Humaniora

Every Dark Cloud Has A Silver Lining

14 September 2017   23:51 Diperbarui: 15 September 2017   00:21 210 2 1

Idiom "EVERY  DARK CLOUD HAS A SILVER LINING" merupakan kemukaan dari seorang penyair  Inggris yaitu John Milton. Beliau adalah penyair yang berpengaruh  setelah era William Shakespeare. Karya Milton yang paling terkenal  adalah "Paradise Lost" yang menceritakan tentang the temptation of Adam  and Eve by the fallen Angel Satam and their expulsion from the Garden of  Eden, atau bagaimana Adam dan Hawa diusir dari Surga.

Dalam Comus  : A Mask presented at Ludlow Castle,1634 disebutkan frasa "Every Dark  Cloud has a silver lining". Frasa ini mempunyai makna "Setiap awan hitam  mempunyai lapisan perak" yang dapat kita terapkan didalam kehidupan  sehari-hari sebagai nilai moral. Yakni pada setiap kesusahan pasti ada  jalan keluar dan selalu ada hikmahnya. Jelas sekali bahwa idiom tersebut  memiliki hubungan dengan firman Allah yang termaktub dalam QS. Al  Insyiroh ayat 5-6 :

(6)إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5)فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya : "sebab sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan (5) sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan(6)".

Ayat  tersebut semakin memperkuat adanya pernyataan "EVERY DARK CLOUD HAS A  SILVER LINING". Hal ini menjelaskan bahwa Allah menciptakan Kemudahan  (solusi) lebih banyak dibanding Kesulitan (masalah). Disetiap 1 masalah  minimal ada 2 "solusi". Tapi terkadang kita sendiri yang kurang yakin  akan janji Allah dan mudah putus asa.

Ketika kita ditimpa  kesulitan, yakinlah bahwa kesulitan tersebut tidak akan membinasakan  kita. Saat kita ditimpa kesulitan maka hendaklah bersabar, berdoalah,  dan memohonlah kepada Allah swt. agar dipermudah segala urusan kita.  Karena sesungguhnya, Allah tidak akan memberi ujian diluar batas  kemampuan manusia.

Namun, seiring berjalannya waktu, "EVERY DARK  CLOUD HAS A SILVER LINING" berganti menjadi "EVERY CLOUD HAS A SILVER  LINING" atau tiap sesuatu yang terjadi pasti memiliki hikmah didalamnya. Jadi, kita sebagai seorang mukmin, janganlah berburuk sangka  terhadap setiap ujian yang diberikan oleh Allah. Yakinkan pada diri  kalian bahwa setiap masalah atau ujian yang kita hadapi pasti mengandung  hikmah yang dapat kita jadikan pelajaran untuk menjalani kehidupan lebih baik dimasa yang akan datang.

Jadilah pribadi yang kuat.  Tetap tegar menghadapi ujian yang datang silih berganti. Jangan pernah  menyerah. Teruslah berusaha dan berdoa. Jika kita bisa melewatinya,  niscaya Allah akan mengangkat derajat kita.

Ingatlah, akan datang pelangi setelah hujan.