Link Kasar yang Banyak Vote

03 Juli 2012 21:19:56 Dibaca :

Malam ini ada isi link kasar yang divote dan dibaca banyak orang mampir ke tulisanku. Maksudnya untuk mengingatkanku, agar menulis sesuai ngeblog di kompasiana dan ikut aturan mainnya. Entahlah mungkin si pengirim pesan itu admin atau bukan.

Selama ini, aku selalu berhati-hati dalam menulis, tidak menyinggung-nyinggung SARA. Ini terbukti dengan sedikit komentar yang masuk kepadaku. Karena yang kulihat selama ini, tulisan yang disenangi adalah yang menimbulkan perdebatan tak kunjung berujung dan yang tidak punya tata krama.

Yang kubaca di link tersebut menyangkut semuanya. Maksud si pengirim pesan adalah agar aku tidak membuat huruf kapital untuk judul tulisan. Supaya tidak membuat capek admin. Tetapi tidak dikatakan sebelumnya, sehingga tadi menimbulkan kesalahpahaman antara aku dan pengirim link/tautan tersebut.

Kalau di tulisanku tidak banyak vote, wajarlah, karena aku ngeblog baru sebulan dan baru punya sedikit teman (baru 48 teman saat ini). Untuk kompasianer dan termasuk diriku, dalam membuat tulisan dan memberi link perlu memperhatikan, apakah bisa menjatuhkan pihak lain atau tidak, ini harus digarisbawahi. Tidak mengejar rating, yang belum tentu karena kebaikan tulisannya.

Yang membaca tulisanku, itu karena kebetulan melihat dashboard atau home. Tulisanku pun tidak kubuat tiap jam. Ada selang waktu beberapa jam. Aku pun berkomentar tentang perdebatan, sudah aku tinggalkan, karena dalam sebulan ini sudah tahu karakter dan arah pandangan beberapa kompasianer. Meneruskannya pun percuma. Mungkin ada yang kangen dengan komentarku di tulisan orang lain. Tapi aku fokus ke tulisanku dan tulisan yang tidak menguras energiku.

Tidak ada kesia-siaan untuk menulis. Yang penting bagiku tidak ada perdebatan menyangkut SARA dan merendahkan orang lain.
Mau sedikit pembaca, sedikit vote/nihil vote atau sedikit komentar tidak menjadi masalah bagiku. Yang penting orang yang membaca tulisanku tidak kesal. Perlu etika untuk menegur, karena etika itu perlu diterapkan dan baik untuk kesehatan.
Judul tulisan yang ke- 37  ini sudah kubuat tidak kapital semua, sesuai arahan. Begini kan aku paham, tidak perlu memberikan link yang isinya bernada kasar.

Azis Syahrul

/semampunya

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang Guru IPA SMP.
Lahir di Karang Tengah, Ciledug, Tangerang. Bahasa yang digunakan
"Betawi Ora" dan Bahasa Indonesia.
Tinggal di Cipondoh, Kota Tangerang.
Mengajar di Kota Tangerang Selatan.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?