Regional

DDG IAEA Kunjungi SMA Negeri 2 Tangsel

18 Mei 2017   21:52 Diperbarui: 18 Mei 2017   22:17 6 0 0
DDG IAEA Kunjungi SMA Negeri 2 Tangsel
Dokumentasi Pribadi

Deputi Direktur Jenderal, Badan Tenaga Atom Internasional/International Atomic Energy Agency (IAEA), Aldo Malavasi, kemarin (17/05) mengakhiri kunjungannya di Indonesia. Selama 3 hari Aldo Malavasi telah melakukan kegiatan pertemuan dengan pimpinan lembaga/kementerian diantaranya dengan Pimpinan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Food and Agriculture Organization (FAO), dan Menteri Kesehatan. Selain itu, Aldo Malavasi yang baru pertama kalinya mengunjungi Indonesia juga melakukan kunjungan ke beberapa tempat, diantaranya Rumah Tempe, fasilitas nuklir di Kawasan Nuklir Pasar Jumat dan Serpong.

Di hari ketiga (17/05) Aldo Malavasi menyempatkan berkunjung ke Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 2 Tangerang Selatan. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat cara pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada siswa tentang iptek nuklir. Kepala Sekolah SMA 2 Tangerang Selatan, Neng Nurhemah menyambut baik kunjungan Aldo Malavasi. Menurut Neng Nurhemah, pembelajaran iptek nuklir di SMA 2 dapat berjalan dengan baik dan dapat mengubah persepsi para siswa terhadap iptek nuklir.

“Sebelum mendapatkan pembelajaran tentang iptek nuklir yang benar, banyak siswa yang menganggap bahwa nuklir itu membahayakan manusia terutama dengan adanya bom nuklir. Namun setelah mendapatkan pembelajaran tentang iptek nuklir, siswa memahami iptek nuklir sangat bermanfaat bagi kesejahteraan manusia,” ujarnya.

Ia menambahkan, beberapa guru pengajar telah mendapatkan pembekalan tentang iptek nuklir dari BATAN sebagai mitra kerja sama yang mempunyai program sosialisasi iptek nuklir melalui pembelajaran siswa yang dikenal dengan nama compendium.  Neng Nurhemah mengklaim, saat ini SMA 2 Tangerang Selatan masuk dalam peringkat 103 sekolah yang mempunyai peringkat atas di Indonesia. Melihat kondisi itu, Aldo memberikan penghargaan yang tinggi kepada SMA 2 Tangerang Selatan yang telah berhasil memberikan pembelajaran iptek nuklir kepada siswa. Aldo berharap program ini terus dilakukan dengan meningkatkan kerja sama dengan BATAN.

Selain melakukan kunjungan ke SMA 2 Tangerang Selatan, Aldo mengakhiri kunjungan kerjanya di Indonesia dengan mengunjungi fasilitas nuklir di Kawasan Nuklir Serpong dan melakukan diskusi dengan para pimpinan BATAN. (pur)