Yuk, Lakukan Cara Ini untuk Dapatkan Perut Six Pack

16 Mei 2017 07:24:11 Diperbarui: 16 Mei 2017 09:09:10 Dibaca : 80 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :
Yuk, Lakukan Cara Ini untuk Dapatkan Perut Six Pack
110-perut-sixpack-591ac1ac4f7a61d51f8d4000.png



Memiliki perut six pack memang menjadi idaman banyak pria. Di manapun Anda berada memang selalu ada yang menjanjikan rahasia untuk mendapatkan perut yang six pack. Beberapa rahasia memang memberikan hasil yang memuaskan, tapi yang lainnya tidak. Kalau sudah seperti ini bagaimana ya?

Sebenarnya perut six pack bisa didapatkan oleh siapa saja. Yang terpenting, Anda mengetahui cara yang tepat untuk mendapatkannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi mendapatkan perut six pack, seperti latihan kardio, angkat beban dan diet. Namun, apakah semua cara tersebut tepat untuk dilakukan?

Tak perlu khawatir, berikut ini kita akan membahas cara sederhana untuk bisa mendapatkan perut six pack.

  • Menjaga pola makan
    Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan perut six pack adalah dengan menjaga pola makan secara teratur. Hindarilah makan-makanan yang akan menimbulkan minyak berlebih karena kalau tidak usaha Anda akan sia-sia. Cukupilah tubuh dengan nutrisi yang diperlukan sehari-hari.

  • Latihan
    Hal terpenting yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan perut six pack adalah dengan mengurangi lemak pada perut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan latihan kardio secara rutin. Namun sebelum melakukan kardio, Anda bisa latihan mengangkat beban untuk membantu membakar lemak lebih banyak.

  • Latihan perut (sit up)
    Sit up adalah olahraga wajib yang dilakukan apabila Anda ingin mendapatkan perut six pack. Namun, jangan sesekali meremehkan gerakan ini karena sit up yang berlebihan saat tubuh belum siap akan mengakibatkan cedera.

Cara terbaik untuk melakukan sit up yaitu dengan mengambil porsi terkecil saat baru  memulai. Sebab, sit up ini akan dilakukan dalam waktu yang lama dan harus dilakukan secara rutin. Jadi, saat Anda mulai melakukan sit up maka Anda bisa melakukan 5 sampai 7 gerakan terlebih dahulu. Apabila tubuh sudah terbiasa, Anda bisa menaikkan jumlah gerakannya.

  • Latihan otot perut bagian bawah
    Baringkanlah tubuh Anda di lantai yang datar dengan posisi kaki sedikit bengkok dan angkat kaki sampai membentuk sudut 45 derajat. Tahan selama beberapa hitungan lalu kembali ke posisi semula. Lakukan cara ini berulang kali.

  • Latihan otot perut bagian samping
    Posisikan tubuh berdiri tegap dengan kedua tangan memegang dumbbell.  Posisikan tangan Anda lurus di samping badan lalu gerakkan tubuh ke kiri hingga otot samping perut merasakan tekanan secara perlahan. Tahan dalam beberapa hitungan lalu kembali ke posisi awal. Hindarilah melakukan latihan ini secara berlebihan dan menggunakan beban terlalu berat karena dapat mengakibatkan cedera pinggang.

  • Pola diet
    Untuk mendapatkan perut six pack maka Anda perlu menerapkan pola diet. Anda bisa menghitung kalori atau rendah karbohidrat sehingga dapat mencegah konsumsi makanan secara berlebihan.

  • Perbanyak minum air putih
    Perut tidak hanya tertutup oleh lemak tapi juga air. Saat Anda kekurangan cairan maka tubuh akan mengikat air. Untuk itulah, Anda perlu minum air putih dengan cukup minimal 2-2 liter dalam sehari. Dengan mencukupi tubuh dengan cairan yang diperlukan maka metabolisme akan meningkat sehingga kinerja sistem tubuh akan berjalan dengan baik.

  • Istirahat yang cukup
    Otot terbentuk saat kita melakukan latihan dan istirahat. Oleh karena itu, Anda perlu beristirahat dengan cukup yaitu 7 sampai 8 jam sehari. Selain itu, pembakaran lemak paling tinggi terjadi saat kita sedang dalam konddisi tidur.

Itu dia tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perut six pack. Setelah Anda merasa melakukan semua cara-cara di atas, tapi tidak ada perkembangan maka Anda perlu melakukan evaluasi. Apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Selamat mencoba!

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana