Ronald Wan
Ronald Wan Trader and Freelancer

@Pseudonym. Love to read, Try to Write

Selanjutnya

Tutup

Fakta Menarik tentang Transfer di Sepak Bola Profesional

18 Juni 2017   08:27 Diperbarui: 18 Juni 2017   09:21 121 7 5
Fakta Menarik tentang Transfer di Sepak Bola Profesional
Cristiano Ronaldo (Goal.com)

Cristiano Ronaldo membuat heboh jagat persepakbolaan profesional. Ronaldo melalui agennya memberitahu ke Real Madrid keinginan untuk keluar. Ada dua alasan, pertama adalah karena Ronaldo terkena tuduhan penggelapan pajak oleh pemerintah Spanyol. Kedua adalah Ronaldo merasa fans Real Madrid kurang mendukung dirinya. Diperkirakan nilai transfer Ronaldo bisa mencapai 150 Juta Poundsterling atau hanya sekitar Rp. 2,55 triliun saja (kurs Rp.17.000)

 Transfer para pemain sepakbola profesional memang menarik untuk diamati. Nilai transfer ditentukan oleh beberapa faktor :

  • Usia pemain, biasanya pemain sepakbola matang di usia 20an. Jika pemain berada pada usia yang matang maka nilai transfer akan semakin tinggi.
  • Sisa kontrak dengan tim yang sekarang.
  • Posisi pemain dalam tim. Penyerang biasanya akan memiliki nilai transfer yang paling besar dibanding posisi lainnya.
  • Kewarganegaraan, biasanya nilai pemain nasional lebih mahal dibanding pemain internasional. Hal ini berlaku terutama di Inggris.
  • Nilai komersil, Cristiano Ronaldo yang sangat populer akan memiliki nilai transfer yang lebih besar dibanding pemain lain yang belum terkenal. Walaupun bisa saja pemain itu memiliki kemampuan yang lebih baik.

Pemain sepakbola pertama yang ditransfer sejak legalisasi profesionalisme di olahraga, adalah penyerang Skotlandia Willie Groves dengan nilai 100 Poundsterling. Dari West Bromwitch Albion ke Aston Villa pada tahun 1893.

 Nilai Transfer terbesar sejak tahun 2001 adalah,

  • 2001, Zinadine Zidane dari Juventus ke Real Madrid. 46,6 juta Poundsterling
  • 2009, Kaka dari AC Milan ke Real Madrid. 56 juta Poundsterling
  • 2009, Cristiano Ronaldo dari Manchester United ke Real Madrid. 80 juta Poundsterling
  • 2013, Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. 86 juta Poundsterling
  • 2016, Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United. 89 juta Poundsterling

Real Madrid adalah pemegang rekor nilai pembelian pemain sejak tahun 2000. Dimulai dengan membeli Luis Vigo dari Barcelona dengan nilai 37 juta Poundsterling pada tahun 2000. Sebelum rekor dipecahkan oleh pembelian Paul Pogba oleh Manchester United pada tahun 2016.

Jose Mourinho, dua kali memecahkan rekor nilai transfer. Pada saat melatih Real Madrid dengan membeli Cristiano Ronaldo dari MU serta tahun 2016 dengan membeli Paul Pogba dari Juventus untuk MU. Mou sendiri memegang rekor nilai transfer pelatih nomor dua terbesar dengan nilai 6,8 juta poundsterling, saat pindah dari Inter Milan ke Real Madrid. Nilai terbesar transfer pelatih dipegang Andre Villa Boas saat pindah dari Porto FC ke Chelsea yaitu 13,3 juta Poundsterling.

Syarat dalam transfer pemain bukan hanya berupa uang transfer. Namun juga bisa termasuk uang bonus yang akan diberikan ke klub asal jika sang pemain bisa dijual oleh klub pembeli dengan nilai yang lebih besar dari nilai belinya saat ini serta bonus lainnya. Sebagai contoh perjanjian transfer Reevaldo Marcelo Do Tirano dari Maracana (Brasil) ke Paddington United (Inggris) senilai 6 juta Poundsterling. Selain mendapat uang transfer Maracana juga akan mendapatkan,

  • 1,5 juta Poundsterling setelah Reevaldo bermain dalam  25 pertandingan resmi.
  • 1 juta Pounsterling setelah Reevaldo bermain dalam 50 pertandingan resmi
  • 1 Juta Poundsterling jika Reevaldo telah membuat 15 gol dalam pertandingan resmi.
  • 500 ribu Poundsterling jika Reevaldo telah membuat 25 gol dalam pertandingan resmi.
  • 500 ribu Poundsterling jika Paddington United bisa masuk dalam 10 besar liga Inggris.
  • 500 ribu Poundsterling jika Reevaldo terpilih menjadi pemain terbaik selama masih bersama Paddington United
  • Komisi sebesar 20% dari kelebihan total nilai yang diperoleh dari perjanjian transfer ini.

Kalau semua klausul tersebut bisa terwujud maka Maracana akan mendapatkan total 11 juta Poundsterling. Belum termasuk komisi jika Reevaldo terjual lebih dari total penerimaan dari perjanjian transfer.

Selain transfer,  pemain juga bisa pindah klub dengan status pinjaman. Terkadang pinjam pemain juga termasuk dalam perjanjian transfer. Sebagai contoh pembelian Dimitar Berbatov oleh Manchester United dari Tottenham Hotspur tahun 2008,  dikaitkan dengan peminjaman Fraizer Campbell dari MU ke Tottenham.

Sumber   Wikipedia "World football transfer"  ;  Wikipedia " Transfer"  ;  Reevaldo.com  ;  Metro.co.uk


Salam

Hanya sekedar berbagi