PILIHAN

Cara Mengatasi Kecanduan Sosial Media

20 Oktober 2016 00:23:47 Diperbarui: 20 Oktober 2016 00:39:14 Dibaca : Komentar : Nilai :
Cara Mengatasi Kecanduan Sosial Media
Sumber:Tim Robberts—Getty Image

Media sosial telah merayap dari layar computer ke layar perangkat genggaman kita. Dengan hitungan detik kita dapat meng-upload foto langsung dari ponsel ke akun media sosial, membalas langsung pesan,  ataupun melihat  hal-hal apa saja yang terjadi saat ini. Dengan smartphoneyang selalu berada dalam genggaman kita, hal ini mempermudah untuk terpikat dengan media sosial. Secara tidak sadar hal ini dengan negatifnya mempengaruhi hubungan kita dengan orang sekitar. Ada beberapa tips mengenai bagaimana cara mengontrol kecanduan terhadap media sosial.

  • 1. Matikan Notifikasimu

                                                                                                                  

Ketika kamu mematikan notifikasi di smartphone, hal ini tidak lagi menganggu rutinitas sehari-harimu. Kamu mungkin merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas harian dan tidak lagi mudah terganggu.

  • 2. Batasi Dirimu

sumber: pexels.com
sumber: pexels.com

                                                                                                                                                      

Batasi jumlah waktu yang kamu habiskan di media sosial setiap harinya dengan menggunakan alarm atau stopwatch untuk mengontrol penggunaan sosial media. Ketika kamu terbiasa untuk membatasi waktu yang digunakan di media sosial kamu telah mengatur dirimu sendiri untuk tidak keterantungan terhadap sosial media.

  • 3. Carilah Hobi Baru

sumber: makeuseof.com
sumber: makeuseof.com

                                                                                                                                         

Ambillah hobi baru untuk mengisi waktu luangmu. Belajar keterampilan baru atau melakukan sesuatu yang selalu kamu ingin lakukan tapi tidak pernah punya waktu. Hobi barumu akan menjaga pikiran dan tangan yang biasanya hanya mengenggam smartphone untuk membuka akun sosial media.

  • 4. Habiskan Waktu Lebih Dengan Orang Yang Kamu Cintai

sumber: askmen.com
sumber: askmen.com

Dari pada mengupdate status dengan teman-teman dan anggota keluarga melalui kehidupan layar, akan lebih baik jika menghabiskan waktu dengan mereka di dunia nyata dan berhubungan kembali dengan mereka. Kamu tidak perlu untuk mendokumentasikan segala sesuatu yang dilakukan dalam hidup dengan mengunggahnya di akun sosial mediamu.

  • 5. Bertemu Orang Dalam Kehidupan Nyata

sumber: hwinsider.com
sumber: hwinsider.com

Ada begitu banyak cara untuk bertemu orang-orang dalam kehidupan nyata. Bergabung dengan klub, menghadiri seminar, berkumpul bersama teman dekatmu dan banyak hal. Apapun aktivitas yang kamu pilih, kamu akan membuat koneksi dengan orang-orang baru dalam kenyatan dan bukan dalam dunia maya.

Semoga bermanfaat sobat sekalian!


KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article