Survey PoliticaWave: Jokowi Juara di Media Sosial

21 Maret 2014 16:58:24 Dibaca :
Survey PoliticaWave: Jokowi Juara di Media Sosial
-

PoliticaWave adalah sebuah lembaga survey independent yang memantau secara sistematis percakapan yang terjadi di media sosial berkaitan dengan berbagai isu politik nasional. Survey PoliticaWave sering kali digunakan untuk memantau elektabilitas calon presiden, gubernur atau anggota DPR di situs jejaring sosial seperti Facebook, dan Twitter.

Seperti halnya lembaga survey lain, beberapa kali PoliticaWave sukses membuktikan akurasinya dalam beberapa pilkada. Pilgub DKI Jakarta misalnya, ketika hampir semua lembaga survey memprediksi bahwa Foke-Nara akan menang mudah, PoliticaWave justru tampil beda dan memprediksi Jokowi yang akan keluar sebagai juaranya. PoliticaWave juga mampu membuktikan prediksinya tepat di pilgub Jabar yang dimenangkan oleh Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, pilgub Jateng yang dimenangkan Ganjar-Heru dan Pilgub Sulsel.

Dalam pilpres 2014, PoliticaWave melakukan monitoring secara real time percakapan netizen tentang capres. Hasilnya, Jokowi kembali tampil sebagai sang juara. Jokowi unggul di berbagai kategori seperti share of awareness, share of citizens, candidat electability, media trend, dan trend of awareness. Dahsyatnya lagi, Jokowi unggul mutlak di 34 propinsi. Luarrr biasa...!!!

1395370590898386960
Jokowi juara di media sosial (dok. politicaWave.com)

Sejak di deklarasikan 14 Maret 2014, percakapan tentang Jokowi meningkat tajam. Tampilnya Jokowi sebagai capres dari PDIP menimbulkan euphoria khususnya di di media social twitter dan facebook. Berdasarkan monitoring PoliticaWave pada 14 Maret 2014 atau saat deklarasi capres, percakapan tentang Jokowi mengalami kenaikkan signifikan. Sebelum pencapresan, rata-rata perbincangan soal Jokowi setiap harinyaberkisar antara 20 ribu hingga 40 ribu kali. Namun, jumlah itu melonjak 118.657 kali saat pengumuman yang diumumkan lewat twitter tersebut. Dan bahkan melonjak lebih tajam hingga 164.134 kali pada tanggal 15 Maret 2014. Jokowi unggul hingga 77.4% persen sebagai capres pada kategori share of awareness dan 67.7% pada kategori share of citizen.

13953730281249980188
Jokowi juara di 34 propinsi (dok. politica Wave.com)

Hebatnya lagi, hashtag #JKW4P sempat menjadi trending topic di twitter. Menurut Direktur Politicawave Yose Rizal, berdasarkan pengalaman dalam meneliti dan memantau pilgub di beberapa daerah, kandidat yang paling banyak dibicarakan dan direspon positif oleh netizen selalu keluar sebagai pemenang pemilu. Dalam pilgub DKI Jakarta, Sulsel, Jabar dan Jateng terbukti semua prediksi PoliticaWave tepat dan akurat. Dalam pilgub DKI Jakarta, hanya PoliticaWave yang prediksinya tepat dan akurat.

Jika prediksi PoliticaWave kembali tepat dan akurat dipilpres 2014, maka Jokowi akan menang hanya dalam 1 putaran. Dan itu berarti Negara akan menghemat biaya hingga triliunan rupiah.

Salam hemat 1 putaran!!!

sumber tulisan: politicawave.com

Sang Pujangga

/sangpujangga

aku berlindung dari godaan syetan yang terkutuk, aku berlindung dari kejahatan orang-orang yang zalim dan munafik, aku berlindung dari kebodohan dan kemalasan, aku berlindung dari fitnah harta, tahta dan wanita
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?