Mohon tunggu...
Mohammad Caesario
Mohammad Caesario Mohon Tunggu... Dokter Umum -

Nama saya Mohammad Caesario, seorang dokter yang gemar menulis terutama tentang masalah bedah dan seks.

Selanjutnya

Tutup

Money

Bank Danamon Dengan Pelayanan Penagihan Terburuk Sedunia

19 Maret 2015   12:07 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:26 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Saya telah menjadi nasabah Bank Danamon dengan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan) dengan nomor rekening 3566680561 dan telah berjalan dua tahun lebih dan pernah top up sebanyak satu kali. Berita baiknya saya merasa senang untuk permudahan urusan top up yang juga dikarenakan riwayat SID (BI Checking) saya yang belum pernah menunggak sama sekali, bahkan ke beberapa Bank sekaligus.


Berita buruknya, saya menemui bagian collect atau penagihan dengan pelayanan super buruk, atau bisa dibilang paling buruk sedunia. Ini bukan sekedar emosi saya semata, karena semenjak dua tahun yang lalu memang bagian penagihan bank ini tidak memiliki koordinasi pelayanan yang baik, sehingga mereka tidak mengindahkan kenyamanan nasabah sama sekali khususnya saya.


Jatuh tempo pembayaran saya adalah tanggal 19 setiap bulannya, mulai dari tanggal 17 hingga tanggal jatuh tempo, dalam satu hari bagian penagihan ini bisa menelpon saya hingga 4-5 kali dengan orang yang berbeda-beda, dan yang paling cukup risih, mereka tidak mengenalkan nama sama sekali seperti etika dalam melakukan komunikasi dua arah lewat telepon.


Dalam percakapan saya yang terakhir dengan seorang wanita yang hanya bicara terus tidak mau disela, saya sempat bertanya, "perlu berapa kali saya ditelepon seolah-olah saya tidak pernah bayar atau selalu telat?", namun si penelepon wanita misterius tersebut hanya berkelit, "selama bapak belum bayar, bapak akan terus diingatkan, tidak peduli riwayat pembayaran bapak baik atau buruk!"


Dalam percakapan di telepon tersebut, emosi saya sempat tersulut karena memang tidak ada kata maaf atau terima kasih dari bagian penagihan tersebut seolah-olah saya memiliki riwayat pembayaran atau collect yang buruk.


Saya sendiri secara pribadi mengerti bahwa bagian collect ini adalah hanya karyawan yang diminta oleh atasannya, dalam artian ini saya memiliki opini bahwa manajemen bagian penagihan Bank Danamon ini sangatlah buruk, boleh saya katakan terburuk sedunia! Saya punya histori menjadi nasabah dari beberapa Bank, dan rata-rata seperti Bank Mega, Bank BNI, dan Bank ANZ, memiliki staff dan karyawan di bagian penagihan yang sangat ramah dengan mengenalkan diri terlebih dahulu dan sebelum berbicara selalu menanyakan apakah saya sibuk atau tidak dengan kata maaf terlebih dahulu.


Para pembaca, saya amat sangat menyarankan agar lebih berhati-hati dalam memilih layanan kredit perbankan khususnya untuk produk dari Bank Danamon, kalau memang Anda tidak mau kecewa dan emosi khususnya ketika Anda ditagih dan disangka tidak pernah bayar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun