sholat khusyuk, apaan tuh?

22 Februari 2010 13:56:00 Diperbarui: 26 Juni 2015 10:47:44 Dibaca : 286 Komentar : 9 Nilai : 0 Durasi Baca :

khusuk tuh appaan seh? emangnya wajib? khusyuk tuh sungguh, maksudnya sungguh2 menjalankannya tapi bukan konsentrasi karena suasananya beda banget.

denger2 seh, suasana khusyuk tuh bisa dimulai dgn wudhu yg khusyuk, karena syarat sahnya sholat kan wudhu - wudhu yg sungguh lah, makanya gak aneh kalo orang2 tua dulu suka "pegang" wudhu, maksudnya wudhu isya "dipegang" sampe subuh, wudhu lohor "dipegang" sampe ashar, wudhu ashar "dipegang" sampe magrib/isya, dst.

kenapa harus "dipegang"? yak supaya "pegang2an" , supaya mesra geetooh lhoohh ... supaya suasananya berkesinambungan ... ini seh bahasa kerennya. 

kalo kita mah jelas jauh kemana2 deh utk bisa seperti itu, jangankan "pegang2an" suasana, apa yg mau dipegang aja gak tau tuh ... lagian pake apa megangnya ... pake tangan? uenak aja - emang lo pikir gw siape?  

mau dapet khusyuk? gimana caranya? untuk pemula seperti sy mungkin bisa dilatih dgn ilmu tepat2an, misalnya sholat tepat waktu, tepat tempat, tepat attribut, tepat gerakan & bacaan, dls. intinya seh smuanya harus di tepat2in atau di tepat2kan & dijalankan senyaman - semampunya kita tapi dgn disertai niat peningkatan baik kuantitas maupun kualitas.

utk yg gak ngarti atau belon mudheng soal2 begenean, khususnya yg tinggal di surabaya mungkin pelatihan ini bisa dijadikan langkah awal: http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=335208592936&id=118585664802&ref=mf

abah fani bachsin

/sofuani_bachsin

sedang belajar menyikapi sgala sesuatu dari sudut pandang yg tidak biasa & dgn cara2 yg juga tidak biasa agar hasilnya tidak biasa2 aja ...
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana