Sahur Sudah Banyak Minum Kok Tetap Kehausan

10 Juli 2013 13:31:14 Dibaca :

Pasa: Gimana hari pertama puasa? Kelaperan nggak? Hauz: Lapernya sih masih ketahan. Cuman hausnya nih nggak ketulungan. Padahal sahur aku sudah minum banyak banget lho. Kenapa ya? Pasa: Mungkin karena suhu AC di kantormu dingin sekali. Suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan dehidrasi lho. Pertama karena tubuh otomatis berusaha mempertahankan panas tubuh, dan ini akan memyebabkan penguapan lewat pernafasan. Secara fisiologis, tubuh juga mengkerut atau vasokonstriksi, ini menyebabkan jadi sering kencing. Akibatnya cairan tubuh banyak yang keluar. Tapi kalau masih di dalam ruangan, kita nggak akan merasa haus. Kalau sudah di luar seperti di masjid ini, baru terasa hausnya. Hauz: Betul tuh. AC di ruanganku dingin banget. Biasanya sih aku oke-oke saja. Tapi kalau pas puasa gini jadi terasa menderita kedinginan. Dan emang pas di dalam aku nggak merasa haus, tapi lemes saja. Pasa: Awas lho. Bisa jadi itu tanda dehidrasi. Baiknya kamu pake baju hangat di dalam kantor, terus juga jangan malas-malas bergerak. Kebiasaan orang puasa, karena takut lemes, malah males bergerak. Akibatnya suhu tubuh jadi turun, jadi kedinginan. Hauz: Oke deh. Kamu merasa haus laper nggak? Pasa: Ah gampang. Tinggal mbayangin makanan dan minuman, hilang lapar dan haus. Hauz: Batalll tauu.....

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?