Tiwi Top
Tiwi Top

saya senang untuk berbagi tips seputar karir dan dunia kerja

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi highlight

"Fresh Graduate" Bingung Cari Kerja di Mana? Ini Jawabannya!

12 September 2017   18:04 Diperbarui: 13 September 2017   08:48 839 0 0
"Fresh Graduate" Bingung Cari Kerja di Mana? Ini Jawabannya!
dailymail.co.uk

Dulu waktu lulus kuliah saya bingung mau ngapain, mau kerja dimana, lamarnya kemana, cari info lowongannya dimana. tapi setelah ngejalain proses dan dapet kerjaan sampe pindah di beberapa perusahaan akhirnya sadar bahwa ada hal penting yang harus diketahui oleh para fresh graduate agar tidak seperti "kehilangan induknya" saat lulus kuliah.

Awalnya cari kerja itu susah, tapi kalau tahu celahnya, nggak akan nunggu waktu lama kamu sudah bisa dapat pekerjaan pertama kamu, Berikut hal-hal yang harus diketahui Fresh Graduate setelah lulus kuliah agar lebih mudah dalam mencari pekerjaan.

1. Pengalaman Vs Ijazah Sarjana lebih penting mana?

Perlu diketahui juga dalam mencari pekerjaan ada banyak faktor yang membuat kita bisa diterima kerja disebuah perusahaan atau tidak, jadi bukan berarti hanya modal ijazah bisa sukses diterima kerja, atau hanya berbekal pengalaman semata juga bisa diterima kerja dengan mudah. karena semua keberhasilan itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dikutip dari mooirooneo.wordpress.com Bahwa dalam mencari kerja harus menyesuaikan dengan kebutuhan perusahan, misal anda hanya punya ijazah tanpa punya pengalaman, maka PNS atau BUMN bisa jadi pilihan utama untuk melamar kerja, dan kemungkinan diterima tidak hanya harus lulus hasil tes tapi juga ditambah doa agar bisa diterima dengan lancar ^_^

Atau untuk kamu yang kuliah jurusan hukum, psikologi, dan beberapa jurusan yang memang pekerjaannya butuh latar belakang pendidikan kamu juga bisa dicoba untuk langsung melamar ditempat yang membutuhkan jurusan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu.

Berbeda dengan pekerjaan yang sebenarnya semua orang bisa melakukannya dari awal, seperti call center, admin, data entry, dan pekerjaan lainnya yang tidak harus sesuai dengan jurusan yang kamu cari, tapi disini yang punya pengalaman dan skill lebih akan lebih dipertimbangkan.

Jadi tahu kan lebih penting mana antara Pengalaman dan Ijazah , yup dua-duanya sama penting, yang benar adalah kita memilih tempat yang tepat untuk melamar kerja, sama jangan lupa berdoa yang pasti biar dapat pekerjaan yang terbarik pastinya ^_^

2. Kejar Pekerjaan Yang Sesuai Minat atau Impian

Sebelum masuk ke dalam sebuah industri dalam kerja, ada baiknya kamu mengejar terlebih dahulu pekerjaan yang sesuai dengan passion atau pekerjaan impian kamu. misal kamu mau traveling sambil kerja, kamu bisa cari kerja di industry travel & tour, bisa mulai dari jadi admin dan mencoba mendapatkan pengalaman sebagai tour guide, nanti kalau kamu berhasil jadi tour guide kamu bisa ikut jalan-jalan bersama customer, enak kan! ^_^

Karena misal kamu punya fashion di photography terus ngelamar jadi call center, maka pengalaman call center kamu yang nantinya akan lebih kuat sebagai pengalaman kerja kamu yang mengakibatkan kemungkinan besar kamu akan berada dalam industry call center. Tap ibukan berarti kamu akan terjebak di industry itu, kamu tetap bisa keluar asal kamu mau tetep menggeluti hobby fotography kamu dan sambil cari pekerjaan yang sesuai dengan bidan photography, karena hobby kamu dan keseriusan kamu akan jadi modal saat kamu dapat interview ditempat kerja dalam industry yang sesuai dengan passion kamu.

3. Gaji Nomor Sekian,Utamakan Pengalaman Kerja

Saat kamu ngelamar kerja pertama kali dan belum punya pengalaman alias hanya modal ijazah, kalau kerja bukan di perkerjaan yang terlalu membutuhkan latar belakang pendidikana kamu, ada baiknya jangan mengharapkan gaji yang tinggi, karena bukan uang yang paling kamu cari dalam bekerja pertama kali, alias pengalaman yang akan kamu dapatkan dan menambahkan nilai tambah diri kamu dikemudian hari saat mencari pekerjaan baru. Tapi bukan berarti gaji dikesampingkan lho, jangan sampai gaji kamu malah nggak cukup untuk kebutuhan kamu sehari-hari, kalau kamu gaji bikin nombok mending cari yang lain saja :D

Maksud dari kebutuhan sehari-hari bukan termasuk untuk beli hape bagus, nyicil motor baru atau pemenuhan gaya hidup lainnya lho ya, tapi lebih ke kebutuhan yang harus terpenuhi setiap harinya untuk operasional kamu, seperti uang bensin, makan, ngekos kalau kamu ngekos, biaya pulsa, internet, nabung, dan kebutuhan penting lainnya.

4. JANGAN Bilang Cari Pengalaman Saat Interview

Walau kamu memang sedang ingin mencari pengalaman saat pertama kali cari kerja, tapi jangan bilang ke HRD yang interview kamu kalau kamu mau cari pengalaman ya, karena kemungkinan besar nggak akan lanjut ke tanda tangan kontrak.heee.... saat interview lebih baik "menjual" diri kamu agar mereka tertarik untuk mempekerjakan kamu. biasanya kalau ditanya alasannya ya karena kamu ingin mencari kerja agar dapat uang untuk membahagiakan orang tua, atau kamu punya passion dibidang tersebut, atau juga bisa alasan sosial dari pekerjaan yang ingin kamu lamar, seperti menjadi call center, kamu beralasan untuk bisa membantu orang memecahkan masalah mereka dan membantu perusahaan untuk jauh lebih baik lagi dalam melayani cutomernya.

5. Cari Pekerjaan Lewat Portal Lowongan Kerja Terpercaya.

Dikutip dari Kumparan.com bahwa kamu bisa cari kerja lewat porta terpercaya yang sudah punya brand, karena list pekerjaan di portal lowongan tersebut sudah difilter dari perusahaan dan lebih bisa dipercaya, kalau kamu merasa ada perusahaan yang menipu kamu bisa langsung laporkan ke portal lowongan terkait agar mereka segera mem-banned perusahan tersebut agar tidak masuk dalam listing lowongan kerja di situs mereka.

Selain bisa dipercaya, melamar via portal lowongan lebih mudah dan efektif dalam melamar kerja, karena yang dibutuhkan adalah CV, surat lamaran, dan biodata lengkap kamu dalam bentuk soft copy, dan sistem melamarnya pun hanya tinggal klik dan klik jadi dalam sehari kamu bisa melamar pekerjaan di beberapa perusahaan dengan mudah dan GRATIS.


jangan lupa berdoa dan terus semangat saat cari kerja, Semoga bermanfaat ^_^