Pengajian Ramadhan (1)

11 Juli 2013 07:41:39 Dibaca :

Pada setiap bulan Ramadhan, sangat diperlukan bagi setiap kaum muslim untuk lebih meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Untuk itu, pengurus Masjid Al Ihsan Jl. H. Agus Salim, Banyuanyar, Sampang setiap selesai sholat Shubuh berjamaah mulai tanggal 1 s/d 25 Ramadhan tahun 1434 H akan menyelenggarakan pengajian Shubuh selama lebih kurang 15 – 20 menit.

Sebagai nara sumber adalah KH Moch Syamsuddin AM, Lc, beliau adalah putra tertua dari KH Abdul Muin Maula, Ketua Yayasan Sosial dan Pendidikan “Al Ihsan” Banyuanyar Sampang. Insya Allah, mulai hari ini penulis akan menyampaikan hasil pengajian shubuh yang disampaikan oleh beliau kepada para pembaca.

Sebagai pengantar, beliau mengutip salah satu ayat dalam kitab suci Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183, yang artinya “ Hai orang-orang yang beriman, kamu diwajibkan berpuasa sebagaimana diwajibkan bagi orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”. Menurut beliau, jika ada ayat yang diawali dengan kalimat “ Yaa ayyuhaal ladziina aamanuu ….” Maka kalimat selanjutnya pasti diikuti perintah kepada setiap kaum muslim.

Dalam bulan Ramadhan ini, ada 2 (dua) makna penting yang perlu dipahami dan dilakukan oleh setiap kaum muslim, yaitu (1) Berpuasa, yaitu menahan diri untuk tidak makan dan minum, bersetubuh dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai matahari terbenam. Untuk melaksanakan ibadah puasa ini, harus diawali dengan NIAT pada malam harinya (agar tidak lupa, biasanya dilakukan setelah sholat Tarawih berjamaah), dan (2) Bulan diturunkan Al Qur’an. Untuk itu, setiap kaum muslim dianjurkan untuk membaca Al Qur’an (Tadarrus Al Qur’an, baik secara bersama-sama maupun sendirian) karena setiap satu huruf Al Qur’an yang dibaca akan dilipatkan gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia dalam kalender Islam. Setiap hari di bulan Ramadhan mempunyai makna yang sangat penting, yaitu sepuluh hari pertama adalah RAHMAT, sepuluh hari kedua adalah MAGFIRAH (AMPUNAN) dan sepuluh hari yang ketiga adalah PEMBEBASAN DARI API NERAKA. Jika setiap kaum muslim mengetahui arti pentingnya hari-hari di bulan Ramdahan ini, maka mereka akan melakukan amal ibadahnya kepada Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Aamiin ….

Syaiful Rohman

/srohman

TERVERIFIKASI (HIJAU)

SEMANGAT, KESABARAN dan KEIKHLASAN, 3 (tiga) istilah yang membuat kita tetap BERKARYA di dalam kehidupan. Sekarang bertempat tinggal di Sampang, Madura.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?