Mohon tunggu...
Worklife

UAS Penulisan Naskah Digital

1 Juni 2018   23:31 Diperbarui: 2 Juni 2018   00:03 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selama satu semester saya mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Digital saya belajar banyak hal. Saya belajar banyak tentang SEO. Mengetahui lebih dalam soal perbedaan antara analog dan digital. Selain itu juga analisis portal berita yang waktu itu saya ambil kasusnya Vice. Kemudian analisis soal sosial media suatu perusahaan. Menganalisis tentang twitter, facebook, dan lainnya.

Selain itu, menulis tentang kejadian di Bedog yang waktu itu ada kejadian di gereja Bedog. Selain itu menulis soal partai politik yang akan bertarung di Pilpres 2019. Semua artikel di atas diupload di Kompasiana saya: Benedicta Songga. Kemudian, portofolio saya jadi bertambah banyak.

Di sampng itu, saya juga jadi belajar banyak soal mengedit tulisan orang lain. Waktu itu saya mengedit tulisan milik Berliana Anggit, Diajeng, dan Kaniraras. Saya jadi tahu tulisan banyak orang dan bisa belajar dari kesalahan mereka. Tulisan saya juga pernah diedit oleh mas Boi sendiri dan juga teman-teman. Dari situ, saya bisa melihat bahwa saya masih punya banyak kekurangan dalam menulis.

Waktu itu juga ada tugas untuk menulis keyword-keyword untuk SEO dengan case soal artikel partai-partai politik yang akan bertarung di Pemilu 2019. Tulisan juga tidak sebatas menulis di internet dalam bentuk analisis atau artikel. 

Tapi juga menulis email template dengan studi kasus waktu itu menggunakan Kamajaya. Saat UTS saya juga menulis soal beasiswa Kamajaya, di situ saya belajar bekerja dengan orang lain juga karena saat itu mendatangkan langsung perwakilan dari Kamajaya untuk memberikan brief sewaktu UTS.

Penulisan Opini waktu itu juga dituliskan dan menulis soal suporter sepak bola yang waktu itu rusuh di satu laga pertandingan. Begitu juga dengan naskah iklan yang dibuat tugas lalu mahasiswa diminta untuk membuat suatu naskah iklan. 

Di sini juga kemampuan editing baik untuk print ad, audio, maupun visual diasah. Saat UAS mahasiswa diminta berkelompok dan membuat print ad, radio ad, dan TVC. Saya dan kelompok membuat iklan tentang beasiswa alumni UAJY dengan tema Humanis, sesuai dengan salah satu visi UAJY.

Waktu itu juga sempat bervideo call dengan mbak Gandhes alumni FISIP UAJY yang saat ini bekerja di Kompas sebagai copywriter. Di situ kita banyak berdiskusi soal dunia copywriting dan kompas. Ditunjukkan juga soal Kompas Muda (social media managing).

Menurut saya, di mata kuliah PND saya bisa mendapatkan nilai terbaik karena setiap diberikan tugas saya selalu mengerjakan. Begitu juga dengan UTS dan UAS. Di kelompok, saya juga memiliki inisiatif untuk bertanya apabila ada tugas dan kebetulan saya tidak hadir dalam kelas.

Portofolio:

Kompasiana: Benedicta Songga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun