Hoax Itu Bukan Berita

02 Juli 2012 15:51:48 Dibaca :
Hoax Itu Bukan Berita

Ini tentang suatu situs, situs top buat jurnalisme warga.  Sukses dan ngetop gara-gara tulisan-tulisan yang dicetuskan warganya.  Bukan hanya itu saja, situs itu juga situs social networking buat interaksi dan kebersamaan warga. Situs yang kemudian menjadi tambah popular, menjadi bagian hidup sehari-hari bangsanya.

Lalu tempo hari ada berita yang menghebohkan.  Ada warga yang menuliskan sesuatu yang kemudian menjadi berita nasional. Tidak kurang petinggi negara ikut memberikan perhatian. Petugas pun dikerahkan untuk turun ke lokasi dan menelusuri. Tidak ada bukti apa yang ditulis itu pernah terjadi. Namun si warga ngotot bahwa yang ditulis memang apa adanya. Dialami sendiri, dilihat sendiri, dan dibagi dengan tulisan sendiri. Tak kurang Admin juga membela. Sementara itu bukti di lapangan tetap tidak ada.

Apa yang tidak ada memang tidak akan ada buktnya. Si warga yang mengaku melihat sendiri ternyata hanya copas dari postingan di lapak sebelah. Cerita yang kemudian dijadikan berita. Gambar yang tidak bersalah akhirnya jadi menfitnah. Akun dibredel. Hak menulis diambil kembali. Admin membuat postingan meminta maaf kepada warga dan semua pihak yang terkait, tindakan yang tidak ethis tidak akan pernah ditolerir.

Admin juga membeberkan rahasia dapur. Selain 90% tulisan dari warga, ada 10% lainnya ditulis staff mereka sendiri. Termasuk si warga yang dipecat tadi. Oh.... ternyata....

Ini tentang suatu situs dari negara tetangga. Kemiripan jangan dicari... karena memang tidak ada....

-Teena-

Teena .

/teena

Jadi kompasianer supaya bisa menulis INI dan ITU
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?