Mohon tunggu...
Humaniora

Pengalaman Masuk SMAN 16 Bekasi

22 Agustus 2017   21:11 Diperbarui: 22 Agustus 2017   21:44 834
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum wr.wb

Nama saya Sekar Ayu Puspita, biasa di panggil Sekar. Disini saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya ketika menjelang UN sampai bisa masuk SMAN 16 Bekasi.

Masa-masa menjelang UN buat saya cukup berat, karena saya harus belajar lebih ekstra, menghafal materi, mengerjakan soal-soal latihan UN, juga les sana-sini. Semua itu pun belum cukup, usaha terus belajar pun harus dibarengi dengan doa dan semangat pantang menyerah.

Akhirnya ketika UN tiba saya sudah cukup siap dalam mengerjakannya. Namun, ketika UN saya sempat sakit dan itu membuat saya agak drop sehingga kurang berkonsentrasi dalam mengerjakan soal-soal. Tetapi saya tetap berdoa dan berusaha semampu saya.

Pengumuman hasil UN dan kelulusan pun tiba, saya cukup deg-degan dan cemas takut jika hasil UN tidak memuaskan. Saya mendapatkan nem 26,20, walaupun tidak memuaskan saya tetap harus bersyukur karena itu adalah hasil kerja keras saya. Namun, ketika mengetahui nem saya hanya segitu, saya pun cemas takut tidak bisa diterima di SMAN.

Dua hari setelah pengumuman hasil UN, walikelas saya pun memberitahu bahwa tahun ini dibuka 2 jalur, jalur akademik dan non akademik. Namun, saya memutuskan untuk mencoba jalur non akademik. Saya pun mencoba mendaftar di SMAN 16 Bekasi, ternyata jalur non akademik pun dibagi menjadi 3, jalur prestasi, zonasi, dan afirmasi. Saya pun mencoba jalur zonasi karena rumah saya dekat dengan SMAN 16 Bekasi. Saya pun akhirnya menyiapkan dan melengkapi data-data untuk mendaftar.

Pada tanggal 16 Juni hasil pengumuman penerimaan siswa baru jalur non akademik diumumkan dan alhamdulillah nama saya ada dalam daftar siswa yang diterima bernomor urut 72, setelah itu saya pun mendapatkan formulir untuk daftar ulang. Daftar ulang dilaksanakan pada tanggal 3 Juli, lalu kembali mendapatkan formulir untuk diisi dan diberikan kembali pada tanggal 6 Juli. Saya sudah resmi menjadi murid SMAN 16 Bekasi.

Namun, pada tanggal 8 Juli saya pun sakit dan tidak dapat mengikuti psikotes dan mpls. Pada saat pertama kali masuk tanggal 17 Juli saya pun tidak masuk dan mengikuti pelajaran dikarenakan pada hari itu saya operasi dan selama sebulan tidak masuk sekolah. Saya mendapatkan kelas X IPS 3 sesuai dengan jurusan yang saya inginkan.

Intinya saya sangat bersyukur bisa masuk SMAN 16 Bekasi, karena saya sangat mendapatkan hal-hal baru yang baru saya alami. Semoga saya bisa cepat pulih dan kembali seperti semula agar bisa beraktivitas normal kembali. Saya juga harus lebih giat belajar dan tetap semangat.

Ya mungkin hanya seperti ini pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi acuan untuk lebih semangat belajar dan tetap berusaha jika ingin masuk SMA Negri.

Terimakasih,

Wassalamualaikum wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun