[caption id="attachment_185880" align="aligncenter" width="485" caption="Model Pengolahan Sampah (Dok. Mr. Thomas Ulrich)"] [/caption] Setelah menempuh perjalanan darat selama 6 jam lebih akhirnya kami berdua sampai di kota Malang pukul 03.00 Wib. Hiruk pikuk kota Malang belum begitu terlihat dikala pagi itu, bahkan tempat yang menjadi tujuan kami masih tutup pagar. Bahkan acara masih dilaksanakan pukul 08.30 Wib. Kami masih beruntung, karena ada teman yang sedang diklat di PPPPTK/VEDC BOE Malang, lalu dipagi buta itu kami menghubunginya, dan Alhamdulillah akhirnya kita dapat beristirahat dan mandi sejenak di kamar temen. Mungkin ini salah satu manfaat banyak teman (tapi bukan memanfaatkan teman yang penting, hehehhehehe …. ). [caption id="attachment_185884" align="aligncenter" width="300" caption="Penulis di antara peserta seminar (Dok. Sutarno)"]
- Energi terbarukan diciptakan dengan memanfaatkan fenomena alam seperti matahari, angin, air, tanaman, dan panas bumi.
- Energi terbarukan berasal dari proses alam yang terisi terus-menerus. Energi ini berasal dari matahari, atau dari panas yang dihasilkan dari dalam bumi. Dalam hal ini listrik dan panas yang dihasilkan dari matahari, angin, laut, tenaga air, biomassa, sumber daya panas bumi, dan biofuel dan hidrogen berasal dari sumber daya terbarukan.
“Sustainable development adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri”, lanjut Mr Thomas. Dimensinya Sustainable development adalah Manusia sebagai SDM, Alam sebagai SDA, Keuntungan hal utama dalam bidang usaha. [caption id="attachment_185887" align="aligncenter" width="300" caption="Peserta seminar Harvesting dan Renewable Future energy (Dok. Sutarno)"]
- Mengintegrasikan topik kelestarian alam di dalam semua mata pelajaran
- Mengembangkan kode etik dalam tingkah laku yang bertanggung jawab dan penggunaan energi secara efisien pada guru dan siswa
- Memprioritaskan penggunaan energi secara efisien dan bertanggung jawab dalam proses mengajar, dalam teori dan praktik
- Menjamin ketersediaan bahan pelatihan praktis
- Mengembangkan perencanaan untuk mengurangi konsumsi energi dan menggunakan solusi energi terbarukan di semua sekolah (biogas untuk memasak, energi matahari untuk pencahayaan, pendingin alami, ventilasi, dll)
Dengan gambaran dan pemaparan tersebut, sekiranya .... apakah yang dapat kita perbuat untuk menyambung umur bumi yang kita pijak ini ?
*****
Salam | Sutarno