Tips Menghemat BBM Kendaraan yang Harus Anda Ketahui

17 Mei 2017 13:31:08 Diperbarui: 17 Mei 2017 17:12:49 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Jika anda ingin membeli mobil baru tentunya yang pertama yang harus anda pilih adalah apakah mobil yang akan anda beli merupakan jenis mobol hemat bbm. Ada sebagian distributor mobil membuat kendaraan dengan 2 pilihan, yaitu hemat bbm atau boros bbm. Hal ini harus anda pertimbangkan.

Menghemat bensin sama saja dengan menghemat uang anda, dan dapat digunakan untuk yang lainnya. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips atau langkah-langkah sederhana cara menghemat bbm untuk kendaraan anda. Berikut beberapa sederhana yang bisa anda terapkan :

1. Buat Lebih Sedikit Schedule

Mencoba untuk tidak terlalu sering keluar menggunakan kendaraan anda. Jika tidak terlalu penting solusinya anda bisa pergi dengan menggunakan bus umum, hal ini bisa menghemat bbm anda. Jika mobil anda terparkir beberapa jam dalam,butuh waktu beberapa menit untuk pemanasan mesin. Cobalah untuk sekali jalan jika anda ingin ke supermarket,jalan-jalan atau kegiatannya lain dalam waktu bersamaan. Sehingga, bbm dapat di kontrol lebih hemat.

2. Jangan Mengemudi di Jam Sibuk

Macet merupakan hal sangat menyebalkan. Selain itu juga, macet bisa menyebabkan bbm mudah habis karena mesin selalu hidup hidup dalam perjalanan walaupun dalam jalan dalam keadaan macet. Cobalah untuk mengecek jam tidak sibuk, sehingga anda terhindar dari kemacetan. Berkendara dengan kecepatan yang lambat dan mengurangi rem,itu juga dapat menghemat bbm.

3. Tutup Jendela

Bagian inilah yang sering tidak pernah diketahui oleh beberapa orang. Menutup jendela saat anda sedang berada di tol dengan kecepatan tinggi, ini sangat mempengaruhi kendaraan anda. Jika jendela anda di tutup dalam kecepatan tinggi, saat berkendara anda akan terasa ringan karena angin tidak masuk ke dalam mobil. Udara dapat berpengaruh dalam laju kendaraan anda.

4. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Sediakan barang bawaan seperlunya saja, karena beban barang terlalu banyak di dalam mobil sangat berpengaruh dalam laju kendaraan anda, sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga bahan bakar.

5.Jangan Mendorong Pedal Gas Terlalu Jauh

Jangan terlalu sering mendorong pedal gas terlalu jauh, karena tanpa anda sadari anda menggunakan bahan bakar yang lebih banyak. 

Demikianlah tips sederhana bagaimana cara menghemat bbm kendaraan anda sehingga anda dengan mudah dapat menerapkannya. Semoag tips sederhana ini bermanfaat untuk anda semua. Sangat mudah dan simple bukan..!

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL otomotif

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana