1. Penambahan atau Pengembangan Varian Produk
Produk ini menggunakan inovasi berupa sponce yang anti air (water proof) sebagai bahan baku pembuatan tas kami. Produk ini diperlukan guna memenuhi kebutuhan konsumen terkait dengan penggunaan tas untuk berbagai kegiatan yang berbeda. Kegunaan Produk Inovasi yang dimiliki adalah produk tas yang dapat dijadikan sebagai tas jinjing, tas selempang, dan tas punggung.Â
Kemudian, produk kami bersifat fleksibel yang berarti dapat digunakan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.Â
Keunggulan produk kami adalah sebagai berikut, yaitu: sederhana yang berarti penggunaannya yang mudah, needs adjustment yang berarti penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, dan harganya yang dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat, terutama masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah dan menengah ke atas. Selanjutnya, keunggulan lainnya dari produk ini adalah produk ini tahan terhadap air sehingga aman digunakan waktu hujan.
Proses yang dilakukan untuk menghasilkan inovasi produk tas multifungsi ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama, desain produk. Kami mendesain produk tas multifungsi yang akan diproduksi sesuai dengan kreativitas dan kerja sama team untuk mendapatkan desain produk tas multifungsi yang sebelumnya belum pernah ada dan berbeda denga tas multifungsi yang sudah ada saat ini.Â
Kedua, pengumpulan bahan. Kami mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk produk tas multifungsi ini dari toko-toko tekstil, seperti spons sebagai bahan baku pembuatan tas, zipper, centolan, dan lain sebagainya. Toko-toko tekstil yang kami kunjungi berada di daerah Tanah Abang, Kota Jakarta. Ketiga, produksi tas.Â
Setelah mengumpulkan dan mendapatkan seluruh bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi tas, kami mengirimkan seluruh bahan tersebut ke jasa konveksi tas yang berada di Kota Yogyakarta. Jasa konveksi tas yang berada di Kota Yogyakarta yang kami gunakan adalah "OM FAHMI" dan tidak memiliki minimal produksi sehingga hal ini mempermudah kami untuk merencanakan jumlah tas yang akan kami produksi.Â
Terakhir, packaging produk. Packaging produk kami menggunakan tote bag berwarna hitam dan diberikan label "Haven Studios" sebagai upaya pemasaran untuk mencerminkan citra, karakteristik, dan identitas dari produk serta brand dari usaha kami.
Adapun pengembangan varian produk yang akan kami laksanakan kedepannya adalah kami akan menambah satu jenis warna lagi untuk produk tas multifungsi kami selain warna yang ada saat ini (hitam dan biru), yaitu: warna hijau.Â
Warna hijau yang akan kami pakai adalah army green, dikarenakan kami ingin menyesuaikan warna hijau tersebut dengan segmen pelanggan kami, yaitu: laki-laki. Selain itu, kedepannya kami juga akan melakukan pengembangan produk berdasarkan kritik dan saran yang telah kami peroleh dari pelanggan-pelanggan yang telah membeli produk tas kami.
2. Pengembangan atau Penyesuaian Segmen Pelanggan