Mohon tunggu...
Theresia Theresia
Theresia Theresia Mohon Tunggu... profesional -

jgn katakan tidak bisa sebelum mencoba

Selanjutnya

Tutup

Money

Budaya Organisasi

18 Juni 2013   14:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:49 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selama beberapa tahun terakhir kami telah mendengar ratusan manajer berbicara tentang dampak negatif dari kompleksitas padaproduktivitas dan semangat kerja. Pesan ini telah diperkuat oleh temuan survei CEO besar yang dilakukan oleh IBM dan KPMG, keduanya diidentifikasi sebagai kompleksitas tantangan bisnis utama.

Menyetujui bahwa kompleksitas sebagai suatu masalah, tapi melakukan sesuatu tentang hal itu adalah hal lain - terutama untuk manajer yang sudah over-bekerja, tertekan, dan nyaris tidak dapat menjaga kestabilan dengan beban kerja mereka saat ini. Pada kenyataannya,sebagian besar manajer tidak merasa bahwa mereka memiliki waktu untuk fokus pada hal tersebut, mempunyai masalahtetapi tidak memiliki kemampuan untuk memecahkan itu

Dengan dilema ini, kita pikir itu penting bagi manajer untuk memiliki kerangka kerja strategis yang dapat mereka gunakan untuk mengatasi kompleksitas di daerah mereka sendiri, dengan kecepatan mereka sendiri, dengan cara mereka sendiri. Jadi untuk itu, kami ingin menawarkan strategi "sederhana" dalam tujuh langkah. Sementara kami menyajikan ini secara berurutan, mereka dapat mengimplementasikan dalam urutan apapun, tergantung di mana Anda mungkin dapat membuat perbedaan besar yang paling cepat. Namun, penting untuk melakukan keseluruhan langkah sehingga terjadi kesederhanaan yang menjadi kemampuan inti dari organisasi Anda dan hal ini bukan hanya proyek sekali jalan.

Bersihkan Semak

Sebuah titik awal yang mudah untuk penyederhanaan adalah untuk menyingkirkan aturan bodoh dan kegiatan dengan nilai rendah, membuang-buang waktu yang ada di kebanyakan organisasi. Misalnya, berapa banyak orang perlu meninjau dan menandatangani laporan pengeluaran atau pembelian kecil, atau berapa kali slide deck perlu ditinjau sebelum disajikan. Jika Anda dapat menyingkirkan tugas-tugas sederhana, Anda akan mempunyai kesempatan untuk fokus pada lebih banyak kesempatanpenyederhanaansubstansial.

Mengambil perspektif luar-dalam

Penyederhanaan harus didorong oleh kebutuhan untuk menambah nilai kepada pelanggan Anda, baik internal maupun eksternal. Jadi langkah kunci dalam proses ini adalah untuk secara proaktif menjelaskan apa yang pelanggan Anda (internal atau eksternal) apa yang benar-benar anda inginkan dan apa yang dapat anda lakukan untuk membuat mereka lebih sukses. Seorang manajer, misalnya, meminta timnya untuk mengunjungi pabrik pelanggan sehingga orang bisa melihat bagaimana produk mereka benar-benar digunakan, yang memberi mereka ide tentang bagaimana untuk memperbaikinya.


Prioritaskan, memprioritaskan, memprioritaskan.

Salah satu satu kunci untuk penyederhanaan adalah untuk mencari tahu apa benar-benar penting (dan apa yang tidak), dan terus-menerus menilai kembali daftar prioritas sebagai hal-hal baru ditambahkan.
Ambil jalur terpendek dari sini ke sana. Setelah itu jelas bahwa Anda bekerja pada hal yang benar, me
nghapus langkah-langkahtidak berguna dalam proses inti.


Berhenti bersikap baik

Salah satu pola yang menyebabkan atau memperburuk kompleksitas adalah kecenderungan untuk tidak berbicara tentang praktek buruk. Hal ini terutama berlaku ketika orang takut untuk menantang lebih banyak orang senior yang tidak sengaja menyebabkan kompleksitas melalui manajemen yang buruk misalnya pertemuan, tugas tidak jelas, email yang tidak perlu, over-analisis, atau kebiasaan buruk manajerial lainnya. Untuk mengatasi kecenderungan ini, menggunakan umpan balik dan konflik yang konstruktif untuk menjaga rekan Anda (dan diri sendiri).

Mengurangi tingkat dan meningkatkan rentang.


Sumber lain kompleksitas adalah kecenderungan struktural untuk menambahkan lapisan manajemen, yang sering menyebabkan manajer mengawasi hanya satu atau dua orang. Ketika itu terjadi, manajer merasa terdorong untuk menambah nilai dengan mempertanyakan segala sesuatu yang bawahan mereka lakukan, yang menambahkan kerja dan mengurangi semangat. Untuk mengurangi kompleksitas semacam ini dan tinggal jauh dari manajemen mikro, lihatlah periodik pada struktur organisasi dan menemukan cara untuk mengurangi tingkat dan manajemen dan meningkatkan rentang pengawasan.

akhirnya,
ingat bahwa kompleksitas adalah seperti rumput di taman yang selalu bisa merayap kembali masuk Setiap kali Anda merasa seperti Anda telah berhasil diselesaikan, lakukan langkah 1 sampai 6 lagi.
Dalam global, organisasi semakin digital saat ini, kompleksitas merupakan hambatan tumbuh pada produktivitas dan kepuasan kerja. Manajer perlu mengembangkan penyederhanaan sebagai kapabilitas kepemimpinan inti dan komponen penting dari strategi bisnis. Semoga langkah ini akan membantu Anda memulai.

.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun