PILIHAN

Tips Ngabuburit di La Piazza

17 Juni 2017 06:03:04 Diperbarui: 17 Juni 2017 06:09:23 Dibaca : 58 Komentar : 0 Nilai : 2 Durasi Baca :
Tips Ngabuburit di La Piazza
Panggung Utama (dokpri)

Ngabuburit adalah sebuah kata dari bahasa Sunda, yang artinya beraktifitas yang positif sambil menunggu waktu berbuka Puasa. Selain diisi oleh kegiatan yang bersifat keagamaan seperti membaca kitab suci Al Qur'an, ngabuburit bisa saja dengan melakukan aktifitas yang bersifat sosial, seperti telah dilakukan beberapa rekan blogger dengan mengunjungi Panti Asuhan, pendidikan, seperti beberapa kegiatan seminar singkat maupun menjalin pertemanan dengan mengadakan reuni bersama, yang tentunya diakhiri dengan berbuka Puasa bersama.

Bagi mereka yang ingin menjalin pertemanan atau kekeluargaan, dengan berkumpul sambil bersilaturahmi menjelang waktu berbuka Puasa, coba berkunjung ke La Piazza, Kelapa Gading. Kegiatan ini telah diselenggarakan beberapa tahun sebelumnya dan selalu sukses, maka pada tahun 2017, Summarecon Kelapa Gading kembali mengadakan Festival Kuliner Ngabuburit (FKN) di La Piazza Summarecon Kelapa Gading pada tanggal 25 Mei - 18 Juni 2017. Event kuliner tahun ini mengambil tema dekorasi ala Kampung Sunda, agar lebih mendekati asal kata Ngabuburit.


Festival Kuliner Ngabuburit 2017

Di ajang ini hadir total 52 tenant yang terdiri atas 42 tenant booth dan 10 tenant gerobak makanan. Sajiannya bisa menjadi pilihan yang beragam untuk berbuka puasa. Beragam menu kuliner disajikan untuk menjadi pilihan Anda saat berbuka Puasa. Dekorasi bernuansa Sunda dipenuhi dengan ketupat plastik yang digantungkan disana-sini.

Pajangan Ketupat (Dok pri)
Pajangan Ketupat (Dok pri)

Yang jelas disini banyak kuliner Sunda seperti Bakso Beranak Plekenut Dewaruci Cirebon, Seblak Jeletet Murni, Mie Kocok Marika Bandung, Nasi Tutug Oncom, Taoge Goreng Bogor, Empal Gentong dan Es Cendol Bandung Elizabeth.

Bagi yang kurang menyukai kuliner Sunda, jangan kawatir, karena masih tersedia banyak menu pilihan lainnya seperti Asinan Sari, Cwie Mie Malang "Regia", Indomie Abang Adek Pedas Mampus, Kopi Es Tak Kie, Sate Ayam Madura Bintang 5, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih dan masih banyak lagi.

Indomie Abang Adek Pedas Mampus adalah salah satu booth yang paling unggul dalam omzet penjualan, sedangkan Kopi Es Tak Kie adalah es kopi legendaris yang meski letak gerainya di tempat tersembunyi di kawasan Glodok, namun banyak yang sering kehabisan tiap ke sana, bila datang terlalu siang. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih juga salah satu kuliner legendaris di kawasan Sabang, yang selalu diminati di setiap event kuliner yang diselenggarkan oleh Summarecon Kelapa Gading. Sedangkan Cwie Mie Malang "Regia" adalah juara umum kompetisi Mie yang pernah diadakan oleh Summarecon Kelapa Gading.

Sambil menunggu bedug maghrib di FKN 2017, selain Anda dapat berbincang dengan teman atau keluarga, Anda juga disuguhi beragam atraksi, seperti Punakawan Show, Tarian Sunda Kontemporer, Acoustic Performance by Indie Kota Tua Jakarta, Rampak Bedug, dan Live Cooking with Sore Bara Harsya on Makarena Bukber Delta FM.

Deretan bedug (Dokpri)
Deretan bedug (Dokpri)

Tips Ngabuburit

Agar puasa jangan sampai batal, sebaiknya diisi dengan kegiatan yang positif sambil menunggu saat berbuka puasa. Ngabuburit yang asyik tentunya bila Anda dapat berkumpul dengan keluarga atau teman dekat atau komunitas.

Misalnya komunitas penyuka makan dan tulis menulis Kompasianers Penggila Kuliner (KPK) kali ini juga melakukan kegiatan ngabuburit dan buka puasa bersama di Festival Kuliner Ngabuburit La Piazza.


Tips Buka Puasa

Berbuka puasalah dengan sesuatu yang manis atau segar, karena setelah sehari berpuasa, Anda harus meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Di arena FKN 2017, Anda dapat menemukan takjil berupa Kolak Campur (kolak pisang/ubi, bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, biji salak) dan sebotol Teh Botol hanya seharga 24 ribu Rupiah. Atau Es Buah Segar Blewah dan Jeruk Peras yang dibanderol  22 ribu Rupiah atau Es Kelapa Muda Butir seharga 20 ribu Rupiah.

Kolak Campur (Dokpri)
Kolak Campur (Dokpri)

Setelah menyantap takjil, Anda dapat melakukan sholat atau langsung menyantap santapan utama. Saya memilih Cwie Mie Malang "Regia" dengan pangsit seharga 33 ribu Rupiah. Teman-teman saya ada yang memilih Sate Ayam Madura Bintang 5, Sate Maranggi, Gule Balungan, Nasi Goreng Kebun Sirih dan lain-lain.

Cwie Mie Malang
Cwie Mie Malang

Sate Ayam Madura Bintang 5 (dokpri)
Sate Ayam Madura Bintang 5 (dokpri)

Rasa Cwie Mie Malang tetap mantap, mienya yang sedap, taburan ayamnya yang tidak pelit,  acarnya yang asam manis serta pangsitnya yang gurih, senantiasa mengajak lidah bergoyang.

Bila Anda masih kuat menyantap dessert, dapat membeli pancake Indonesia alias martabak Markobar.

Semua makanan yang tersaji dijamin 100% halal, saya sudah berkeliling seluruh area FKN2017 dan tidak menjumpai makanan non halal.


Tips Makan Sahur Gratis

Bila Anda memiliki dan membawa KTP dan kartu kredit, mampirlah ke booth Standard Chartered Bank, salah satu sponsor pada FKN2017. Di booth tersebut Anda dapat mendaftar kartu kredit Stanchart dan akan diganjar voucher senilai 50 ribu Rupiah yang dapat dimanfaatkan untuk top-up kartu pembayaran Anda.

Dengan tambahan dana 50 ribu Rupiah, Anda dapat memilih dan membeli makanan untuk dibawa pulang, yang dapat digunakan untuk makan sahur.


Tips Mendapat Voucher Belanja

Selama Festival Kuliner Ngabuburit 2017 juga dilangsungkan lomba foto dengan cara mengunggah foto-foto yang diambil pada event ini ke media sosial Instagram @MKGLaPiazza. Bila foto jepretan Anda dinilai baik oleh Dewan Juri, maka Anda dapat membeli keperluan lebaran dengan voucher belanja.


Jam Buka

Ajang Festival Kuliner Ngabuburit 2017 buka setiap hari, pada Senin - Kamis jam 16.00 - 22.00 WIB, Jumat - Sabtu jam 15.00 - 23.00 WIB, dan Minggu & Hari Libur jam 15.00 - 22.00 WIB.


Yuk tunggu apa lagi, segera meluncur ke La Piazza, Kelapa Gading. Selamat ngabuburit dan berbuka puasa bersama.

Logo KPK
Logo KPK

Sutiono Gunadi

/sutiono

TERVERIFIKASI

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana