Efektivitas Pembelajaran

11 Januari 2012 19:19:42 Dibaca :

Efektivitas berasal dari kata efektif, yang berarti dapat membawa hasil, berhasil guna, ada efeknya, pengaruhnya, akibatnya, atau kesannya (Depdiknas 2002).


Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengalaman belajar 10% diambil dari apa yang kita dengar, 20% dari yang kita baca, 30% dari yang kita lihat, 50% dari yang kita lihat dan dengar, 70% dari yang kita katakan, dan 90% dari yang kita katakan dan lakukan. Suasana pembelajaran yang efektif menurut PP 19 tahun 2005 SNP menyebutkan bahwa suasana belajar di kelas itu harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, inovatif dan menemukan sendiri, jadi pembelajaran yang efektif mempunyai karakteristik dimana siswa melihat, mendengarkan, mendemonstrasikan, bekerja sama, menemukan, dan membangun konsep sendiri (Ratih 2008).


Efektivitas pembelajaran banyak bergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan oleh siswa itu sendiri, baik yang dilakukan secara mandiri maupun kelompok. Dalam hal ini, Mulyasa (2003) menekankan pentingnya upaya pengembangan aktivitas, kreativitas, dan motivasi siswa di dalam proses pembelajaran.


Gibbs dalam Mulyasa (2003) menyatakan hal-hal yang perlu dilakukan agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajarnya, yaitu:


a. dikembangkannya rasa percaya diri para siswa dan mengurangi rasa takut,


b. memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk berkomunikasi ilmiah secara bebas terarah,


c. melibatkan siswa dalam menentukan tujuan belajar dan evaluasinya,


d. memberikan pengawasan yang tidak terlalu ketat dan tidak otoriter;


e. melibatkan mereka secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran secara keseluruhan.

Sukasmo Kasmo

/sukasmo

Seorang anak desa yang terdampar di pesisir utara , adoh ratu cedak banyu
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?