TENTANG KOMPASIANA

PROFILE

Kompasiana adalah platform blog dengan kemasan konten teks, foto dan video yang sepenuhnya dibuat dan ditayangkan oleh pengguna (user generated content). Setiap warga yang berkontribusi di Kompasiana sudah terdaftar sebagai anggota dikenal dengan sebutan Kompasianer.

Di awal pendiriannya pada Oktober 2008, Kompasiana merupakan blog jurnalis dan karyawan di lingkungan Kompas Gramedia. Nama Kompasiana diusulkan oleh Budiarto Shambazy dan diinisiasi oleh Pepih Nugraha. Keduanya adalah wartawan senior harian KOMPAS. Nama ini pernah digunakan sebagai kolom khusus pendiri harian KOMPAS PK Ojong yang berisi tulisan mengenai situasi mutakhir pada masanya. Kumpulan rubrik Kompasiana di harian KOMPAS kini sudah dibukukan.

Kompasiana bertransformasi menjadi platform blog dan dikelola di bawah unit usaha Group of Digital Kompas Gramedia sejak akhir 2008. Hingga kini, tercatat 327.000 anggota (Kompasianer) yang dimiliki Kompasiana dengan jumlah kontribusi konten sekitar 400-500 artikel di tiap harinya. Tingkat kunjungan pembaca mencapai lebih dari 730.000 pengunjung per hari.

Mulai tahun 2017, Kompasiana mengusung slogan "BEYOND BLOGGING" yang menggambarkan segala dinamika dan penegasan terhadap produk Kompasiana. Slogan tersebut diharapkan mempermudah khalayak dalam mengenali posisi produk digital ini sebagai saluran berita dan opini bagi seluruh warga dari semua kalangan, atau sebagai Citizen News and Opinion Channel.

Dalam perkembangannya, tampilan Kompasiana mengalami beberapa kali perubahan antarmuka yang bersih, mudah diakses serta menghadirkan fitur interaktif dengan menyesuaikan kebutuhan Kompasianer.

Kompasiana tidak hanya menjadi platform untuk nge-blog, namun juga sebagai medium interaksi antar-Kompasianer dengan adanya kegiatan online dan offline seperti kompetisi blog, Nangkring, Visit, Coverage, dan lainnya.

Sampai dengan Desember 2016, Kompasiana telah menayangkan lebih dari 1.417.602 konten dengan total kunjungan pembaca di tiap bulannya sebesar 255.548 pengunjung.