Mohon tunggu...
r dhenis
r dhenis Mohon Tunggu... seniman -

Pekerja seni

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Ibarat Ditutup Sebelah Mata, Ketika Buta Akan Pengetahuan dan Berita

22 Agustus 2017   00:51 Diperbarui: 22 Agustus 2017   08:36 3120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sungguh ironis saat keluar rumah kita tidak tau apa yg terjadi di luar sana, bagai katak dalam tempurung, ketika di buka tempurungnya hanya terdiam karena bingung harus berbuat apa dan kemana dia harus melompat. Pengetahuan dan berita adalah hal yang wajib kita ketahui, pengetahuan akan berita sangat berpengaruh bagi kehidupan terutama aktivitas keseharian yang berhubungan dengan teknologi, peristiwa atau hal lainnya. Hal ini pernah saya alami sendiri ketika saya sedang kerja dan harus ke luar negri tahun 2007 yang lalu, sekitar 2 bulan saya tidak di indonesia karena harus menyelesaikan kerjaan di negri orang. 

Saat saya kembali ke tanah air, saya sempat bingung ada beberapa perubahan di negri saya sendiri. Dua hari setelah di jakarta, saya yang sedang mengendarai motor tiba-tiba di tilang pak polisi. Dengan tanpa dosa saya perlihatkan surat-surat kendaraan, namun pak polisi tetap menilang saya, pasalnya saya melanggar peraturan lalu lintas ujar pak polisi. Lalu saya menanyakan kesalahan melanggar apa hingga saya di tilang, ternyata saya tidak menyalakan lampu depan motor saya. Peraturan lalu lintas yang baru adalah wajib setiap kendaraan bermotor roda dua untuk menyalakan lampu utama baik siang maupun malam. Itu sudah berlaku 2 bulan yang lalu ketika saya di negri orang. Selama 2 bulan itu juga saya tidak melihat berita atau pengetahuan apapun di luar sana karena sibuk dengan kerjaan.

Setelah itu saya sadar sebegitu pentingnya pengetahuan akan berita bagi kita, hanya berjarak 2 bulan tanpa update berita aja saya udah ketinggalan perkembangan tentang dunia luar. Bayangkan jika kita hidup tanpa pengetahuan dan berita selama 1 tahun atau 10 tahun apalagi seumur hidup. Mungkin orang lain udah bisa terbang ke planet mars sementara kita masih memikirkan gimana cara membuat sepeda. Yang ada malah jadi bahan olok-olokan bagi mereka yang sudah ada di atas sana.. hahaha. Seperti halnya jaman purbakala yang tanpa ada teknologi atau pengetahuan berita apapun.

Ilustrasi : satunama.org
Ilustrasi : satunama.org
Dengan marak nya sajian pengetahuan dan berita yang kian bersaing, dari berupa media surat kabar, majalah, radio serta televisi, menjadikan banyak pilihan yang bisa kita lihat. Namun mendapatkan berita yang update serta aktual dan syarat akan "anti hoax" itu perlu kita saring, karena tidak semua berita itu pasti akurat dan benar. 

Sementara ini yang bisa kita dapatkan berita aktual dan "anti hoax" mungkin hanya lewat televisi, karena reporter koresponden tiap stasiun televisi tersebar dimana-mana. Jadi memungkinkan bagi mereka untuk berburu hingga mendapatkan berita yang ter-update dan akurat. Sedangkan bagi kita para pekerja atau karyawan yang kesehariannya bekerja dari pagi jam 07.00 wib sampai dengan pulang petang jam 19.00 wib tiba di rumah, belum tentu sempat menonton berita serta pengetahuan yang di sajikan oleh setiap stasiun televisi, karena sudah lelah dengan pekerjaan dan ingin istirahat.

Ilustrasi : serbacara.com
Ilustrasi : serbacara.com
Bagaimana kita bisa dapat pengetahuan dan berita jika aktifitas rutin tersebut tak pernah lepas dari keseharian kita? Dalam hal ini, setiap orang kini sudah pasti memiliki media sosial, baik dari jalur internet maupun komunitas individual yang mungkin dapat membantu untuk kita mendapatkan pengetahuan serta berita tentang sekitar dan dunia di luar sana. 

Namun untuk tingkat akurat dan dapat di pertanggung jawabkan akan "anti hoax" atau tidaknya kita belum bisa menjadikan tolak ukur akan keasliannya. Berbagai bentuk sajian applikasi tentang pengetahuan dan berita yang beredar untuk kita gunakan, tapi kita juga harus bisa memilah dan memilih mana yang bisa di jadikan acuan agar tidak termakan berita palsu. Berangkat dari sini, saya sudah mencoba beberapa applikasi yang menyangkut pengetahuan dan berita. Kini saya menemukan baru Kurio lah yang mampu menyajikan berita terupdate dan "anti hoaks" untuk pengetahuan dan berita manca negara serta daerah sekitar. Dengan begitu saya bisa mendapatkan berita terupdate dan tidak khawatir akan kesimpang siuran atas berita yang di sajikan karena Kurio "anti hoax".

Ilustrasi : kurio.co.id
Ilustrasi : kurio.co.id
Seperti apa Kurio menyajikan berita dan pengetahuan? Mari kita lirik ke hp yang kita miliki masing-masing, untuk tipe android bisa mengunduh Kurio melalui applikasi google play. Di dalamnya terdapat banyak laman-laman menarik yang syarat akan pengetahuan dan berita. Bagaimana kita bisa mendapatkan berita terkini tanpa harus selalu membuka situs atau applikasi tersebut? Jika kita ingin mendapatkan berita tanpa harus membuka applikasi tersebut, sebelumnya kita mesti mendaftarkan akun dahulu di Kurio, agar Kurio mengenal kita dan siap berbagi berita kepada kita. Apabila kita sibuk dengan pekerjaan, gimana kita sempat membacanya agar berita itu tidak hilang? Dalam laman Kurio terdapat tombol untuk menyimpan agar berita bisa dibaca nanti tanpa harus takut berita itu hilang atau tertimpa berita baru. Demikianlah kelebihan Kurio, begitu menarik dan mudah kan cara menyimak berita dalam Kurio, ini sangat cocok buat kita-kita yang memang kesulitan waktu dan haus akan berita serta pengetahuan.

Ilustrasi : googleplay.com
Ilustrasi : googleplay.com
Jadi sekarang dimanapun, kapanpun, saya tetap bisa mendapatkan pengetahuan dan berita terkini dari Kurio. Tanpa harus menonton televisi karena waktu yang sulit akan aktifitas rutin keseharian. Applikasi berita apakah yang anda miliki kini sudah syarat akan keakuratannya dan bisa membuat anda jauh lebih tahu dari pada orang lain? Saya rasa belum ada yang bisa lebih tahu selain Kurio yang menjawab keingintahuan kita akan berita sekitar kita. Sehingga ketika anda keluar rumah tidak lagi "Kudet" atau kurang update karena ketinggalan berita tentang sekitar kita. Saya pun demikian, dengan Kurio saya merasa jauh lebih tahu dari mereka-mereka yang mungkin belum tahu tentang sekitar sampai ke manca negara. Terima kasih Kurio.

Salam hangat

Penikmat Berita

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun