Saepullah
Saepullah karyawan swasta

belajarlah..

Selanjutnya

Tutup

Pisang Cavendish Sunpride Buah Favorit Bagiku dan Keluargaku

13 Agustus 2017   21:35 Diperbarui: 14 Agustus 2017   07:41 73 0 0
Pisang Cavendish Sunpride Buah Favorit Bagiku dan Keluargaku
gerai sunpride di supermarket di Cibinong (dokpri)

Berawal dari kisahku yang sering membawa makanan dari kantor. Sudah menjadi kebiasaan dan peraturan di kantorku yaitu setiap guru wajib bin harus makan di dining room bersama siswa. Ya, kebiasaan ini terkadang membuatku mau tidak mau harus mengikuti peraturan tersebut.

Biasanya menu makanan yang disajikan saat makan siang yaitu mengandung empat sehat lima sempurna. Nasi, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu. Nah, untuk susu hanya disediakan di pagi hari saja sich.

Pada siang itu di Kamis siang yang cerah menu makannya yaitu nasi, cap cay, dan daging rendang, serta untuk buahnya yaitu pisang. Aku mengambil menu makan semua itu. Melihat ada pisang aku pun tertarik untuk mengambilnya dua sekaligus. Mengambil dua pisang ini yaitu satu pisang ketika berbarengan dengan mengambil menu makan siang, dan satunya yaitu saat masih ada sisa pisang makanya kuambil saja daripada mubazir. Hehehe...

Usut punya usut, melihat pisang tersebut kok ada stikernya yang bertuliskan sunpride. Ternyata ini adalah buah yang menjadi favorit keluargaku. Tanpa pikir panjang, aku segera membawa pisang ini pulang ke rumah. Aku sengaja tidak memakannya karena perutku sudah kekenyangan. Jadi akan kubawa pulang saja untuk makan di rumah bersama keluargaku. Lumayan kan meskipun di rumah juga sudah selalu sedia buah-buahan.

Sore menjelang. Saat kusampai di rumah, kulihat anakku yang kedua sedang tidur. Kebiasaanku saat sampai di rumah selalu mencium kening istri dan juga anak-anakku. Saat mencium kening si bungsu, dia pun terbangun. Lalu kukatakan bahwa aku membawa pisang kesukaannya, pisang sunpride yang kubawa. Fathir masih tidak mengindahkan hal tersebut. Lalu kutaruh saja pisang tersebut di atas meja makan. Pada saat bersamaan, buah-buahan di rumah sedang habis, jadi hanya pisang cavendish produk sunpride yang kubawa dari sekolah saja yang ada.

Tiba-tiba si sulung, zaza datang dan langsung menyambut pisang tersebut. Tanpa pikir-pikir zaza langsung menghabiskan pisang tersebut. Fathir pun menangis. Ingin juga makan buah pisang cavendish sunpride tersebut. Karena kondisi sudah malam, aku dan juga istri menjanjikan kepada Fatir untuk membeli buah pisang cavendishnya keesokan hari.

Keesokan harinya, aku dan dua krucilku berangkatlah menuju supermarket di kawasan Cibinong untuk membeli pisang cavendish. Saat-saat membeli buah seperti inilah saat kami merasakan harmonisasi bersama keluarga. Ditemani buah pisang cavendish yang turut menjaga kestabilan dan imunitas tubuh.

Awalnya aku menganggap bahwa pisang cavendish adalah pisang impor karena struktur kulitnya yang halus, rasanya yang manis, dan warnanya yang kuning cerah. Begitupun pisang ini merupakan pisang yang populer di seluruh dunia. Namun, aku salah, ternyata pisang cavendish itu dikembangbiakkan di Lampung tepatnya di kebun milik group Gunung Sewu. Cavendish is local fruit from Indonesia begitulah tanggapanku akhirnya.

Pisang cavendish merupakan pisang yang dibiakkan dengan sistem kultur jaringan. Kultur jaringan ini memiliki kelebihan yaitu berupa terhindarnya dari penyakit yang sering menyerang pada pohon pisang kebanyakan yaitu layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Nah, pisang cavendish sunpride yang dijual di pasaran ini ada tiga jenis yaitu cavendish single, cavendish finger, dan cavendish cluster. Pisang cavendish single ini dijual dalam bentuk dikemas dalam kantong plastik khusus yang berlubang karena hanya terdiri dari 1 finger. Pengemasan khusus ini akan berguna dalam menjaga suhu buah sehingga tidak menyebabkan jamur. Cavendish finger dijual dengan terdiri dari 1-2 fingers. Sedangkan cavendish cluster dijual dengan terdiri dari 3-8 fingers.

anakku yang kecil menikmati makan buahmalam di pagi hari (dokpri)
anakku yang kecil menikmati makan buahmalam di pagi hari (dokpri)

Semakin menjadi buah favorit bagiku dan keluargaku karena buah pisang cavendish ini sangat unik dan menggoda selera untuk menikmatinya. Selain itu sebagaimana yang diketahui bahwa manfaat dari buah pisang itu sangat banyak ya.. Ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang ini, antara lain:

Kandungan karbohidrat sebanyak 23 gram

Kandungan protein sebanyak 1 gram

Kandungan zat besi sebanyak 0,3 miligram

Kandungan serat sebanyak 3 gram

Kandungan sodium sebanyak 1 miligram

Kandungan magnesium sebanyak 34 miligram

Kandungan folat sebanyak 25 mikrogram

Kandungan mangan sebanyak 0,3 miligram

Kandungan kalium sebanyak 450 miligram

Kandungan potassium sebanyak 400 miligram

Kandungan vitamin A sebanyak 81 UI

Kandungan vitamin B6 sebanyak 0,5 miligram

Kandungan vitamin C sebanyak 9 miligram

Kandungan riboflavin / vitamin B12 sebanyak 0,1 miligram

Kandungan niacin / vitamin B3 sebanyak 0,8 miligram

Melihat banyaknya kandungan vitamin dan mineral tersebut, membuatku semakin semangat dan mendukung penuh kesukaan anakku terhadap buah pisang ini terutama buah cavendish. Pantas saja anakku yang kecil menangis saat kakaknya menghabiskan pisang cavendish yang disukanya. Di pagi hari si kecil selalu menikmati buah pisang, siang pun demikian bahkan sore dan malam juga menikmatinya. Kakaknya pun tak mau ketinggalan, membawa pisang cavendish sebagai menu bekal makan nya untuk di sekolah. Pisang pasti sunpride. Sungguh pisang cavendish sunpride memang buah favorit kesukaan bagiku dan keluargaku. Nah, terakhir yukss disimak vidio 3vlog yang kubuat tentang hobi makan buah anak-anakku. Lets check it out!!!


pisang cavendish sunpride dan struk pembelian (dokpri)
pisang cavendish sunpride dan struk pembelian (dokpri)

logo sunpride (diambil dari www.sunpride.co..id)
logo sunpride (diambil dari www.sunpride.co..id)