SYARAT DAN KETENTUAN

SANGGAHAN DAN PELAPORAN KONTEN
  1. Kompasianer bertanggung jawab secara pribadi dan penuh serta setuju untuk membebaskan dan tidak membebani Kompasiana maupun Kompas Cyber Media atas segala terjadinya tindakan penyalahgunaan atas konten yang ditulisnya dan ditayangkan di Kompasiana dan bersedia untuk membebaskan Kompasiana termasuk Pengelola dan Kompas Cyber Media dari segala bentuk permasalahan hukum yang timbul sebagai akibat dari pemuatan konten di Kompasiana.
  2. Kompasianer setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Kompasiana beserta Pengelola dan Kompas Cyber Media selaku pihak yang menaunginya atas segala keluhan, protes, klaim, gugatan hak cipta, atau permasalahan hukum yang timbul atas konten yang ditulis dan ditayangkan di Kompasiana.
  3. Kompasiana dan Kompas Cyber Media tidak dikenai tanggung jawab untuk memastikan kebenaran, ketepatan, serta kesahihan informasi pada setiap Konten yang diunggah oleh Kompasianer.
  4. Kompasiana tidak dapat dituntut dan dimintai tanggung jawab hukum atas setiap kekeliruan, kesalahan, atau ketidaktepatan pernyataan dan informasi di dalam konten yang ditulis dan ditayangkan Kompasianer.
  5. Kompasiana maupun Kompas Cyber Media tidak bertanggung jawab atas akibat langsung atau tidak langsung dari penayangan segala bentuk Konten oleh Kompasianer di Kompasiana.
  6. Kompasianer bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas setiap isi komentar, peringkat, dan konten yang dibagikan ke berbagai situs media sosial dan setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Kompasiana beserta Pengelola dan Kompas Cyber Media atas segala terjadinya tindakan penyalahgunaan dan segala bentuk permasalahan hukum yang timbul sebagai akibat pemuatan komentar, peringkat, dan berbagi konten ke berbagai situs media sosial.
  7. Gugatan terkait penggunaan Foto/tulisan/video yang tidak sesuai dengan Ketentuan Layanan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Kompasianer yang mengunggahnya. Kompasiana dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan atas penggunaan Foto/tulisan/video tersebut.
  8. Dalam rangka menjaga Konten dari pelanggaran Syarat dan Ketentuan Kompasiana maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku, Kompasiana menyediakan fitur Pelaporan Konten dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pengelola tidak melakukan pengawasan terhadap Konten sepanjang waktu. Kompasianer dan Pembaca dapat ikut serta mengawasi dan memonitor Konten di Kompasiana dengan menggunakan fitur pelaporan konten (baik tulisan, gambar maupun komentar).
    2. Kompasianer dan Pembaca juga bisa melaporkan Akun Kompasiana yang dianggap mengganggu kenyamanan dan/atau melanggar Ketentuan Layanan dengan menggunakan fitur 'Laporkan Kompasianer' yang tersedia di setiap Halaman Profil Kompasianer (kompasiana.com/namaakunkompasiana).
    3. Fitur Laporan di Kompasiana hanya boleh digunakan oleh Kompasianer dan Pembaca untuk berpartisipasi melakukan pengawasan dan pengontrolan, bukan untuk tujuan lain. Pengelola akan memberikan teguran terhadap penyalahgunaan fitur dimaksud.
    4. Kompasiana akan mempelajari setiap laporan yang masuk selama maksimal 2 x 24 jam, dan berhak mengambil tindakan serta menerapkan sanksi yang diperlukan berupa namun tidak terbatas pada:
      • Peringatan Tertulis;
      • Penghapusan Konten; dan/atau
      • Pemblokiran Akun Kompasiana.