo sampaikan pendapat Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: RESHUFFLE JILID III pada artikel Anda. 

CERITA LIBUR PANJANG

Pada bulan April dan Mei 2017 ini terdapat banyak hari raya nasional yang juga dimanfaatkan untuk liburan panjang. Dilihat dari mobilitas kendaraan lintas wilayah yang mengalami peningkatan, periode libur panjang dalam beberapa pekan terakhir banyak dimanfaatkan untuk bepergian ke luar kota. Namun selain dimanfaatkan untuk tamasya ke luar kota, libur panjang ini tentu juga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya. Kompasianer, apa cerita Anda mengenai libur panjang kemarin? Ceritakan kegiatan atau pengalaman Anda dengan menyertakan label CERITA LIBUR PANJANG pada artikel Anda.

HARI BUMI 2017

22 April diperingati sebagai Hari Bumi secara global. Pada tanggal ini secara serentak masyarakat dunia merayakannya. Mereka melakukan berbagai upaya untuk kembali menghijaukan Bumi. Namun demikian jika berbicara soal Bumi, topik yang paling banyak diperbincangkan tentu mengenai kerusakan alam, pencemaran, dan segala hal tentang rusaknya yang kita tempati ini. Bumi kini tengah berada dalam kondisi memprihatinkan. Eksploitasi dan penebangan dilakukan di mana-mana. Meski ada upaya penghijauan kembali, namun perbandingannya sangat jauh dibandingkan perusakannya. Lalu di Hari Bumi ini Kompasianer, apa upaya Anda atau orang-orang di sekitar Anda untuk kembali melestarikan dan menjaga lingkungan? Atau apakah ada tindakan yang malah merusak lingkungan di sekitar Anda? Ayo tulis reportase Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: HARI BUMI pada artikel Anda. Mari bantu melestarikan Bumi kita meski hanya sebatas melalui tulisan.  

DAMAI PASKAH 2017

Bagi umat Kristiani, perayaan Paskah merupakan perayaan untuk menghadirkan dan mengenangkan kembali peristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus. Makna dari seluruh rangkaian perayaan Paskah adalah menghayati kerendahan hati, sikap mau berkorban, dan melayani yang lain tanpa embel-embel pamrih apa pun juga. Minggu Paskah merupakan Perayaan kenangan akan Kebangkitan Yesus dari Kubur-Nya sebagai tanda pengharapan akan hidup yang abadi meski didera derita dalam hidup. Kompasianer, bagaimana dengan perayaan paskah yang Anda rayakan Minggu ini? Sampaikan ulasan, opini dan reportase Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: PASKAH 2017 pada artikel Anda. 

PILKADA DKI

Hari pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI putaran dua akan dilaksanakan pada Rabu (19/4). Dua pasang bakal Cagub dan Cawagub Jakarta semakin gencar menyampaikan gagasannya kepada warga agar diberi mandat membawa Jakarta lebih baik lagi dalam lima tahun ke depan. Euforia Pilkada DKI Jakarta pun semakin memanas ketimbang putaran pertama. Kompasianer, bagaimana pendapat Anda soal Pilkada DKI Jakarta ini? Ayo kawal pelaksanaannya dengan menyertakan opini Anda dalam tag Pilkada DKI 2017 pada artikel Anda.