Bimbingan Manasik Haji (1)

29 Agustus 2012 10:44:16 Dibaca :

Dalam rangka pembekalan ilmu tentang bimbingan Manasik Haji bagi jamaah calon haji tahun 2012 M / 1433 H, maka pihak Kementerian Agama cq. Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Sampang, Kab. Sampang - Madura, selama 2 (dua) hari (29-30/08/2012) mengadakan Acara Pembinaan Manasik Haji tahun 2012. Acara pembinaan (baca: Bimbingan Manasik Haji) ini dilaksanakan di Aula Kementerian Agama Kabupaten Sampang, mulai pukul 07. 00 WIB - sampai Selesai. Dalam acara ini, diikuti oleh 253 jamaah calon haji yang berasal dari kecamatan Sampang, 30 jamaah calon haji dari kecamatan Camplong dan 15 jamaah calon haji dari kecamatan Kedungdung.



Papan Nama Bimbingan Manasik Haji oleh KUA Kec. Sampang (Dok. Pribadi)


Sebagai salah satu jamaah Calon Haji tahun 2012 M / 1433 H, penulis dan isteri juga mengikuti acara bimbingan manasik haji ini. Pada acara bimbingan manasik haji ini, ada 4 (empat) orang yang menjadi nara sumber, yaitu (1) Drs. H. Ach. Mudjalli, M.Hi, Kepala Kantor Kemenag – Kab. Sampang, (2) Drs. H. Moh. Holil, Kasi Haji, Kantor Kemenag – Kab. Sampang, (3) Drs. KH. Halim Toha, Kabag TU, Kantor Kemenag – Kab. Sampang, dan (4) H. Mashari, S.Ag, M.MPd, Mantan Kepala Kantor Kemenag – Kab. Sampang (tahun 2010 – 2011), sekaligus Ketua Yayasan KBIH Al Abror Kab. Sampang.


Dalam kesempatan ini, bapak Drs. H. Moh. Holil, menjadi nara sumber yang pertama kali tampil di hadapan para jamaah calon haji tahun 2012 (biasanya yang tampil pertama kaliadalah KEPALA KAKANMENAG KAB. SAMPANG, Namun beliau masih ada acara AKAD NIKAH di keluarganya, sehingga minta maaf datang agak terlambat). Adapun tema yang disampaikan adalah “INFORMASI PERJALANAN HAJI TAHUN 2012”. Secara singkat, beliau menyampaikan beberapa informasi, yaitu pertama, kondisi terkini jamaah calon haji tahun 2012, Kab. Sampang yang telah melunasi Biaya Ibadah Perjalanan Haji (BPIH). Dari sekitar 734 orang jamaah calon haji tahun 2012, sudah 669 orang yang sudah melunasi BPIH, masih ada 65 orang yang belum melunasi BPIH (Namun berita terbaru dari Kepala Kantor Kemenag, Kab. Sampang, TERNYATA sampai dengan hari Rabu, 29/08/2012 jam 10. 00 WIB hanya sekitar 10 (sepuluh) orang yang BELUM melunasi biaya BPIH. Beliau berharap, jamaah calon haji yang belum, supaya CEPAT-CEPAT untuk melunasi BPIH).



Penyampaian Materi Bimbingan Manasik Haji Oleh Drs. H. Moh. Holil (Dok. pribadi)




Kedua, penyelesaian PASPOR jamaah calon haji Kab. Sampang yang sudah mencapai penyelesaian hampir 80% (delapan puluh prosen), ketiga, berdasarkan qur'ah (undian) diperkirakan jamaah calon haji kab. Sampang termasuk Gelombang I, antara Kloter 15 - 20. Jika tidak ada halangan, INSYA ALLAH masuk Asrama Haji Sukolilo, Surabaya dan berangkat ke Madinah dan Mekkah kira-kira tanggal 25 - 27 September 2012. Mudah-mudahan LANCAR. Amin .....

Selanjutnya yang keempat, berharap kepada seluruh jamaah calon haji tahun 2012 kab. Sampang agar TETAP menjaga KESEHATAN JASMANI dan ROHANI dengan baik dan benar, sehingga bisa menunaikan semua proses dan perjalanan IBADAH HAJI dengan lancar, dan kelima, agar mulai sekarang para jamaah calon haji sudah menyiapkan (mulai mencicil) barang bawaan haji yang mau di bawa ke Madinah dan Mekkah.

"Bapak/Ibu Jamaah Calon Haji yang terhormat, jika saya menggunakan seragam batik warna biru -hijau di hadapan bapak/ibu sekalian, maka saya tidak "PAMER", namun ingin menunjukkan kepada semua jamaah calon haji bahwa BAJU BATIK ini adalah SERAGAM RESMI yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat (KEMENTERIAN AGAMA)." Untuk itu, semua jamaah calon haji akan mendapatkan BAJU BATIK ini secara GRATIS. Dan jangan lupa, untuk dipakai oleh para jamaah calon haji jika sudah berada di MADINAH dan MEKKAH (baca: sebagai salah satu IDENTITAS BANGSA INDONESIA)."

Demikian salah satu informasi penting yang disampaikan oleh bapak Drs. H. Ach. Mudjalli, M.Hi dalam bimbingan manasik jemaah calon haji. Adapun tema yang disampaikan adalah berbagai "KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG IBADAH HAJI". Dengan suara yang jelas dan mudah dicerna, beliau menyampaikan (1) Penggunaan BPIH sebesar Rp. 35. 650. 000,- (Tiga Puluh Lima Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) yang digunakan untuk berbagai komponen dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012 ini, mulai dari pemberangkatan, di tanah suci dan kepulangannya, dan (2) Kepada seluruh jamaah calon haji agar SEMUA KEBIJAKAN PEMERINTAH tentang IBADAH HAJI untuk didukung dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan semua jamaah calon haji yang hadir di AULA KANTOR KAMENAG KABUPATEN SAMPANG, nanti setelah melaksanakan IBADAH HAJI menjadi HAJI yang MABRUR. Amin ....

TERIMA KASIH ....

Sampang, 29 Agustus 2012

Syaiful Rohman

/srohman

TERVERIFIKASI (HIJAU)

SEMANGAT, KESABARAN dan KEIKHLASAN, 3 (tiga) istilah yang membuat kita tetap BERKARYA di dalam kehidupan. Sekarang bertempat tinggal di Sampang, Madura.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?