Musholla-ku "Nurul Hidayah"

4 Juni 2017   11:48 Diperbarui: 7 Juni 2017   23:22 72 3 0

[caption caption="Musholla Nurul Hidayah"][/caption]

Sejak menikah ku diboyong oleh suami dan tinggal di Perum. Pondok Ungu Permai, Kota Bekasi. Namanya rumah tangga baru... semua masih serba canggung dan kaku. Termasuk bersosialisasi dengan tetangga. Untungnya ku dulu saat duduk di bangku sekolah sering menjadi pengurus kelas sehingga rasa canggung dan kekakuan itu tidak berlangsung lama. Semua berjalan sesuai keinginan. Termasuk juga sosialisasi di tempat ibadah yang kebetulan di RW tempat tinggal ku ada 3 masjid dan 1 musholla. Dan yang terdekat dengan rumahku ya musholla... jadilah beribadah ke musholla. 

[caption caption="Musholla Nurul Hidayah"]

[/caption]

Musholla ku bernama Musholla Nurul Hidayah. Bentuknya masih sangat sederhana. Pintu - pintunya pun masih terbuka. Musholla dikelola oleh DKM yang diketuai oleh bpk Ahmadi, sekretaris bpk Surawan, dan bendahara oleh bpk Lukman dan kini digantikan oleh bpk Dakir. Kegiatan - kegiatan musholla pun banyak dilakukan. Baik kegiatan rutin maupun kegiatan seremonial. Peringatan - peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dilakukan secara rutin. Warga selalu saling bahu dalam pelaksanaan kegiatan - kegiatan tersebut.

Kegiatan rutin keseharian yang dilakukan adalah kegiatan pengajian anak - anak semacam TPA, pengajian rutin ibu - ibu, pengajian rutin bapak - bapak serta pengajian gabungan ketiganya yang dilakukan saat Peringatan Hari Besar Islam seperti Maulid Nabi, Isro' Mi'roj, Muharrom, dan lain - lain. Alhamdulillah saat kegiatan PHBI warga sangat mendukung. Musholla tempat kami beribadah dipenuhi umat yang ingin mensukseskan kegiatan tersebut. Terutama warga RT 004, 005, 006, dan 007. Karena wilayah RW 012 terbagi menjadi 4 bagian dengan masing - masing 1 tempat ibadah. Artinya 14 RT dibagi ke dalam 4 tempat ibadah. Dengan asumsi terdekat wilayahnya dengan tempat tinggal sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan rajin dan khusyu.

Selain mengadakan kegiatan ibadah di atas Musholla Nurul Hidayah juga mengadakan santunan yatim piatu dan dhuafa yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan Ramadan. Santunan ini di bawah naungan Yayasan Laziqoh Kendi Umat se Pondok Ungu Permai. Untuk kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran ke berbagai masjid atau musholla yang terdapat di wilayah Perum. Pondok Ungu Permai. Alhamdulillah kegiatan ini pun didukung penuh oleh warga sekitar. Mereka berlomba - lomba untuk memberikan santunan sesuai kemampuan yang dimilikinya. Tak ada kata paksaan. Yang ada satu kata "ikhlas." Dengan hati ikhlas semoga terbalas limpahan rahmat dan hidayah dari Allah swt. Aamiin...

Saat menjelang Ramadan juga warga bersama - sama kerja bakti membersihkan musholla agar dapat digunakan sholat taraweh dengan bersih dan nyaman. Jika tempat ibadah bersih pasti warga yang akan beribadah pun akan merasa nyaman. Dan jika nyaman pasti akan betah berlama - lama melaksanakan sholat atau ibadah lainnya. Itulah harapan kami semua. Tak ubahnya seperti di tahun - tahun yang lalu, tahun ini pun menjelang Ramadan ini, kami melakukan kerja bakti. Keadaan musholla dari tahun ke tahun meningkat kerapihan dan kenyamanannya. Musholla kini sudah tertutup rapat artinya musholla sudah mempunyai batas berupa pintu gerbang yang dapat dibuka secara geser.

Dan tahun ini pun meningkat kenyamanannya karena dulu di musholla hanya terpasang kipas angin kini sudah terpasang AC sehingga udara tidak terasa panas dan ibadah menjadi semakin nyaman. Sampai - sampai salah satu penceramah berkelakar... karena kedinginan sampai sempat terlupa salah satu ayat dan sempat terdiam sejenak..."menggigil" begitu ujar beliau. Hehehe... alhamdulillah... semoga dengan keadaan seperti sekarang warga semakin betah untuk mengikuti kegiatan peribadatan yang direncanakan oleh pengurus DKM Musholla Nurul Hidayah. Aamiin...