Mohon tunggu...
Inovasi Pilihan

Mengenal Karakteristik New Media dalam VOA Indonesia

23 Februari 2017   14:17 Diperbarui: 23 Februari 2017   14:24 1186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digital dalam VOA Indonesia

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, istilah new media atau media baru semakin sering terdengar. Media baru merupakan istilah yang digunakan untuk kemunculan digital, komputer, atau jaringan informasi di akhir abad ke-20. Menurut Creeber dan Martin (2009) dalam bukunya Understanding New Media, new media atau media baru didefinisikan sebagai produk dari komunikasi yang termediasi teknologi yang terdapat bersama dengan komputer digital. Dengan kata lain, new mediaatau media baru merupakan media yang menggunakan internet, media online berbasis teknologi, berkarakter fleksibel, berpotensi interaktif dan dapat berfungsi secara privat maupun secara public (Mondry, 2008: 13). Beberapa contoh produk dari media baru antara lain internet, website, e-mail, televisi kabel digital, dan DVD.

Internet merupakan salah satu betuk dari new media. Internet memungkinkan seorang individu megakses informasi yang berada jauh dari mereka. Dengan internet, individu dapat mengakses informasi seperti berita ataupun artikel. Dalam tulisan saya kali ini, saya terkhusus akan membahas portal berita dari VOA Indonesia. VOA Indonesia atau yang biasa dikenal sebagai Indonesian Service of the Voice of America merupakan portal berita berbahasa Indonesia dari siaran multimedia Voice of America yang berpusat di Washington, DC, USA. Sebagai bagian dari new media atau media baru, portal berita VOA Indonesia haruslah memiliki karakteristik dari sebuah media baru.

Kali ini saya akan membahas bagaimana portal berita VOA Indonesia memanfaatkan karakteristik dari new media atau media baru. Lister, dalam bukunya yang berjudul New Media: A Critical Introduction menjelaskan mengenai kharakteristik dari new media atau media baru. Adapun kharakteristik dari new media adalah digital, interactivity, simulated, networkted, hypertextual, dan virtual. 

  • Digital: Dalam proses media digital, semua data yang masuk akan dikonversikan sebagai angka. Kemudian data-data berupa angka yang masuk akan dikoding dan dikeluarkan sebagai teks, gambar, video, ataupun suara. VOA Indonesia menurut saya sudah menerapkan sistem digital ini. Dalam laman VOA Indonesia, pembaca dapat dengan mudah menemukan foto dan video yang dipergunakan untuk melengkapi berita atau atikel.  Keberadaan foto dan video dalam sebuah laman berita dapat menarik minat pembaca untuk membaca artikel tersebut. Karena pembaca mendapatkan gambaran dari foto atau video dari kejadian yang berlangsung.
  • Interactivity: New media hadir dengan cara yang lebih interaktif daripada media lama. Pengguna dari media baru dapat dengan bebas memilih konten mana saja yang ingin mereka akses. Portal berita VOA Indonesia menyediakan fitur komentar agar pembaca dari porta berita tersebut dapat meningalkan komentar ataupun beropini mengenai sebuah berita yang sedang diberitakan. Fitur ini memungkinkan para pembaca untuk bisa berinteraksi dengan pembaca lain ataupun dengan reporter.
    INteractivity dalam VOA Indonesia
    INteractivity dalam VOA Indonesia
  • Networkted: Pengguna media baru akan terhubung dengan jaringan yang luas, hal ini menyebabkan seorang individu dapat memiliki jaringan global. Laman VOA Indonesia dapat dengan mudah diakses melalui smartphone ataupun komputer. Dengan mengetik alamat http://www.voaindonesia.com, pembaca dapat mengakses laman tersebut di mana saja dan kapan saja dengan internet. Selain itu, VOA Indonesia menyedia fitur share yang memungkinkan pembaca untuk membagikan laman yang mereka baca ke orang lain dengan mengklik share tersebut. 

Networkted dalam VOA Indonesia (dalam kotak)
Networkted dalam VOA Indonesia (dalam kotak)
  • Simulated: Media baru merepresentasikan hal yang sebenarnya nyata mejadi suatu simulasi. Hal ini menggabungkan antara seni dengan penggunaan teknologi yang dapat digunakan dalam suatu teknik perancangan tertentu. VOA Indonesia memanfaatkan karakteristik simulated. Salah satunya dengan menampilkan video simulasi dari peristiwa yang telah terjadi. Penggunaan simulasi ini memungkinkan pembaca untuk mengetahui secara rinci sebuah kejadian yang telah terjadi.
    Simulated dalma VOA Indonesia
    Simulated dalma VOA Indonesia

Dari enam karakteristik yang dimiliki oleh new media atau media baru, dapat disimpulkan bahwa VOA Indonesia baru menerapkan empat dari enam karakteristik yang ada. Empat karakteristik tersebut adalah digital, interactivity, networked, dan simulated. Sedangkan untuk dua karakteristik new media yang lain yaitu virtual dan hypertextual, VOA Indonesia nampaknya belum menggunakannya dalam laman berita mereka. Dalam laman VOA Indonesia, penulis tidak menemukan penggunaan video virtual yang memungkinkan pembaca dapat berinteraksi dengan video ataupun fitur lain. Sedangkan untuk hypertextual,penulis tidak menemukan hypertext dalam tubuh artikel berita di laman VOA Indonesia.

Daftar pustaka:

Creeber, G. and Martin, R., (ed)., 2009. Digital Cultures: Understanding New Media, BerkshireEngland: Open University Press

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lister, M., et al. (2009). New Media: a critical introduction.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun