HIGHLIGHT

Bagaimana Membuat Agenda Libur Anak?

12 Desember 2011 20:05:21 Dibaca :

Bagi sebagian besar orang tua, menghadapi waktu libur sekolah anak-anak harus ada agenda dan anggaran tersendiri. Yang paling banyak direncanakan adalah pergi berlibur, jalan-jalan ketempat-tempat wisata atau berkunjung kerumah nenek di kampung. Sungguh rencana agenda tersebut sangat menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Menjadi saat-saat menyenangkan bagi mereka untuk melepas penat setelah selama berbulan-bulan hari-hari mereka dijejali dengan padatnya kegiatan belajar disekolah, kursus, les dan lain-lain.

Namun bagi sebagian besar lainnya, ada banyak kendala untuk membuat agenda sesuai dengan jadwal libur anak. Jadwal liburan anak-anak tidaklah selalu sama dengan jadwal libur kantor atau pekerjaan orang tua. Belum lagi bila telah masuk dalam masalah anggaran,  bisa-bisa bikin pusing kepala. Karena itu tak jarang anak-anak harus 'rela' mengisi liburan mereka hanya dirumah. Mereka akan tetap tinggal dirumah sementara orang tua bekerja. Sungguh keadaan demikian akan menjadi sangat membosankan bagi anak-anak, mereka yang telah terpola mempunyai rutinitas kegiatan di luar rumah yang padat dengan kegiatan sekolah, kursus, les dan sejenisnya, tiba-tiba harus tinggal dirumah sendiri atau hanya bersama saudara-saudara tanpa kehadiran orang tua. Liburan yang seharusnya menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan bagi anak-anak bukan mustahil akan menjadi sangat membosankan. Tentunya akan berakinbat buruk bagi perkembangan anak, dan kita selaku orang tua tidak berharap demikian.

Bagaimana menyiasatinya?

Syafran Afriansyah

/syafran

Seorang ayah dengan tiga anak, seorang isteri, tinggal di Kota Palembang. Berikhtiar agar hidup dapat berguna bagi sesama.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?