Dr. Sunnarleo
Dr. Sunnarleo Dokter

Dokter umum. kunjungi www. go-dok.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan highlight

Manfaat Dikhitan Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

19 Mei 2017   16:32 Diperbarui: 19 Mei 2017   16:51 285 1 1
Manfaat Dikhitan Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
source:ooyala.com

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, prosedur khitan -atau operasi pengangkatan kulit penutup bagian depan penis (kulup)- pada anak laki-laki sudah dianggap sebagai hal yang lumrah dilakukan. Lalu, usia berapakah idealnya khitan dilakukan? Sebenarnya, bayi berusia kurang dari 1 tahun sudah dapat disunat. Namun, di Indonesia praktik ini umumnya dilakukan pada anak dengan rentang usia 5 – 7 tahun. Prosesnya pun tidak lama, hanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk pemotongan kulup, dan satu minggu untuk proses penyembuhan luka.

Meskipun sudah banyak ahli yang menyatakan tentang pentingnya khitan bagi kesehatan organ reproduksi laki-laki, namun tetap saja terdapat beberapa pihak yang menganggap bahwa praktik khitan tidak diperlukan; karena selain menyakitkan, sunat juga dipandang tidak memberikan efek apa-apa bagi kesehatan penis. Benarkah seperti itu? Salah! Berikut beberapa manfaat khitan bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Menjaga kebersihan

Manfaat khitan yang pertama adalah untuk menjaga kebersihan organ reproduksi pria. Lho, kok bisa? Hal ini dikarenakan pada penis terdapat smegma, yaitu zat berwarna putih dan kental yang berada di bawah kulit ujung penis. Nah, jika kulup Anda tidak diangkat, smegma yang pada dasarnya merupakan tumpukan sel-sel kulit mati akan membuat penis kotor dan berbau. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

2. Mencegah Infeksi

Seperti yang telah kita ketahui, organ intim yang tidak bersih dapat memicu timbulnya infeksi karena menjadi sarang berkembang biaknya bakteri. Nah, dengan melakukan proses khitan, Anda secara tidak sadar telah meminimalisir risiko infeksi, khususnya infeksi saluran kemih. Mengejutkan!

3. Mencegah kanker

Jarang yang mengetahui bahwa penis yang tidak disunat rentan terkena peradangan, khususnya pada bagian kulit dan kulupnya. Tahukah Anda, bahwa peradangan yang disebut fimosis ini ternyata dapat menyebabkan kanker? Jadi, jangan ragu untuk dikhitan, ya!

4. Mencegah penyakit menular

Terakhir, manfaat khitan yang harus Anda ketahui adalah untuk mencegah penyakit menular, seperti herpes, sifilis, atau PMS (Penyakit Menular Seksual) lainnya. Selain itu, dengan disunat, Anda kaum pria juga telah mengurangi risiko terjadinya penularan Human Papilloma Virus (HPV) yang meyebabkan kanker serviks pada wanita.

Memang, jika ditilik lebih lanjut, khitan merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, terdapat beberapa kondisi kesehatan yang membuat seorang pria harus menjalani prosedur ini. Penasaran? Ini dia poin lengkapnya:

– Infeksi saluran kemih

Salah satu penyebab infeksi saluran kemih adalah menumpuknya kotoran di sekitar kulup penis. Nah, dengan melakukan sunat, frekuensi munculnya infeksi ini dapat berkurang karena kulup telah dibuang. Hasilnya, kesehatan ginjal pun akan terlindungi.

– Paramifosis

Paramifosis merupakan kondisi di mana ujung kepala penis mengalami pembengkakan sehingga penis tidak bisa kembali ke bentuk semula. Nah, untuk mengobatinya, penderita diharuskan melakukan khitan.

– Balanitis

Balanitis merupakan penyakit di mana kulup penis mengalami peradangan yang disertai dengan munculnya rasa nyeri saat buang air kecil. Dan, khitan merupakan alternatif pengobatan yang paling ideal dilakukan.

Semoga bermanfaat!

 Ingin tahu tulisan saya lainnya? Kunjungi www.go-dok.com