Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Bagaimana Menjadi Blogpreneur yang Sukses?

16 Januari 2017   09:04 Diperbarui: 16 Januari 2017   18:27 827
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ani Berta menerima cindera mata (Sumber: Ngesti)

Selama ini Anda mungkin sudah sering mendengar istilah entrepreneur (wirausaha). Beberapa tahun silam, ada istilah yang cukup cepat populer, yakni Blogpreneur.

Apa itu Blogpreneur? Blogpreneur adalah memiliki usaha sendiri dengan berbasis blog. Kebetulan pada Sabtu 14 Januari 2017 bertempat di Oje Resto & Bakery - Tangerang Selatan, saya dan teman-teman Ketapels (Kompasianer Tangerang Selatan Plus) mendapatkan sharing dari salah satu Blogpreneur sukses di Indonesia, yakni Ani Berta, yang juga warga Tangerang Selatan.

Ani mengawali sharing-nya dengan menanyakan, apakah peserta sudah memiliki blog, baik blog pribadi maupun menumpang pada blog keroyokan seperti Kompasiana, Blogdetik, Blogviva dan lain-lain. Beternak blog dapat menghasilkan uang dan sekaligus memperluas networking. Banyak sekali profesi yang dapat dikembangkan dari hobby nge-blog. Ani memberi contoh dirinya sendiri, yang pernah mendapatkan kontrak dari institusi nasional bahkan internasional.

Bagaimana mulai menjadi Blogpreneur?

Ani menyarankan, pada awalnya Anda bisa tetap kerja kantoran, seperti dulu Ani juga pernah bekerja di bidang akuntansi, sebelum sepenuhnya berkiprah sebagai Blogpreneur.

Modal utama untuk menjadi seorang Blogpreneur adalah kemampuan menulis, mengoperasikan internet, dan memiliki blog. Agar blog Anda dikenali oleh para pemberi kerja atau proyek, Anda harus memiliki nama blog yang spesifik dilengkapi dengan akun sosial media yang memiliki nama yang sama. Nama akun sosial media hendaknya sama, misal email mukidi@gmail.com, twitter @mukidi, Facebook mukidi dan Instagram @mukidi. Jangan membuat nama yang aneh-aneh, nama yang dipakai sebaiknya menggunakan nama asli.

Inventaris yang minimal harus dimiliki oleh seorang Blogpreneur adalah notebook, jaringan internet, kamera, smartphone, tripod, tongsis, voice recorder, aplikasi editing foto dan video.

Ani Berta (Dok Pri)
Ani Berta (Dok Pri)
Setelah semua basis Blogpreneur terpenuhi, Anda harus mulai membangun fondasi. Tetapkan niche blog yang unik, beberapa kategori blog yang sering dicari adalah reportase, fiksi, fashion, beauty, kuliner, otomotif, tekno, travel, dan kesehatan.

Bangunlah konten blog Anda secara rutin. Jangan malu menyebarkan hasil  karya tulis Anda di seluruh akun sosial media yang Anda miliki.

Berani tampil adalah modal utama menuju sukses, jangan menggunakan nama anonim, pakailah foto avatar yang menarik, lampirkan profil diri dengan singkat tapi mengena dan tentunya lengkapi dengan mencantumkan email Anda.

Langkah berikutnya adalah membangun interaksi. Anda dapat melakukan Blogwalking, membaca blog orang lain dan memberikan komentar. Sebaliknya bila tulisan Anda dikomentari, luangkan waktu untuk membalas komentar. Anda juga dapat berinteraksi melalui twitter, facebook, dan g+. Anda juga perlu memanfaatkan event offline untuk memperluas jaringan (networking) pertemanan dengan sesama blogger.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun