HIGHLIGHT

Bola (Masih) Bundar

09 Juni 2012 18:29:01 Dibaca :

Mengejutkan! mungkin bagi sebagian orang kekalahan timnas oranye belanda yang dihuni pemain-pemain bintang sekelas arjen robben, wesley sneijder, robin van persie, dan rafael van der vaart terhadap timnas denmark yang sebelumnya sama sekali tidak diunggulkan dalam grup neraka ini re (Jerman,Belanda,Portugal dan Denmark sendiri).

Mereka lupa bahwa timnas denmark ini pernah juara euro tahun 1992  secara mengejutkan sehingga mendapat julukan "The Dinamit". Ketika itu Michael laundrup, Peter Schemichel dkk sukses menyingkirkan tim-tim kuat selevel Jerman, Belanda. Bahkan status mereka hanya sebagai pengganti! karena Yugoslavia yang seharusnya lolos dicoret keikutsertaanya dalam EURO karena perang saudara baca kompas, 9 Juni 2012.

Setidaknya ada tiga faktor keberhasilan denmark mengalahkan belanda malam ini. Pertama, kolektivitas. Seperti kita ketahui pemain-pemain denmark seperti niklas Bendtner dan cristian eriksen bukan merupakan pemain kelas wahid seperti pemain timnas belanda semacam arjen robben dan wesley sneijder. sehinga mereka sangat mengandalkan kekompakan tim dalam meyerang dan bertahan.Kedua, bermain tanpa beban. mengingat status mereka yang bukan merupakan unggulan juara dalam EURO kali ini. Hal ini justru mampu membangkitkan semangat mereka untuk bermain mati-matian agar meraih hasil yang terbaik. Beda sekali dengan timnas Belanda yang diunggulkan menjadi juara. Ketika Belanda ketinggalan gol dari Denmark, terlihat pemain-pemain Belanda tergesa-gesa dalam menyelesaikan peluang agar menjadi gol. Banyak peluang Belanda yang terbuang sia-sia. Hoki. Secara tidak langsung timnas Denmark mendapatkan hoki, karena Belanda mendapatkan banyak peluang untuk mencetak gol sementara Denmark lebih banyak tertekan. dan juga keputusan-keputusan wasit yang menurut saya kurang tepat seperti handsball di kotak penalti.

Inilah serunya pertandingan sepak bola. Hasilnya belum tentu bisa ditebak sebelum turun ke lapangan. dan itulah mengapa sepak bola menggunakan adegium "Bola itu bundar". apabila digelindingkan kadang permukaanya di atas kadang di bawah. tidak selamanya david kalah dengan goliath.  Selamat menikmati EURO 2012

Abdurrahman Darojat

/rahmandarojat

menulis apa yang ada di pikiran
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?