Pengaruh Globalisasi dalam Kehidupan Modern

03 Februari 2012 09:49:50 Dibaca :



Seiring berjalannya waktu, dalam era globalisasi yang kita kenal saat ini, banyak perkembangan dan perubahan yang terjadi di sekitar kita. Mulai dari teknologi komunikasi, informasi, gaya hidup bahkan sampai tradisi pun ikut mengalami perubahan serta perkembangan mengikuti arus globalisasi. Semua itu berdampak pula pada perubahan perilaku manusia terhadap lingkungan sekitar ataupun kehidupan masyarakat dibidang ekonomi, sosial hingga politik.


Globalisasi itu sendiri memiliki arti mendunia, yakni zaman yang mempengaruhi kehidupan modern dan proses komunnikasi individu atau setiap orang antar orang lain serta kelompok dan tidak dibatasi ruang maupun waktu. Semua komunikasi dapat terjalin dengan mudah dan cepat, berkat kemajuan teknologi saat ini. Tak ada lagi orang yang kesulitan mendapatkan informasi seputar keluarga, sanak saudara, dan teman mereka ingin berada disebuah daerah, kota maupun negara, semua informasi mudah didapat dengan bantuan teknologi.


1) Teknologi, Informasi dan Komunikasi


Tak hanya proses dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu perubahan, manusia dan kepadaiannya pun ikut berperan serta dalam hal ini. Banyak sudah bukti nyata yang kita lihat mengenai kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi seperti telepone, radio, televisi, komputer dan sebagainya. Merupakan sedikit contoh dari banyaknya kemajuan perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi kebutuhan utama bagi setiap masyarakat diseluruh dunia. Selain mudah didapat dan harganya terjangkau, benda-benda tersebut diatas juga memiliki daya tarik tersendiri dihati masyarakat, bukan hanya fungsinya yang dijadikan alasan utama setiap orang untuk memilikinya, namun karena bentuk serta fiture yang bagus, unik dan menarik mampu membuat orang lain tergoda untuk membelinya walaupun harga yang ditawarkan relatif tinggi.


2) Transportasi


Selain perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih, di era globalisasi ini, perubahan pesat dibidang trasportasi ikut membawa dampak positif bagi perkembangannya. Membuat masyarakat merasa nyaman bepergian jauh dengan mudah serta jarak tempuh yang dilalui lebih cepat. Dengan bantuan transportasi canggih saat ini, masyarakat tak perlu lagi bingung ataupun cemas bila ingin bepergian. Jika anda ingin mengunjungi suatu negara, anda tak perlu lagi bingung dengan apa anda mencapainya kini ada traspotasi udara, yakni pesawat yang dapat menghantarkan anda lebih cepat sampia tujuan dengan aman dan fasilitas yang ditawarkan mampu memberi kenyamanan bagi penggunanya. Sedangkan trasportasi darat memiliki kemajuan teknologi yang tak kalah canggih seperti kereta api yang mampu menampung ratusn bahkan ribuan orang setiap harinya dan mengantarkan mereka ketempat tujuannya dengan cepat, karena alat trasportasi yang satu ini memiliki jalur sendiri dan terbebas dari macet, sehingga pengguna kereta api banyak jumlahnya. Selain itu ada pula angkutan umum, bis dan sebagainya. Namun, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan, tingginya tingkat kemajuan teknologi  dibidang trasportasi mengakibatkan padatnya lalu lintas saat ini. Banyak kemacetan yang terjadi diruas-ruas jalan ibu kota, disuatu daerah bahkan hampir disetiap negara dan sudah menjadi pemandangan lazim yang kita lihat hampir setiap hari, suara deruh mobil, motor, angkutan umum terdengar riuh meramaikan suasana jalan hampir setiap waktu. Karena trasportasi semakin canggih, banyak masyarakat yang memiliki beragam aktivitas dengan kebutuhan alat trasportasi yang tinggi. Jelas ini mengakibatkan pencemaran udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan yang berasal dari kenalpot.


3) Gaya hidup


Semua  yang kita rasakan pada era globalisasi saat ini membawa dampak positif maupun negatif pada kehidupan kita. Terutama gaya hidup, yang masing-masing dari kita memiliki cara tersendiri dalam menyikapinya. Akan tetapi, sebagian dari gaya masyarakat sehari-hari kini terbilang mewah. Karena banyaknya keinginan setiap orang berbeda-beda bahkan baik benda maupun kebutuhan rumah tangga yang diinginkan bisa didapat tanpa harus memperhitungkan keuangan pribadi yang terpakai demi kepuasan semata. Selain itu, faktor persaingan dalam bergaya, maupun berpakaian mengikuti trend atau zaman menjadi alasan masyarakat agar tampil beda dari yang lain, walaupun biaya yang dikeluarkan tak sedikit untuk menutupi rasa malu dan hilangnya rasa percaya diri untuk meningkatkan optimisme diri dalam pergaulan. Globalisasi tak selamanya berdampak buruk dalam hidup kita. Ada nilai positif yang harus kita  ambil dalam hal ini, yakni banyak orang yang giat bekerja dengan bebagai keinginan yang dicapainya serta masyarakat mampu menghargai waktu dengan memanfaatkannya dan diisi oleh kegiatankegiatan yang bernilai positif.



4) Makanan dan Minuman


Pengaruh globalisasi sangatlah luas, mencakup segala aspek kehidupan. Makanan dan minuman saja kini banyak macamnya, dari yang tradisional sampai yang modern disajikan dengan campuran bahan dan proses antara makanan dan minuman dari dalam negeri maupun luar negeri.


5) Pakaian


Cara berpakaian, jenis pakaian, bahan pakaian dan sebagainya juga mendapat pengaruh globalisasi. Seperti cara berpakaian yang kebarat-baratan, terbuak dan biasanya lebih disenangi oleh masyarakat karena mode yang bagus, kualitas baik dan harga terjangkau. Dan banyak pula produk pakaian import yang bersaing dengan produk pakaian lokal. Namun, kita harus pintar memilih untuk mendapatkan pakaian dengan kualitas tinggi. Alangkah baiknya kita memakai pakaian yang tertutup, agar setiap hari, setiap aktivitas, setiap perjalanan dapat dilalui dan dikerjakan dengan nyaman dari segi penampilan dalam berpakaian.


6) Tradisi, Nilai-nilai dan norma



Seiring berjalannya waktu, pengaruh globalisasi semakin memudarkan tradisi dimasyarakat. Sudah jarang sekali Kita menjalankan tradisi “ Tingkepan “ yakni upacara usia kehamilan tujuh bulan bagi anak pertama. Merupakan tradisi yang berlangsung pada suku jawa. Namun, sangat disayangkan kini generasi muda lebih menykai dan mengenal tradisi asing seperti film Telenovela, lagu pop Inggis, Amerika dan sebagainya. Bahkan sampai upacar pernikahan saja dipengaruhi budaya asing. Nilai-nilai dan norma dalam hidup juga terkena dampak globalisasi. Dari zaman dahulu, kita sebagai masyarakat timur  sudah ditanamkan nilai dan norma yang luhur, sopan santun, kerukunan, gotong royong, tatak krama dan sebagainya. Kini semua itu mulai diabaikan masyarakat akibat pengaruh teknologi dan budaya asing yang kini hadir dalam kehidupan kita. Membuat masyarkat  mulai tidak peduli dengan lingkungan sekitar dan hidup bersosialisasi melaikan lebih bersifat individual.





7) Menyikapi perubahan Globalisasi


Menyikapi perubahan yang diakibatkan dari globalisasi merupakan suatu hal yang harus kita terima dalam hidup. Karena globalisasi telah banyak membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat dunia. Selain itu, globalisasi telah menyuguhkan berbagai informasi yang berasal dari seluruh negara ataupun dunia. Kita tidak bisa menghalagi informasi dan komunikasi antar individu. Dampak globalisasi sudah  berpengaruh luas dalam setiap aspek kehidupan. Baik itu globalisasi yang berdampak positif maupun yang b erdampak negatif. Sedangkan kita harus pandai dalam memilih informasi, terutama informasi yang  berasal dari luar seperti film-film dan sebagainya. Ambil informasi yang bernilai positif sedangkan informasi yang bernilai negatif lebih baik kita buang.


putri shintia ramadita


SMK PRUDENT SCHOOL


Putri Shintia Ramadita

/putrishintiaramadita

putri shintia ramadita SMK PRUDENT SCHOOL
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?