Wanita Tertua yang Hidup di Tiga Abad

02 Desember 2016 18:48:37 Diperbarui: 02 Desember 2016 18:54:22 Dibaca : Komentar : Nilai :
Wanita Tertua yang Hidup di Tiga Abad
document (Malay Mail Harian Malaysia)


Emma Morano seorang wanita ,yang  dinobatkan oleh Guinness World Record.yang dinyatakan adalah wanita  tertua saat ini dan 3 hari lalu sudah berumur 117 tahun.

Emma lahir pada 29 Nopember 1899 .Ketika dewasa, ia menikah dan dikaruniai  seorang anak laki-laki.

Akan tetapi hidup pernikahannya sama sekali jauh dari yang diimpikannya.Bukan mendapatkan belaian kasih sayang dari pria yang menikahinya,malahan Emma menjadi korban kekerasan dalam rumah tangganya.Karena itu ketika anak laki laki satu satunya,yang tadinya membuat ia mampu bertahan disiksa suaminya,namun ketika anakn tunggalnya meninggal dunia,maka ia memutuskan untuk berpisah dari suaminya.

Bekerja di pabrik

Sejak perceraiannya, maka untuk menghidupi dirinya Emma bekerja selama 20 tahun di pabrik yang memproduksi karung .Hasil kerja kerasnya,dibelikannya apartement dengan dua kamar,yang merupakan satu satunya harta nya. Sejak 20tahun lalu,berarti dalam usianya yang sudah mencapai 97 tahun,Emma sudah lebih banyak menghabiskan hidupnya di apartemennya. 

Bahkan sejak tahun lalu, Emma lebih banyak menghabiskan waktunya ditempat tidur. Walaupun pikirannya tidak mengalami kepikunan,namun  karena telinganya tidak bisa mendengar dengan baik lagi juga matanya  tidak berfungsi dengan baik,, sehingga dia tidak bisa menonton TV .

Rahasia hidup panjang unur.

Menurut Emma yang diwanwancarai oleh Guinness World Records yang menerbitkan sertifikat untuk orang tertua pada saat ini Emma berkata “I eat two egg a day and that's it.And Cookies ,But I do not eat much because I have no teeth” Jadi menurut Emma dia hanya makan 2 butir telur setiap hari dan ditambah sedikit kue kue,karena giginya sudah tidak bisa mengunyah dengan baik. Tidak dijelaskan apakah Emma ,selain dari makan telur dan makankue kue,juga mengonsumsi buahan atau minuman lainnya.

Ulang Tahunnya Dirayakan Besa rBesaran

Pada tanggal 29 Nopember yang lalu ,Silvi,wali kota dimana Emma domisili di Italia ,mempersiapkan sebuah acara meriah ,untuk merayakan hari Ulang tahun Emma yang ke 117tahun.Dengan menyelenggarakan konser musik dari 3 jaman ,khusus untuk Emma. Ternyata  banyak sekali tamu yang hadir diulang tahunnya Baikdari Amerika ,Switseland,Austria,Turin,Milan dan lain-lainnya

Kata Emma “They come from all over to see me” “Peoples come.I don't invite anybody but they come.”

Saya tidak mengundang seorangpun, tapimereka datang untuk melihat saya walaupun saya tidak mengundangmereka.Tentu saja ,sebuah surprise bagi Emma ,mendapatkan perhatian begitu besarnya dari orang orang diberbagai belahan dunia

Kue ulang tahun

Akan tetapi,Emma hanya  bisa mencicipi kue ulang tahunnya  karena menurut Emma “The last time I ate a Little,but then I did not feel good” Walaupun demikian, ia masih mencicipi kue ultahnya yang megah.

Emma adalah wanita tertua yang hidup ditiga abad yaitu lahir ditahun 1899 diabad ke 19 kemudian mampu bertahan hingga diabad ke 20 dan kini, ia merayakan hari ulang tahun ke 117 ditahun 2016 yang merupakan abad ke 21. 

Ada banyak tips untuk hidup dan berusiapanjang,Tetapi Emma mengatakan bahwa ia hanya makan dua butir telur setiap hari dan makan kue. Bagaimana dengan kita,mungkinkah kita bisa menyamai rekord Emma? Time will be the witness. Waktulah yang akan menjadi saksi.

(sumber:  Malay Mail /01-12-16)

Perth,2 Desember 2016.

Salam saya,

Roselina.


Roselina Tjiptadinata

/roselinatjiptadinata

TERVERIFIKASI

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL humaniora
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article