KUALITAS PTS BELUM SETARA DENGAN PTN

27 April 20175 bulan lalu

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu menjadi favorit bagi siswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Namun ketatnya seleksi masuk PTN membuat siswa yang tidak terpilih terpaksa mencari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai alternatif. PTS selalu menjadi pilihan kedua karena kualitasnya dianggap belum setara dengan PTN. Setujukah Anda bahwa kualitas PTS memang belum setara dengan PTN?

1 PRO
  • REZAWAHYA
    28 April 20175 bulan lalu

    Input SDM untuk perguruan tinggi negeri adalah yang paling baik. Melalui pencarian bibit unggul dengan sistem SNMPTN dan ujian ketat SBMPTN, maka semua calon mahasiswa yang berprestasi akademis dan non akademis telah berkumpul di satu wadah PTN. Dan ini menjadi modal dasar bahwa PTN memiliki nilai kompetitif yang tertinggi dibandingkan PTS.

FADHLU RAHMAN apakah setiap mahasiswa yang lolos dari tahap snmptn atau sbmptn itu pasti unggul?
FADHLU RAHMAN apa yang anda maksud dengan unggul? aspek apa yang anda nilai sebagai pewakil kata unggul? darimana anda menyimpulkan bahwa keunggulan hanya ditentukan oleh test snmptn dan sbmptn?
KONTRA 3
  • Rizky Putra Pratama
    01 Juni 20174 bulan lalu

    dalam perkembangannya semua pengguruan tinggi sama saja tinggal bagaimana mahasiswa untuk menyikapi dan membentuk diri. menurut saya alasan mahasiswa tidak masuk ke perguruan tinggi swasta ialah karena biaya yang dibebankan lebih besar daripada perguruan tinggi negeri yang disokong dana bantuan lebih besar

FADHLU RAHMAN apakah segala bentuk pengembangan diri pada mahasiswa hanya ditentukan oleh mahasiswanya? apa alasan anda bahwa segala bentuk pengembangan diri tidak ditentukan oleh akibat lain selain diri?
  • Bunga Amelia R
    12 Mei 20175 bulan lalu

    pts dan ptn sama saja tergantung dari masing-masing mahasiswa nya

FADHLU RAHMAN balas komentar
  • Lungidradityo Wibi
    30 April 20175 bulan lalu

    Menurut saya tidak semua PTS kalah secara kualitas. Yang menjadikan PTS kalah dibanding PTN adalah konstruksi sosial masyarakat, dan budidaya wacana "perguruan tinggi negri" adalah yang terbaik.


    Sebagai sendiri adalah mahasiswa perguruan tinggi negri. Berkaca dari pengalaman, saya pun pernah melihat bagaimana suatu perguruan tinggi negri memiliki kondisi yang memprihatinkan secara kurikulum, tenaga pengajar dan fasilitas kampus dibanding perguruan tinggi swasta.

    Dan yang membuat saya bingung, itu adalah definisi "kualitas" dari mosi yang diajukan. Fame, atau ketenaran juga bisa dikatakan sebagai bentuk manifestasi kualitas. Walau pada akhirnya itu adalah bentuk lain dari hiperbola masyarakat.

    Kualitas berdasarkan fasilitas akademik dan kenyamanan belajar? percaya atau tidak, PTS jauh lebih unggul dibanding negri.

    Kualitas alumni? tidak semua alumni perguruan tinggi negri berhasil berkiprah menjadi individu yang sukses. Barometer kualitas nya apa dulu ?