QUICK COUNT TIDAK BISA JADI ACUAN

17 Februari 20177 bulan lalu

Quick count atau proses penghitungan cepat yang dilakukan saat Pemilihan Umum atau juga Pemilihan Kepala Daerah seringkali dianggap sebagai cerminan dari hasil akhir perhitungan surat suara. Namun secara metode, perhitungan cepat seperti ini juga memiliki tingkat kesalahan. Tapi tidak jarang dan tidak sedikit yang menilai bahwa hasil dari quick count selalu tepat dan sama dengan perhitungan yang dilakukan KPU. Kendati demikian Ketua KPU Juri Ardiantoro penghitungan cepat oleh sejumlah lembaga tidak bisa dijadikan patokan yang valid meskipun masing-masing lembaga juga menyebutkan hasil penghitungan sudah lebih dari 50 persen rampung. Kompasianer, setujukah Anda bahwa hasil quick count tidak bisa dijadikan sebagai acuan?

3 PRO
  • Onald Zend
    25 Februari 20177 bulan lalu

    Tidak bisa, karena bersifat sementara,
    Hal ini membuatnya tak dapat di jadikan menjadi sebuah acuan.
    Lebih baik Menunggu info dari KPU.

Bunga Amelia R info resmi emang dari kpu
  • Abdy Busthan
    26 Februari 20177 bulan lalu

    quick count sifatnya subjektif, tdk objektif seperti real count Artinya quick count slalu muncul dgn wajah politis dari kepentingan-kepentingan tertentu. Dilain sisi quick count, hanya sebatas praanggapan sementara. Dalam hal ini, semua asumsi (hipotesis) yang muncul dalam fenomena, bisa menjadi teruji apabila semua gejala yang timbul tidak bertentangan dengan hipotesis tersebut. Dalam upaya pembuktian hipotesis, peneliti dapat saja dengan sengaja menimbulkan atau menciptakan suatu gejala.Kesengajaan ini bisa kita sebutkan dgn percobaan atau eksperimen. Nah, untuk dijadikan acuan dlm mengungkapkan kebenaran sebuah fenomena, tentu semua hal-hal yg bersifat sementara bukan acuan namanya, tetapi lebih tepatnya hanya sebatas kecurigaan akan kebenaran itu sendiri

  • luhut simor
    21 Februari 20177 bulan lalu

    QQ tidak bisa digunakan sebagai patokan, jawabnya PASTI. Masalahnya QQ itu hanya sebagai acuan dan dugaan sementara (sampling) menjelang RQ. Hasil RQ adakah hasil Final sesuai hitungan manual.

KONTRA 3
  • Agung Utomo
    26 Februari 20177 bulan lalu

    Statistik adalah ilmu yang diakui dan ilmu tidak punya niat jahat. Jadi selama semua parameter dan sampling silakukan dengan benar maka Quick Count dapat dijadikan acuan, dengan margin of error yang terukur.
    Namun secara legal, tetaplah Real Count yang harus dipakai.

  • Ade Irfan Abdurahman
    22 Februari 20177 bulan lalu

    Quick count bisa dong dijadikan acuan, bagaimana pun QC adalah salah satu metode ilmiah untuk mengukur hasil pilkada.

    Adapun yang harus diperhatikan adalah bagaimana metode pengambilan sampel dan berapa % margin of errornya, apakah sudah sesuai dengan metode ilmiah atau ada cacat, ini harus disebutkan oleh peneliti.

    Namun, bagaimanapun QC bukanlah hasil akhir, karena perhitungan manual KPU lah yang harus jadi acuan akhir penentu hasil pilkada

  • Yudha Firatmo
    20 Februari 20177 bulan lalu

    Tergantung kapabilitas lembaga penyelenggara surveynya. Jujur atau tidak, akuntable atau tidak, cara/metode pengambilan data, kecepatan report data. Bila semua berjalan dengan semestinya. Maka quick count dapat di jadikan acuan perhitungan suara.