7 Cara Jitu Menulis Resensi Buku

13 Maret 2013 15:07:54 Diperbarui: 24 Juni 2015 16:50:43 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Membuat resensi sebuah buku, selain membuka jendela pengetahuan, juga mencerminkan seseorang mahir melakukan analisa dan mendeskripsikannya dalam bentuk uraian pendek, singkat, padat dan jelas dari sebuah buku yang dibacanya. Tetapi, tidak semua orang mahir melakukan resensi buku bukan? Bagaimana dengan Anda?


Ini adalah cara membuat resensi buku sehingga Anda bisa membuat ringkasan buku lebih baik dan memiliki keahlian di bidang tersebut.


Cara Resensi Buku # 1 : Biasakan dengan satu genre buku.


Membiasakan diri dengan genre buku, akan membantu membantu Anda menulis review buku dengan ilmu pengetahuan dan menyiratkan wibawa dibenak pembaca, juga dalam pandangan pembuat buku yang Anda review. Jangan memaksakan diri membuat resensi buku, dimana Anda kurang memiliki pengetahuan dengan genre buku tersebut.


Cara Resensi Buku # 2 : Baca buku sambil membawa catatan


Kemanapun Anda pergi bawalah sebuah catatan. Apakah itu secarik kertas yang diselipkan dalam buku yang Anda baca, maupun buku khusus untuk membuat resensi buku. Jelaskan buku yang And abaca secara singkat. Sentuhlah subjeknya, ruang lingkup, dan pernyataan penting dari sang penulis buku. Deskripsi lengkap tidak diperlukan, karena pembaca hanya menginginkan gambaran umum dari buku yang Anda baca.


Cara Resensi Buku # 3 : Berikan pendapat kritis


Memberikan pendapat kritis dari buku harus didukung dengan contoh-contoh sesuai dengan pengetahuan Anda  atau dengan fakta lain yang telah diteliti. Jelaskan, apa kekuatan utama dari buku tersebut dan kelemahan yang mesti diketahui pembaca.


Cara Resensi Buku # 4 : Gunakan kutipan pendek


Dengan menggunakan kutipan pendek,  dapat membantu pembaca memberikan kepercayaan dengan buku yang Anda resensi. Jika Anda memilih untuk membaca kritikus lain yang telah menulis tentang buku yang sama, pergunakan pendapat Anda sendiri untuk menghindari kesan telah dipengaruhi oleh orang lain.


Cara Resensi Buku # 5 : Mulailah dengan pendahuluan


Yakinlah bahwa, resensi buku yang bagus akan menarik diawal dengan pendahuluan yang menyajikan pendapat Anda tentang buku tersebut. Membuat sebuah cerita penting dalam paragraph awal, akan mendorong pembaca melanjutkan ulasan buku yang Anda resensi. Cukup buat pendahuluan yang singkat. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk mempelajari mengapa Anda menukilkan pendapat Anda pertama. Buatlah pembaca apakah setuju atau tidak dengan pendapat Anda tersebut.


Cara Resensi Buku # 6 : Tulislah Tubuh Utama Buku


Bagian utama dari tinjauan buku harus memberikan ringkasan isi. Ringkasan harus singkat agar merangsang pembaca memahami pokok utama bahasan dari buku tersebut. Dalam analisis, pergunakan pendapat Anda. Sertakan kutipan dari buku yang relevan. Bertanyalah pada diri sendiri beberapa pertanyaan akan membantu Anda menghasilkan beberapa pertanyaan seperti:  Apa ide utama dari buku ini? Apakah tujuan penulis dengan buku tersebut? Apakah informasi dalam literatur disajikan dengan cara baru dan memuaskan? Apakah penulis membuat informasi yang memadai? Apakah Anda merekomendasikan atau tidak merekomendasikan buku tersebut untuk dibaca?


Cara Resensi Buku # 7 : Buatlah kesimpulan


Kesimpulan dari sebuah resensi buku harus merujuk kembali ke pendahuluan. Pendapat yang sama harus diperkuat dengan contoh-contoh singkat. Ini adalah ringkasan dari semua alasan yang mendukung posisi Anda memiliki kualitas dari pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Dengan kesimpulan yang kuat, laporan buku akan review terpadu dari pekerjaan.


Tambahan: Resensi buku harus memiliki bentuk yang pasti. Tidak boleh hanya sekedar kicauan Anda. Paragraf pembuka harus pendek dan harus membuat pembaca tertarik untuk membaca.  Jangan gunakan ungkapan-ungkapan seperti: 'Saya pikir ......', 'Saya percaya bahwa .....' dalam ulasan Anda. Jagalah kata 'Aku' keluar dari tulisan Anda.

Sehabuddin Abdul Aziz

/sehabuddin

TERVERIFIKASI

Blogger buku dan founder booktiin.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana