Media

Berita Anak Muda ala Vice Indonesia

14 September 2017   11:41 Diperbarui: 14 September 2017   11:52 132 0 0
Berita Anak Muda ala Vice Indonesia
sumber: Vice Indonesia

Abad ke-21 menjadi era yang baru di dunia, di mana kemajuan teknologi dan informasi sudah mulai tercipta.

Masyarakat secara global sudah bisa mengakses informasi dari mana saja karena adanya kemajuan teknologi. Hanya lewat smartphone, contohnya, masyarakat bisa mengakses informasi berbasis aplikasi website. Dengan bekal internet yang ada di dalamnya, informasi semakin bisa didapatkan, baik yang berasal dari dekatnya maupun yang jaraknya sangat jauh. Bahkan, informasi dari luar angkasa pun sudah bisa diakses oleh masyarakat.

Berbagai berita juga sekarang tidak melulu soal penyiaran dan cetak. Portal berita online seakan sudah menjamur dan diminati oleh banyak orang karena dinilai lebih efektif. Dengan sekali klik, informasi sudah bisa diakses, mulai dari berita soal Politik hingga Showbiz. Portal berita yang digunakan di sini sebagai salah satu contohnya adalah Vice Indonesia yang dapat diakses melalui Vice.

Seperti portal-portal berita online lainnya, Vice Indonesia menyediakan berita-berita terkini, mulai dari politik hingga entertainment. Namun, Vice Indonesia selalu bisa membungkus sebuah berita menjadi lebih menarik dibandingkan hanya me-report sebuah data menjadi berita dengan angle yang mainstream. Vice Indonesia mencoba untuk menjaid portal berita online yang memiliki angle sendiri tentang suatu isu.

Di bawah ini adalah analisis soal website milik Vice Indonesia:

Navigasi

Vice Indonesia menyediakan layanan berbasis online bagi para pembacanya. Dalam websitenya, terdapat sidebar yang berguna untuk mempermudah pembaca dalam mencari konten yang ingin dibaca. Terdapat 7 bar yang ada di dalam menu ini yaitu Baca, Tonton, Politik, Indonesia, Lingkungan, Foto, dan Majalah. Serta ada 2 tambahan yaitu Vice APP dan Vice Majalah. Selain itu ada bahasa yang menyediakan bahasa dari negara yang tersedia di situ seperti Bahasa Indonesia dan media sosial.

Sumber: Vice Indonesia
Sumber: Vice Indonesia

Fungsional

Secara kriteria fungsional, websiteVice Indonesia sangat mudah digunakan. Ketika pertama kali membuka Vice Indonesia, langsung terpapar berita-berita terbaru yang sudah ditulis oleh para penulis dari Vice Indonesia. Namun, pembaca bisa menemukan berita-berita yang lalu dmelalui sidebar yang ada di sebelah kiri website.

Video/Audio

Dalam websiteini, terdapat kanal untuk pembaca yang ingin menonton berbagai video pendek mengenai beberapa isu yang diangkat. Seperti contohnya video terakhir yang diupload oleh Vice adalah soal perjalanan Kalulla, Dipha Barus, dan Kelly Tandiono menyusuri kota Jakarta bagian Selatan. Mereka berjalan ke pasar-pasar dan tempat-tempat yang menjual barang-barang antik. Dalam video tersebut Vice ingin memberitahu pembacanya kalau sisi lain Jakarta ternyata menyimpan barang-barang berharga bagi masyarakat yang senang dengan hal-hal itu.

Sumber: Vice Indonesia
Sumber: Vice Indonesia

Interaksi

Dalam portal berita ini, Vice Indonesia cukup sering melibatkan pembaca atau masyarakat dalam berita yang ditulis. Contohnya seperti yang berjudul "We Asked People About Their First Night As A Married Couple" karya Arzia Tivany dan Katyusha Methanisa. Berita ini diupload setelah masyarakat dibuat geger dengan pernikahan superstar Indonesia Raisa dan Hamish Daud. Setelah kabar ini mencuat Vice Indonesia kemudian mengangkat berita soal pernikahan dan mengajak masyarakat untuk terlibat.

Tautan

Vice Indonesia mencoba untuk menyajikan data yang akurat. Maka dari itu, Vice Indonesia juga tidak sembarangan dalam menyajikan data untuk mendukung berita yang ingin ditulis. Contohnya seperti dalam berita berjudul "Indonesia's Anti-LGBT Crackdown May Undermine the Fight Against HIV" karya Arzia Tivany yang menautkan beberapa data ke media lain. Salah satu tautan yang digunakan dalam berita ini adalah media The Jakarta Post.

Biasanya kata yang ber-underlined adalah kata yang digunakan untuk tanda jika di situ terdapat tautan di dalamnya.

Sumber: Vice Indonesia
Sumber: Vice Indonesia

Konten

Vice Indonesia secara konten kebanyakan menggunakan bahasa Inggris yang bisa disebut gaul, sesuai dengan target pembaca mereka yaitu anak muda. Dalam penyajian beritanya pun, Vice Indonesia berusaha untuk mengangkat isu dengan angleyang berbeda dari media mainstream. Salah satu contohnya adalah berita tentang dunia sepak bola Tanah Air. 

Biasanya, portal berita onlineakan memberitakan soal skor, soal bagaimana jalannya pertandingan dari sisi pemain. Namun di sini, Vice mencoba untuk mengulik soal kasus kematian beberapa suporter sepak bola Indonesia. Artikel ini berjudul "Fans Keep Dying At Indonesian Football Matches" atau "Masih ada penggemar yang meninggal saat pertandingan Sepak Bola Indonesia" yang ditulis oleh Adi Renaldi pada 5 September 2017.

Dalam berita ini, Vice Indonesia memaparkan data-data soal kejadian kerusuhan saat pertandingan sepak bola Indonesia yang menelan korban jiwa. Berita ini diangkat setelah adanya kasus kerusuhan yang mengakibatkan tewasnya 1 orang anak kecil yang menjadi salah satu penonton di tribun.

Sesuai dengan kriteria sebuah website berita yang dikemukakan oleh Mindy McAdams, kriteria Format Textharus ada di dalam sebuah websiteberita, diantaranya, soal paragraf. Dalam kriteria ini, ada baiknya jika dalam satu paragraf mengandung kata yang tidak lebih dari 100 kata. Hal ini dikarenakan jika lebih dari 100 kata, pembaca akan merasa lelah dengan bacaannya. 

Dalam berita ini, Vice Indonesia sudah mampu menerapkan kriteria ini. Berita yang memiliki panjang seitar 796 kata ini, setiap paragrafnya mengandung 8 sampai 73 kata. Dari 10 pemberitaan yang penulis baca, Vice Indonesia cukup rapi dalam mengemas konten yang akan dibahas. Tidak ada listsyang digunakan karena memang tidak ada list dalam konten. Tautan biasanya berbentuk kata yang diunderlined sehingga ktika di klik, pembaca sudah akan menemukan tautan dari konten yang ditulis.

Sumber: Vice Indonesia
Sumber: Vice Indonesia