Mohon tunggu...
Angga Deka Saputra
Angga Deka Saputra Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis_Frelencer

Tulisan adalah gambaran JIWA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sudah Berbuat Apa untuk Indonesia?

17 Agustus 2017   19:39 Diperbarui: 17 Agustus 2017   19:51 800
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejenak aku terdiam tanpa kata, terpaku dan membisu jenuh menggelayut qalbu penat merambat jiwa. Mungkin ungkapan itulah yang tepat untukku saat ini. Menarik sekali bukan, dengan tema Sudah Berbuat Apa untuk Indonesia? Memang setiap warga negara dituntut untuk memberikan sesuatu kepada negara sebagai imbal balik terhadap  apa yang sudah negara berikan kepada kita. Seperti Kalimat dari seorang mantan presiden Amerika Serikat.

"Janga tanyakan apa yang sudah negara berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan kepada negaramu. Oleh John F Kennedy"

Memang sudah sewajarnya memberikan timbal balik kepada siapa saja yang telah berjasa kepada kita. Semenjak saya bergabung dan aktif kegiatan PRAMUKA.. Kalimat itu seolah selalu berbisik ditelingaku bahkan sudah tertancap didalam hati bagaikan patok tenda yang tertancap kuat.

Setiap orang yang menjadi warga negara manapun pastinya mempunyai hal yang telah diberikannya untuk negaranya, baik itu kecil maupn besar dampaknya terhadap negara. Seperti halnya saya sebagai warga negara Indonesia juga mempunyai hal yang harus bahkan wajib diberikan kepada negara ini. Kewajiban itu adalah sesuatu yang harus yang harus saya lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kewajiban atau yang sudah saya lakukan untuk Indonesia tidak lain dan tidak bukan ialah ikut serta dalam upaya bela negara sebagaimana tercantum dalam pasal 27 ayat 3, namun upaya bela negara disini bukan berarti saya ikut berperang melawan penjajah atapun berperang melawan teroris yang ingin menghancurkan negara ini. Karena semua sudah ada  bagianya sendiri sendiri, seperti halnya kita hidup di dunia ini sudah ada jalan dan takdir yang menunggu kita.

Upaya bela negara yang sudah saya perbuat untukIndonesia disini banyak ragamnya seperti menaati semua peraturan yang dibuat oleh pemerintah, membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.. Terutama saya sebagai seorang pelajar tentunya hal yang harus dilakukan dalam membela negara ini adalah belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh. Karena pemuda adalah generasi penerus bangsa yang membawa kemana bangsa Indonesia ini akan berjalan.

Tidak hanya sebatas itu upaya bela negara yang sudah saya beika untuk Indonesia adalah melalui kegiatan Pramuka. Dari sinilah awal saya benar-benar belajar dan siap memberikan segalanya untuk negara  Indonesia. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki makna jiwa muda yang suka berkarya, disini saya bukan hanya dididik teori saja tetapi setiap pelajar yang menjadi anggota diharuskan mempraktiikkan dan siap dalam memberikan dan mengadikan apa yang kita punya untuk Indonesi sesuai materi yang didapat. Seperti halnya saya yang telah mempelajari rambu-rambu lalu lintas dan saat itu juga saya memberikan apa yang saya dapat, sebagai upaya saya dalam membela negara ini, yakni seperti menaati semua peraturan rambu lalu lintas bahkan membantu  para pengguna kendaran dijalan raya agar terhindar dari kemacetan.

Jika kita telusuri dan menyadari pentingnya peran gerakan Pramuka, yang mana memiliki pewarisan nilai-nilai yang terkandung di Pancasila dalam pembentukan kepribadian kaum muda yang merupakan inti dari kandungan dari Pramuka itu sendiri. Gerakan Pramuka bertugas mendidik generasi muda di luar lingkngan sekolah untuk melengkapi pendidikan disekolah mauapun dikeluarga.

Itulah segelumit apa yang sudah saya perbuat untuk Indonesia sebagai seorang pelajar dan saya percaya bahwa dengan Pramuka saya dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun