Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Pegawai Negeri Sipil , Seller Online

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser, buzzer

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Alam Sutra, Hunian Sekaligus Menikmati Lifestyle

17 Februari 2017   22:53 Diperbarui: 19 Februari 2017   17:29 229 2 1
Alam Sutra, Hunian Sekaligus Menikmati Lifestyle
Deskripsi : Salah satu fasilitas angkutan Umum yang unik

Angkutan umum bergaya British dan terkesan vintage membawa kami mengelilingi sebuah kawasan perumahan. 2 (dua) orang wanita menerangkan tentang kawasan perumahan berkonsep kota mandiri ini kepada kami para kompasianers yang terdaftar dalam Kompasiana Visit "Alam Sutera" didalam bus yang berjuluk "Sutera Loop". Tertempel disalah satu jendela bus Rp.5.000,- menunjukkan biaya yang dikeluarkan oleh penumpang apabila menggunakan jasa dari angkutan umum ini. 

Pada hari minggu, 12 februari 2017, daku mendapat kesempatan berkeliling dan talkshow bersama kompasianers lainnya ke salah satu hunian yang menggunakan konsep kawasan terpadu (mixed-use development). Hunian tersebut berdiri di atas lahan seluas lebih dari 800 hektar di wilayah Serpong – Tangerang. Komplek perumahan tersebut adalah Alam Sutera.

Deskrips : Sutera Loop I Sumber Foto : Andri M
Deskrips : Sutera Loop I Sumber Foto : Andri M

Deskripsi : Para Kompasianers didalam sutera loop I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Para Kompasianers didalam sutera loop I Sumber Foto : Andri M

Kami pun diajak menjejaki sudut - sudut kawasan sambil mendengarkan penjelasan sejarah dan seluk beluknya. Daku mendapatkan informasi Alam Sutera di design menjadi sebuah kawasan terpadu. Kawasan ini mulai dikembangkan sejak tahun 1994. Saat ini di lokasi tersebut telah menjelma menjadi sebuah kota mandiri. Siapa yang tidak kenal kawasan ini yang terkenal asri, modern,  dan menjadi primadona di wilayah barat Jakarta. Kawasan Alam Sutera menghadirkan sebuah kenyamanan, sekaligus kemudahan hidup dan termasuk langka ditemukan di perumahan lain. Fasilitas penunjang yang lengkap dapat ditemui dikawasan ini mulai dari pusat perbelanjaan, hiburan, kesehatan, bisnis hingga pendidikan melengkapi kawasan ini. Alam Sutera mentasbihkan diri tidak hanya sekedar hunian tetapi juga menopang lifestyle.

Deskripsi : Kanopi Hidup yang membuat kawasan Alam Sutera terlihat asri I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Kanopi Hidup yang membuat kawasan Alam Sutera terlihat asri I Sumber Foto : Andri M

Terdapat sekitar 35 (tiga puluh lima) cluster perumahan di Alam Sutera, dimana masing-masing terdiri dari 150 hingga 300 unit rumah. Jumlah populasi sekitar 4.500 keluarga. Alam Sutera mengedepankan faktor lingkungan itu bukanlah sebatas strategi pemasaran melainkan sebuah komitmen yang konsisten dilaksanakan. Konsistensi tersebut terlihat dari terbentuknya kawasan saat ini di Alam Sutera yang asri. Daku melihat sendiri kanopi organic dari pohon-pohon trambesi di jalan-jalan antar cluster. Walaupun jalan perumahan memiliki rentang yang lebar, daku perkirakan 8 meter tetapi kanopi hidup ini memperlihatkan kerimbunan. 

Deskripsi : Marketing Director Alam Sutera, Ibu Lilia Sukotjo ( berkemeja biru ) & Miss Scuba Indonesia, Yovita Ayu Liwanuru ( berbusana warna coklat) sebagai narsum talkshow alam sutera I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Marketing Director Alam Sutera, Ibu Lilia Sukotjo ( berkemeja biru ) & Miss Scuba Indonesia, Yovita Ayu Liwanuru ( berbusana warna coklat) sebagai narsum talkshow alam sutera I Sumber Foto : Andri M

Marketing Director, Lilia Sukotjo yang masih terlihat segar di usia yang hampir menyentuh enam puluh tahun ini menjelaskan bagaimana konsep pengembangan kawasan Alam Sutera yaitu menciptakan hunian yang aman, nyaman, asri dan sehat.  Design rumah disesuaikan dengan gaya arsitektur Indonesian Tropis. Indonesia adalah negara tropis dimana sangat berbeda dengan medeterania yang tidak memerlukan banyak lubang udara. Rumah di design memiliki ventilasi yang membuat hunian menjadi sehat. 


Kenapa Kita Membeli Hunian

Dalam otak manusia ketika membeli sebuah hunian memiliki tujuan berbeda-beda. Tujuan membeli hunian tersebut ada yang untuk menjadi tempat tinggal tetapi ada yang mengharap lebih dari itu yaitu sebagai RUMAH bahkan investasi. Hunian yang dijadikan tempat tinggal menurut daku hanya sebagai tempat merebahkan badan, meletakkan perabotan, memarkirkan kendaraan, dan sesuatu yang sifatnya statis tanpa memberi jiwa. Sedangkan hunian dijadikan RUMAH tidak hanya meletakkan sesuatu yang statis tetapi membuat cerita didalamnya. Ada unsur rasa, jiwa, dan aura dalam RUMAH. 

Deskripsi : Kawasan yang menjadi kota mandiri
Deskripsi : Kawasan yang menjadi kota mandiri

Ada beberapa hal yang membuat individu menjadikan hunian bukan untuk dijadikan tempat tinggal dan RUMAH yaitu sebagai bentuk investasi. Sudah bukan hal yang aneh ketika dalam perumahan ada yang memiliki lebih dari satu buah hunian. Harga tanah dan hunian cenderung naik dan sangat langka harga turun. Bahkan ada sebuah iklan promosi perumahan yang menjadi bahan becandaan  yang memberikan statement "Senin Harga Naik".

Salah satu faktor individu memilih lokasi hunian adalah akses.  Walaupun di luar Jakarta tetapi dengan hadirnya akses tol Alam Sutera di km 15 tol Jakarta-Merak, yang diluncurkan September 2009 membuat Alam Sutera menjadi mudah dijangkau dari Jakarta. Aksesibiltas ini akan memberi manfaat bagi penghuni dan masyarakat diluar kawasan karena akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan aspek sosial bagi kawasan Alam Sutera dan sekitarnya.

Deskripsi : Running & Cycling Track I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Running & Cycling Track I Sumber Foto : Andri M

Banyak masyarakat saat ini yang sudah sangat kurang berolahraga. Salah satu olahraga yang murah meriah adalah LARI. Sebuah hunian yang sehat dan memberikan Running Track pastinya akan menjadi salah satu faktor untuk dipilihDaku ingat sekali semasa kecil bersama almarhum kakak setiap akhir pekan berjalan berkeliling di salah satu perumahan elite di selatan JakartaTernyata Alam Sutera yang berada dibagian barat Jakarta menyediakan area Running dan Cycling Track sepanjang 5,3 km. Hidup di lingkungan yang sehat siapa yang tidak mau.


Sistem Keamanan Terpadu

Puluhan LED TV berjejer menampilkan gambar-gambar area lingkungan Alam Sutera, daku hanya tertegun. Dalam hati berkata "Kok ada perumahan yang memiliki begitu banyak CCTV !!!...". Tempat daku melihat itu disebut dengan Alam Sutera Command Center (ASCC). Lokasi tersebut mengintegrasikan sistem keamanan di kawasan Alam Sutera yang luas dengan pengawasan 24 jam dari petugas security yang standby 24 jam.

Deskripsi : Alam Sutera Command Center I Sumber Foto : Dokpri Andri M
Deskripsi : Alam Sutera Command Center I Sumber Foto : Dokpri Andri M

Deskripsi : CCTV memberikan rasa aman di kawasan Alam Sutera I Sumber Foto : Dokpri Andri M
Deskripsi : CCTV memberikan rasa aman di kawasan Alam Sutera I Sumber Foto : Dokpri Andri M

Deskripsi : Panic Buton I Sumber Foto : Dokpri Andri M
Deskripsi : Panic Buton I Sumber Foto : Dokpri Andri M

Dalam kawasan kota mandiri ini tidak hanya menerapkan sistem keamanan CCTV tetapi juga Panic Button. Benda apakah ini ???? ..... panic button adalah sebuah tools button yang terdapat dalam sebuah tiang berwarna merah terang. Ketika tombol tersebut dipencet akan membuat lampu emergency dan sirene menyala  serta memberikan tanda pemberitahuan kepada ASCC.  ASCC Reponse Team akan merespon panggilan tersebut dan mengirimkan Unit Reaksi Cepat (URC). Jika pemberitahuan tersebut bersifat "Bahaya", maka URC akan menghubungi pihak kepolisian. Di kawasan ini setiap jarak 500 m terdapat Panic Button yang tersebar di 38 titik di jalur utama Green Tunnel.

Pihak Alam Sutera menyediakan one gate system untuk menjaga keamanan dalam cluster. Dengan sistem satu pintu ini maka penghuni akan terjamin keamanannya dengan mengetahui siapa saja masuk dan keluar. bahkan bagi para pekerja yang melakukan renovasi / memperbaiki rumah tidak diperkenankan untuk menginap dilingkungan kawasan.

Fasilitas Pusat Perbelanjaan

Hunian saat ini tidak hanya sekedar untuk tempat kita tinggal tetapi lingkungannya dapat menyokong lifestyle. Manusia modern memiliki kecendrungan memilih stay dibandingkan harus pergi jauh ke suatu tempat. Untuk belanja saja saat ini sudah online. Bekerja sudah banyak yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus ke tempat kerja.  Tetapi tidak dipungkiri kebutuhan untuk kegiatan outdoor tetap ada. Untuk itu kawasan perumahan yang dapat membuat penghuninya betah adalah dengan tersedianya berbagai fasilitas yang lengkap, salah satu kawasan itu adalah Alam Sutera.

Deskripsi : Pusat perbelanjaan sekaligus rekreasi di Alam Sutera I Sumber Foto : Alam Sutera
Deskripsi : Pusat perbelanjaan sekaligus rekreasi di Alam Sutera I Sumber Foto : Alam Sutera

Tidak lengkap sebuah kota mandiri dan kawasan elite tidak memiliki pusat perbelanjaan yang modern. Alam Sutera menyediakan Mall yang dibangun dengan konsep modern di atas lahan seluas 7,8 Ha dan menawarkan suasana hijau baik di dalam maupun di luar ruangan. Mall Alam Sutera sepertinya direncanakan akan menjadi green community trend-setter di wilayah tersebut. 

Flavor Bliss merupakan sebuah pusat kuliner dan hiburan keluarga yang berdiri di atas lahan seluas 6,5 hektar tak jauh dari Gerbang Alam Sutera di Jl. Raya Serpong – Tangerang. Dengan berbagai pilihan menu makanan dari puluhan tenant ternama, tempat ini akan menjadi lokasi yang tepat untuk berkumpul keluarga. 

Living World Alam Sutera adalah pusat perbelanjaan dengan konsep "Home Living and Eat-tertainment Centre”, yang terletak dipusatnya Alam Sutera, Tangerang.Lokasi ini akan menjadi tempat yang tepat bagi kaula muda sebagai tempat untuk bergaul dengan konsep, "to see, and to be seen”. Banyak pilihan menu yang dihadirkan di tempat ini, cocok bagi yang merasa trendy dan style hip-hop


Fasilitas Penunjang Kebutuhan Hidup

Giant adalah department store yang menjual produk sandang seperti makanan, Giant juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual barang kebutuhan hidup dan sehari-hari. Terdapat pula kawasan pasar rakyat modern yang lebih dikenal dengan nama Pasar 8. Ini merupakan fasilitas yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk meramaikan kawasan Alam Sutera. Area pasar yang dilengkapi dengan 149 unit ruko, 238 unit kios dan 304 unit lapak ini telah 100% sukses dipasarkan dan secara resmi dibuka pada kuartal pertama tahun 2010. Pasar 8 menawarkan beragam pilihan daging, ikan & seafood, sayur & bumbu dapur, hingga berbagai pilihan makanan siap santap untuk memenuhi kebutuhan dapur.

Deskripsi : Fasilitas penunjang & bisnis di Alam Sutera I Sumber Foto : Alam Sutera
Deskripsi : Fasilitas penunjang & bisnis di Alam Sutera I Sumber Foto : Alam Sutera

Depo Bangunan adalah supermarket bahan bangunan dan perlengkapan rumah yang dikenal di Indonesia dengan konsep “Lengkap, Murah dan Nyaman”. Tersedia produk-produk berkualitas “Good – Better – The Best” mencapai 80.000 item. Kota mandiri yang terintegrasikan dengan kawasan Alam Sutera bagaikan madu bagi beberapa perusahan nasional dan multinasional seperti ; BCA, Alfamart, Ikea, Deltomed, Kino Care dan lainnya. Pastinya bikin betah karena kemana-mana dekat untuk memenuhi kebutuhan kita. 

----ooo000ooo-----


Deskripsi : Kawasan Alam Sutera I Sumber Foto : Alam Sutera
Deskripsi : Kawasan Alam Sutera I Sumber Foto : Alam Sutera


Hunian memiliki jiwa merupakan impian bagi individu atau keluarga yang mengidamkan RUMAH. Sebuah hunian yang memberi jiwa untuk ditinggali akan membuat hidup bahagia dan lebih berkualitas. Ketika daku akan mencari hunian sebagai rumah yang baik yaitu memiliki jalan perumahan yang lebar, asri, lingkungan yang sehat, memenuhi standar keamanan, tersedianya petugas kebersihan, dan yang terpenting memiliki fasilitas penunjang serta dekat dari mana-mana. Impian mungkin memiliki rumah di Alam Sutera ( http://www.alam-sutera.com )

Salam Hangat Blogger Cikeas -- Andri Mastiyanto

email : mastiyan@gmail.com, twitter : @AndrieGan , Instagran : @andrie_gan , FB : Ade Andrie M