HIGHLIGHT

Buku Pelajaran?

29 Maret 2013 09:37:16 Dibaca :

Buku pelajaran  yang tersegmentasi dan lepas dari konteks saat ini,  hanya  berisikan bagaimana pengetahuan beroperasi,   lebih merupakan replikasi sejarah. Tidak ada yang baru, seperti kita dulu  dan sekarang belajar hal yang sama, misalnya belajar: hukum gravitasi bumi, begitu adanya seperti dulu. Maklum sains mempunyai tingkat reliabilitas yang mantap. Begitu pun ilmu pengetahuan sosial, latah, mempertahankan “kebenaran” masa lalu atas dasar penyederhanaan kompleksitas dunianya saat ini yang telah berubah. Jadi tidak menjadi aneh, ketika seorang pelajar membaca buku pelajaran saat ini tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dipelajari oleh generasi sebelumnya. Kita lihat saja nanti  apakah buku  dalam kurikulum 2013 merupakan replikasi teks buku-buku sebelumnya?

Semua akan terpulang pada sosok guru memperlakukan buku. Sejatinya seorang guru adalah orang yang pandai membaca dan mengisi “ruang kosong” suatu teks (buku) serta memahami interrelasinya dengan dunia dimana anak-anak kita belajar. Memandang siswa sebagai pembelajar, juga meyakini dirinya sebagai pembelajar pula. Guru dan siswa bersama belajar dalam ruang yang disebut “praksis”.  Seorang guru pasti “lebih” daripada siswanya. Tetapi bukan berarti kelebihan itu untuk diberlakukan secara sepihak kepada siswa melalui kata-kata yang dikutip dari buku. Hasilnya, siswa hanya belajar “membeo; duduk, diam, dengar dan hapalkan; baca, isi soal, dan lulus”. Tentunya, mitos tersebut kontradiksi dengan belajar itu “kritis, kreatif, dan inovatif,   mandiri, percaya diri, toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.

Buku, yang akan dicetak itu, yang akan menghabiskan satu trilyun lebih, bukanlah teks berisikan kalimat-kalimat “suci” yang harus diimposisikan kepada siswa [mudah-mudah juga bukan replikasi dari buku lama]. Mudah-mudahan.

Asep Sudrasyah

/sudarsyahasep

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Membaca teks dan konteks
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?