Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Editor di Wartapublik.co, Blogger di Bacirita.id

content creator - blogger - manchester united fans - community leader | bacirita.id - pigipigi.id - camucamu.id - tommybernadus.com - kelilingrptra.id - jakartakini.id

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Merasakan Pelayanan Murah dan Cepat RSU Kecamatan Tanjung Priok

16 Februari 2017   20:29 Diperbarui: 16 Februari 2017   20:44 350 3 2
Merasakan Pelayanan Murah dan Cepat RSU Kecamatan Tanjung Priok
IGD RSUK Tanjung Priok

Seusai pulang dari kumpul-kumpul ama teman-teman di Jakarta Selatan, saya tiba di kosan sudah agak tengah malam. Sekitar jam 23.00. Selesai bersih-bersih badan, saya seperti biasa nonton televisi.

Tapi tiba-tiba, jantung merasa berdebar-debar, napas sesak dan saya kayak mau blackout alias pingsan. Saya pikir, bisa-bisa serangan jantung. Sedikit panik, tapi saya tetap berusaha tenang.

Saya berpikir bagaimana kalau saya ke rumah sakit umum yang ada di dekat kosan saja. Tapi karena sudah tengah malam dan kemudian juga hujan cukup deras, saya mengurungkan niat. Berdoa saja.

Setelah beristirahat dan bangun, paginya sudah agak mendingan. Tapi siang, karena saya masih di kosan, gejala berdebar-debar dan sesak napas kembali terasa.

Setelah bersiap dan membereskan edit berita dari kosan, saya akhirnya memutuskan ke Rumah Sakit Umum Kecamatan (RSUK) atau RSUD Kelas D, Kecamatan Tanjung Priok. Tidak terlalu jauh dari kosan soalnya. Naik motor cuma 5 menit sudah sampai.

Setelah parkir motor, saya masuk ke bagian pendaftaran. Ditanya keluhan apa, saya jelaskan sedikit, dan dibilang ke dokter umum saja. Petugas yang melayani saya, juga bertanya, pakai BPJS atau tidak? Saya bilang tidak.

Petugas kemudian meminta identitas saya, untuk dicatatkan karena saya belum pernah berobat di RSUK Tanjung Priok. Setelah saya menyerahkan identitas, saya mengisi formulir. Petugas pun menyampaikan, biayanya Rp 35.000. Wah kaget saya. Murah amat ya di rumah sakit. Ruang tunggu RSUK Tanjung Priok ini sangat luas. Ada kursi untuk yang antri juga.

Ruang Tunggu Pelayanan RSUK Tanjung Priok
Ruang Tunggu Pelayanan RSUK Tanjung Priok
Saya pernah ke salah satu rumah sakit swasta di Sunter, tahun 2010, saya mendaftar saja sudah 100 ribu. Pas ini dikasih tahu hanya 35.000 saya anggap murah banget. Setelah membayar di kasir, saya diminta menunggu. Proses pendaftaran hanya butuh waktu tidak sampai 5 menit. Tidak antri siang tadi.
kartu Pasien dan Biaya Konsultasi Dokter
kartu Pasien dan Biaya Konsultasi Dokter
Setelah menunggu, saya dipanggil masuk ke ruang IGD. Seorang perawat memanggil saya. Setelah masuk, saya juga terkagum-kagum melihat ruang IGD yang wah, skala rumah sakit besar dan top di Jakarta. Ada tiga atau empat bed.

Saya kemudian rebahan di salah satu bed dan diperiksa tensi oleh perawat. Setelah diperiksa tensi dan ditanya keluhannya, dan saya jelaskan, saya diminta menunggu karena dokter jaga sedang mengurus pasien yang habis melahirkan.

Tidak lama saya menunggu. Mungkin sekitar 10 menit. Dokter kemudian sampai dan menanyakan keluhan, setelah itu, memeriksa saya. Saya yang awalnya kira bermasalah di jantung, ternyata bermasalah di maag atau lambung. Seperti dugaan saya juga. Maag saya memang sudah lama bermasalah.

Dokter langsung memberikan resep. Saya sempat meminta agar jangan diberikan obat yang mahal. Dokter cuma bilan, obat di sini murah semua. Setelah diberikan resep, saya diminta untuk menebus di kasir.

Saya yang bawa uang tidak banyak, sempat deg-degan juga. Mahal nggak ya? Setelah menyerahkan resep, dan dihitung, ternyata obat saya cuma Rp 27.750. Walah murah amat yak. Saya lihat nota resep, ada salah satu obat yang harganya 23.250. Obat yang lain cuma RP 3.000 dan 1.500.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
"Maak murah banget ya"

Gumam saya dalam hati. Petugas pun meminta saya ke kasir. Setelah membayar saya kembali ke tempat menebus obat. Dan obat pun diberikan sembari diberikan penjelasan oleh petugas. Menebus obat tidak butuh waktu lama. Hanya kurang dari 10 menit. Keren juga ya.

Saya pun selesai berobat ke Rumah Sakit Umum Kecamatan Tanjung Priok.Udah rumah sakitnya bersih, ditambah biaya yang murah dan obat yang terjangkau.

Kalau ke RS Swasta, tidak kurang dari 100 ribu saya harus bayar. Bisa lebih mungkin.

Tulisan ini juga ada di blog saya Merasakan Pelayanan RSUK Tanjung Priok