Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

7 yang Saya Perbuat untuk Indonesia

17 Agustus 2017   20:00 Diperbarui: 24 Agustus 2017   14:32 882
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

7 Tanda Saya Berbuat Untuk Indonesia

Sudah Berbuat Apa untuk Indonesia?

Sederhana, namun pertanyaan  itu sulit untuk saya jawab. Sebagai seorang perempuan yang lahir, tumbuh, dan besar di Indonesia, dengan orang tua yang keduanya asli Indonesia, cinta saya kepada bangsa ini begitu besar.

Tunggu dulu, Cinta Bangsa? Seperti apa buktinya? Duh, apa ya? Yang jelas, saya selalu ingat jika dulu Presiden Amerika Serikat yang ke-35, John F. Kennedy ketika pidato Pelantikannya tahun 1961 pernah bilang "Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan pada negaramu."

Presiden Republik Indonesia ke-1 Soekarno pun pernah mengungkapkan yang sama. Bila ditanya apa yang sudah saya perbuat untuk Indonesia, memang pandangan orang biasanya akan langsung beralih kepada para orang-orang hebat.

Mereka yang terdiri dari negarawan, usahawan, ilmuwan, olahragawan, selebriti dan lainnya yang wara-wiri di berbagai media, mulai dari media televisi, cetak, maupun siar. Mereka yang punya berbagai prestasi ngetop dan memiliki lencana yang banyak.

Lalu saya?

Terus terang, terkadang rasa iri muncul  saat melihat berbagai deretan prestasi yang didapatkan oleh mereka yang dianggap berprestasi. Saat ke lobby gedung A Departemen Pendidikan dan Kebudayaan misalnya, selain para mantan menteri, juga dipajang sejumlah orang yang berprestasi di bidang pendidikan.

Saya perempuan biasa. Lalu apa yang telah saya perbuat untuk Indonesia? Ah, saya lupa jika saya memiliki tubuh dengan anggota tubuh yang lengkap dan kemampuan berpikir yang baik. Dengan itu, saya sebenarnya mampu untuk berbuat untuk Indonesia.

Lalu, apa yang telah perbuat Indonesia? Baiklah, tanpa muluk-muluk, saya akan bilang saya telah melakukan tujuh hal ini untuk Indonesia:

1. Bersyukur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun