HEADLINE

Perkembangan Normal dan Stimulasi Dini Kemampuan Penglihatan Bayi

17 Agustus 2013 11:24:55 Diperbarui: 24 Juni 2015 02:12:02 Dibaca : 7980 Komentar : 5 Nilai : 4 Durasi Baca :
Perkembangan Normal dan Stimulasi Dini Kemampuan Penglihatan Bayi
1376743166708170010

Ilustrasi/Admin (Shutterstock)

Penglihatan dan bagaimana otak menggunakan informasi visual adalah keterampilan yang dapat dipelajari. Sejak lahir, bayi mulai menjelajahi keajaiban di dunia dengan mata mereka. Bahkan sebelum mereka belajar untuk mencapai barang dengan tangan atau merangkak dan duduk, mata mereka memberikan informasi dan stimulasi penting bagi perkembangan bayi. Masa tumbuh kembang bayi merupakan tahapan penting bagi setiap orang tua. Orangtua tentunya ingin melakukan hal terbaik diantaranya dengan mengoptimalkan indera penglihatan yang nantinya mampu memberikan kontribusi besar dalam menentukan kualitas hidup sang anak di masa depan. Bayi belajar untuk melihat selama periode waktu, seperti mereka belajar berjalan dan berbicara. Mereka tidak lahir dengan semua kemampuan visual yang mereka butuhkan dalam hidup. Kemampuan untuk fokus mata mereka, memindahkan  gerakan mata dengan akurat, dan menggunakannya harus dipelajari bersama seiring dengan pertambahan usia. Bayi juga perlu belajar bagaimana menggunakan informasi visual mata kirim ke otak mereka untuk memahami dunia di sekitar mereka dan berinteraksi dengan tepat.

Perkembangan Normal dan Stimulasi Penglihatan Pada Bayi

Saat Bayi Baru Lahir

  • Segera setelah lahir, dokter secara singkat akan memeriksa mata bayi Anda untuk menyingkirkan tanda-tanda katarak kongenital atau masalah mata neonatal serius lainnya. Meskipun masalah mata seperti itu jarang, mereka harus dideteksi dan diobati dini untuk meminimalkan dampaknya terhadap perkembangan penglihatan anak Anda.
  • Paparan cahaya Selama Kehamilan Penting bagi perkembangan penglihatan pada janin yang dikandung ibu.  memeluk perut hamil. Ternyata bahwa perkembangan mata normal memerlukan cahaya untuk mencapai bayi saat berada dalam rahim. Temuan ini dilaporkan dalam Nature bulan ini didasarkan pada studi tikus janin. Para peneliti menemukan bahwa jalur-respon cahaya mengontrol jumlah neuron di retina. Pada tikus jalur ini harus diaktifkan selama akhir kehamilan, sekitar 16 hari dalam kehamilan.
  • Respon jalur cahaya menjaga pembuluh darah terbentuk di retina menjadi terlalu banyak dan menyebabkan retinopati prematuritas berpotensi membutakan.
  • Pemberian salep antibiotik biasanya diberikan pada mata bayi untuk membantu mencegah infeksi mata dari adanya bakteri dalam jalan lahir.
  • Saat lahir, bayi hanya melihat dalam warna hitam dan putih dan abu-abu. Sel-sel saraf di retina dan otak mereka bahwa visi kontrol belum sepenuhnya dikembangkan. Mata bayi yang baru lahir tidak memiliki kemampuan untuk mengakomodasi (fokus pada objek dekat). Jadi jangan khawatir jika bayi Anda tampaknya tidak akan "berfokus" pada objek, termasuk wajah. Ini hanya membutuhkan waktu.
  • Meskipun keterbatasan visual, studi menunjukkan bahwa dalam beberapa hari setelah lahir, bayi lebih suka melihat gambar wajah ibu mereka dibandingkan dengan wajah  orang asing.
  • Para peneliti percaya preferensi ini tergantung pada besar, rangsangan kontras tinggi, seperti batas garis rambut ibu ke wajahnya. Dalam studi, jika batas tersebut ditutupi dengan syal atau topi renang, preferensi bayi untuk melihat wajah ibu mereka menjadi teralih.
  • Jadi untuk mendorong interaksi visual dengan anak yang baru lahir, menjaga gaya rambut sama dan menghindari mengubah penampilan anda.
  • Satu hal yang mungkin dapat dilihat tentang mata anak yang baru lahir adalah melihat seberapa besar mata mereka. Hal ini karena hasil perkembangan bayi yang normal biasanya dapat dilihat dari kepala ke bawah. Saat lahir, mata bayi sudah terlihat sekitar 65 persen dari ukuran mata dewasa
  • Saat lahir, bayi sangat sensitif terhadap cahaya terang, sehingga murid mereka tetap terbatas untuk membatasi cahaya yang masuk ke mata. Setelah sekitar dua minggu, pupil membesar dan bayi dapat melihat berbagai nuansa terang dan gelap. Retina (jaringan peka cahaya di dalam mata) berkembang dengan cepat dalam kemampuan untuk melihat dan mengenali pola semakin membaik. Gambar kontras tinggi seperti gambar hitam-putih, mata banteng atau bentuk wajah yang sangat sederhana yang paling mungkin untuk menarik perhatian bayi di minggu-minggu awal.
  • Wajah manusia selalu menjadi  gambar favorit bayi. Ketika seseorang memegang bayi, dia akan melihat tajam pada wajah seseorang terutama mata. Sebagai rentang visual bayi meningkat pada bulan pertama. Bayi akan dapat melihat wajah seseorang secara keseluruhan dan akan jauh lebih responsif terhadap ekspresi wajah.
  • Tip dan Stimulasi: Berilah ASI ekslusif karena secara langsung akan menstimulasi penglihatan bayi anda dengan sangat baik. American Journal of Clinical Nutrition bulan Februari 2010 menuliskan bahwa  bayi yang menyusu secara signifikan memiliki penglihatan yang lebih baik dibandingkan bayi yang mengonsumsi susu formula. DHA yang terdapat dalam ASI menguatkan jaringan saraf di retina mata bayi. Dengan memberikan ASI ekslusif secara tulus dan gembira maka anda dapat berkomunikasi langsung dengan baik pada mata bayi.  Usia ini bayi dapat melihat wajah seseorang secara keseluruhan dan akan jauh lebih responsif terhadap ekspresi wajah.

Usia 1 Bulan

  • Mata bayi Anda tidak sangat sensitif terhadap cahaya di bulan pertama kehidupan. Bahkan, jumlah cahaya yang diperlukan untuk bayi 1-bulan-tua untuk menyadari adanya cahaya (disebut ambang deteksi cahaya) adalah 50 kali lebih tinggi daripada orang dewasa.
  • Menjaga penampilan orang tua secara konsisten membantu bayi mengenali dan berinteraksi dengan oreang tua setelah lahir.
  • Tidak masalah untuk menyalakan lampu di kamar bayi dan tidak akan berpengaruh dengan kemampuan tidur bayiu. Justru lampu itu dapat membantu menjaga Anda jari-jari kaki anda agarterhindar dari benturan kaki furnitur ketika Anda sedang memeriksa bayi.
  • Kemampuan penglihatan warna bayi sama seperti kemampuan visual lainnya. Pada usia satu bulan, mereka sensitif terhadap kecerahan atau intensitas warna dan akan terlihat lebih panjang pada warna-warna berani dan pola kontras dari pada nada ringan.
  • Bayi mulai berkembang kemampuan untuk melihat dalam warna yang sangat cepat. Pada satu minggu setelah lahir, mereka bisa melihat merah, oranye, kuning dan hijau. Tapi itu butuh waktu sedikit lebih lama bagi mereka untuk dapat melihat biru dan ungu. Hal ini karena cahaya biru memiliki panjang gelombang lebih pendek, dan reseptor warna sedikit ada di retina manusia untuk cahaya biru.
  • Jangan terlalu khawatir jika gerakan mata bayi Anda kadang tidak terjadi dengan gerakan yang sama satu dengan mata lainnya. Satu mata terkadang hanyut ke dalam atau keluar dari keselarasan. Gearakan ini kadang masih dianggap normal. Tetapi jika Anda melihat gangguan tersebut sangat besar dan konstan terus menerus,  mmka sebaiknya harus segera memberitahu ke dokter anak.
  • Tips dan stimulasi: Untuk membantu merangsang penglihatan bayi, hiasi kamar dengan terang, warna cerah dan ceria. Sertakan karya seni dan perabotan dengan kontras warna dan bentuknya. Gantung berbagai benda berwarna cerah di atas atau dekat tempat tidur mereka. Pastikan segala sesuatu yang disekitarnya memiliki berbagai variasi warna dan bentuk

Usia 2-3 Bulan

  • Banyak kemajuan dalam pengembangan penglihatan berlangsung pada usia dua dan tiga bulan. Bayi berkembang ketajaman visual yang lebih baik selama periode ini, dan mata mereka mulai bergerak lebih baik. Usia ini bayi harus sudah mengikuti obyek yang bergerak pada tahap ini dan mulai meraih hal-hal yang dilihatnya.
  • Cerah, ceria ruangan dengan banyak warna dan variasi bentuk membantu merangsang perkembangan penglihatan bayi Anda.
  • Pada tahap ini perkembangan belajar untuk mengalihkan pandangan mereka dari satu objek ke yang lain tanpa harus memindahkan kepala. Mata bayi menjadi lebih sensitif terhadap cahaya: pada usia tiga bulan, ambang batas deteksi cahaya seorang bayi hanya 10 kali lipat dari orang dewasa. Jadi anda bisa lakukan bila ingin meredupkan lampu sedikit lebih redup untuk tidur siang dan tidur.
  • Tips Stimulasi: Untuk membantu merangsang bayi Anda - untuk perkembangan penglihatan usia 3-bulan, American Optometric Association (AOA) merekomendasikanMenambahkan jenis barang baru ke kamar atau sering mengubah lokasi ayunan atau berbagai barang dan perabot yang ada di dalam ruangan kamar bayi. Berbicara dengan bayi Anda saat Anda berjalan di sekitar ruangan. Jauhkan lampu malam untuk memberikan stimulasi visual ketika mereka terjaga dalam buaian mereka. Sementara bayi harus ditempatkan di punggung mereka untuk tidur untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), menempatkan mereka pada perut mereka ketika mereka terjaga dan Anda bisa mengawasi mereka. Hal ini memberikan pengalaman visual dan motorik. Gunakan lampu redup lampu malam atau lainnya di kamar bayi Anda. Ubah posisi tidur yang sering dan mengubah posisi anak Anda di dalamnya. Jauhkan jangkauan mainan dalam fokus bayi Anda, sekitar 20 sampai 25 cm. Berilah alternatif pada sisi kanan dan kiri secara seimbang saat pemberian minum. Mainan seperti blok bangunan dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan perkembangan otot kecil.

Usia 4-6 bulan

  • Pada usia 6 bulan, kemajuan signifikan telah terjadi di pusat-pusat penglihatan otak, yang memungkinkan bayi Anda untuk melihat lebih jelas dan memindahkan matanya lebih cepat dan lebih akurat untuk mengikuti obyek yang bergerak.
  • Ketajaman visual membaik dari sekitar 20/400 saat lahir kira-kira 20/25 pada usia 6 bulan. Penglihatan warna harus sama dengan orang dewasa juga, memungkinkan anak Anda untuk melihat semua warna pelangi.
  • Selama usia ini, kontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata-tubuh terus meningkatkan.
  • Peningkatan persepsi, adalah kemampuan untuk menilai apakah benda lebih dekat atau lebih jauh dari benda-benda lain, tidak hadir pada saat lahir. Hal ini tidak sampai sekitar bulan kelima bahwa mata adalah mampu bekerja bersama untuk membentuk sebuah tampilan tiga dimensi dari dunia dan mulai melihat secara mendalam.
  • Meskipun penglihatan warna bayi adalah tidak sensitif seperti orang dewasa, umumnya percaya bahwa bayi memiliki penglihatan warna yang baik saat usia lima bulan.
  • Bayi juga memiliki koordinasi mata dan tangan yang lebih baik pada 4 sampai 6 bulan, yang memungkinkan mereka untuk cepat menemukan dan mengambil objek dan akurat mengarahkan botol banyak hal lainnya ke mulut mereka.
  • Usia enam bulan juga merupakan tonggak penting karena ini adalah ketika anak Anda harus memiliki pemeriksaan mata anak pertamanya itu.
  • Meskipun bayi Anda tidak tahu huruf pada wall chart, dokter mata Anda dapat melakukan pengujian non-verbal untuk menilai ketajaman visual nya, mendeteksi rabun jauh, rabun jauh dan astigmatisme, dan mengevaluasi matanya bekerja sama dan keselarasan.
  • Pada pemeriksaan mata pertama ini, dokter juga mencari berbagai kelainan yang mungkin mengganggu perkembangan penglihatan normal dan berkelanjutan di kemudian hari. Untuk pemeriksaan mata paling menyeluruh untuk usia 6 bulan, Anda mungkin ingin mencari jasa seorang dokter mata yang mengkhususkan diri dalam penglihatan anak-anak dan perkembangan penglihatan anak

Usia 7 - 12 bulan

  • Pada usia ini baysudah banyak bergerak. Gerakan merangkak dan melakukan gerakan dengan jarak yang lebih jauh daripada yang pernah anda bisa bayangkan. Dia lebih baik dalam menilai jarak dan lebih akurat pada menangkap dan melempar benda.
  • Ketika bayi Anda mulai merangkak, bermain dengan dia di lantai untuk membantu mengembangkan kemampuan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik.Ini merupakan periode perkembangan penting bagi anak Anda.
  • Pada tahap ini, bayi sedang mengembangkan kesadaran yang lebih baik dari tubuh mereka secara keseluruhan dan belajar bagaimana untuk mengkoordinasikan visi mereka dengan gerakan tubuh mereka.
  • Selama usia ini, kontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata-tubuh terus meningkatkan.
  • Peningkatan persepsi, adalah kemampuan untuk menilai apakah benda lebih dekat atau lebih jauh dari benda-benda lain, tidak hadir pada saat lahir. Hal ini tidak sampai sekitar bulan kelima bahwa mata adalah mampu bekerja bersama untuk membentuk sebuah tampilan tiga dimensi dari dunia dan mulai melihat secara mendalam.
  • Hal ini membutuhkan kecermatan lebih besar untuk menjaga bayi Anda dari bahaya. Benjolan, memar, cedera mata dan luka serius lainnya dapat terjadi saat ia mulai fisik mengeksplorasi lingkungannya. Secara khusus, menjaga lemari yang berisi peralatan pembersih terkunci, dan menempatkan hambatan di depan tangga.
  • Jangan khawatir jika mata bayi Anda mulai berubah warna. Kebanyakan bayi lahir dengan mata biru karena pigmen gelap di iris tidak sepenuhnya dikembangkan pada saat lahir. Seiring waktu, pigmen yang lebih gelap diproduksi iris, yang akan sering mengubah warna mata bayi dari biru menjadi coklat, hijau, abu-abu atau campuran warna.
  • Tips dan stimulasi: Untuk merangsang perkembangan koordinasi mata-tangan-tubuh bayi Anda. Bermainlah derngan bayi anda di lantai dan dorong dia untuk merangkak ke objek mainan. Tempatkan mainan favorit di lantai di luar jangkauan dan mendorong bayi untuk mendapatkannya. Sediakan banyak benda dan mainan yang dapat diraih secara terpisah dan disatukan. Bermain petak umpet game dengan mainan atau wajah Anda untuk membantu bayi mengembangkan memori visual. Nama benda ketika berbicara untuk mendorong asosiasi kata bayi dan pengembangan keterampilan kosakata. Mendorong untuk melakukan gerakan merangkak dan merayap.

Widodo Judarwanto

/sandiazyudhasmara

TERVERIFIKASI

Dr Widodo Judarwanto, pediatrician. "We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life" *** www.growup-clinic.com *** www.alergiku.com www.sulitmakan.com *** www.klinikanakonline.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana