Media

Antusiasme Anggota KPLJ

8 Juli 2017   22:21 Diperbarui: 23 Juli 2017   18:39 11 0 0

*Semangat KPLJ dalam membantu terbentuk dan terbangunnya gerakan literasi yang digagas oleh pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat sangatlah tinggi.*

Sejak adanya kegiatan workshop menulis artikel pada bulan Mei 2016 maka tercetuslah ide untuk membentuk sebuah *Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat* yang disingkat *KPLJ*. Sesungguhnya ide itu tercetus seiring berjalannya waktu setelah kegiatan workshop menulis artikel tersebut. Kami juga membuat grup wa dan fb, terdiri dari orang - orang yang pernah ikut kegiatan literasi di Jawa Barat.

Anggota grup KPLJ ini selain pernah mengikuti kegiatan literasi Se-Jawa Barat juga ada yang pernah mengikuti berbagai kegiatan yang sangat positif dan dapat memotivasi anggota lainnya. Kegiatan tersebut diantaranya Lomba Guru Berprestasi (GUPRES), Olimpiade Guru Nasional (OGN), Kepala Sekolah Berprestasi, juga lomba menulis, baik tingkat Kota/Kabupaten bahkan sudah sampai ke tingkat Nasional. Dan ada juga yang sampai mendapatkan fasilitas kunjungan ke Belanda berkat hasil kerja kerasnya mengikuti lomba menulis. 

Kami bangga bergabung dengan komunitas ini karena selain orang - orangnya pintar juga rendah hati, tidak sombong, tidak untuk diri sendiri bahkan justru cenderung mau mengajari kami - kami yang pemula dan belum mengerti namun berminat tinggi untuk bisa belajar menulis.

Berdirinya KPLJ yang alhamdulillah telah dilantik pada saat lounching buku antologi puisi, diketuai oleh Bpk. Idris Affandi, M.Pd. (widyaswara LPMP Jawa Barat) bertujuan membangun budaya literasi di kalangan pendidik khususnya maupun masyarakat umumnya. 

Tujuan tersebut sejalan dengan program literasi yang digulirkan oleh dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat di awal tahun 2016 demikian pernyataan Bpk. Dr. Asep Hilman, M.Pd. selalu Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat  pada tanggal 26 November 2016 di Aula LPMP Jawa Barat. Saat itu beliau menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan seminar dan lounching buku karya guru pembelajar "Guru Menyemai Benih Literasi". Beliau berharap dengan adanya komunitas KPLJ ini program - program pemerintah dapat dilaksanakan sampai ke tataran bawah.

Seiring dengan berjalannya waktu pula kami di grup wa sering membuat puisi, kadang - kadang juga cerpen, dan tidak ketinggalan juga membahas HAIKU. Kami juga saling berbagi info - info penting. Dan pada tanggal 19 Februari 2017 kami lounching buku kedua tentang antologi puisi dengan berbagai tema. Ada tema pendidikan, religi, agama, pengalaman pribadi, kemanusiaan, dan lain - lain. 

Buku antologi puisi ini pun bukan yang terakhir karena kami pun akan meluncurkan buku ketiga juga tentang puisi bertemakan "KULINER". Kuliner baik yang ada di Jawa Barat atau kota asal masing - masing anggota khususnya bahkan kuliner yang ada di Indonesia umumnya. Bahkan saya sendiri pernah mengusulkan untuk membuat buku cerpen yang merupakan gabungan ide - ide dari para anggotanya dan Insya Alloh ditindaklanjuti oleh bu Erni Wardhani Pada pembuatan buku periode berikutnya. Beliau adalah salah satu penulis cerpen wanita nasional.

Setiap warga kplj bebas berkarya untuk menulis apapun baik puisi, artikel, cerpen, maupun karya lainnya, bahkan kami dapat menerbitkan buku secara mandiri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kegiatan menulis para anggotanya sehingga menjadi lebih mahir menulis dan berbobot.

Harapannya, semoga dengan berkumpulnya kami dengan orang - orang yang berkegiatan positif dapat membantu kami meraih apa yang kami impikan juga membantu meningkatlan karir bagi pegawai negeri sipil (PNS). Karena kenaikan pangkat PNS banyak persyaratannya, diantaranya: sertifikat dengan nilai 32 jp, membuat buku, membuat PTK/PTS, dan kelengkapan lainnya. 

Sekali lagi kami berharap semoga hal ini dapat menjadi pemacu kami dalam berkarya dan berkarir. Aamiin... 



RBI, 03032017

Penulis Anggota KPLJ Wilayah Kota Bekasi