KESETARAAN GENDER BELUM SEPENUHNYA TERPENUHI

21 April 20173 bulan lalu

Melihat perkembangan zaman saat ini, wanita tidak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan hak-haknya pun setara dengan pria. Namun masih ada anggapan bahwa tidak semua perempuan memiliki kesempatan mengembangkan dirinya, bahkan belum menikmati haknya untuk jadi setara. Kompasianer setujukah Anda bahwa ternyata kesetaraan gender belum sepenuhnya terpenuhi?  

3 PRO
  • Setiawan D. Nusa
    08 Mei 20173 bulan lalu

    Kesetaraan adalah hal yang masih cukup pembiasaan di Negara-negara berbudaya Timur hingga saat ini. Apapun sistem pemerintahan yang berjalan, nilai-nilai budaya Ketimuran masih sangat terasa walau sudah tidak begitu dominan lagi. Secara keseluruhan, Kesetaraan Gender saya liat belum sampai pada titik 'Yang Pas'. Peran wanita dalam berbagai sektor masih dapat ditingkatkan.

  • Tamita Wibisono
    26 April 20173 bulan lalu

    Berbicara tentang Gender, bukan hanya perempuan saja yang menjadi objek sekalligus subjeknya. Kesetaraan gender itu akan terwujud manakala pemahaman gender merata pada kedua belah kalangan, baik kaum perempuan sekaligus kaum kali-laki sebagai mitra. Selama gender hanya dipahami dan menjadikan perempuan sebagai sasaran pokok tanpa ada keterlibatan dan kesadaran gender dari kaum lai-laki maka kesetaraan gender tidak akan terwujud dengan maksimal.
    perempuan Indonesia sebagian sudah melek gender, namun ketika kembali pada ranah domestik dalam hal ini rumah tangga, belum sepenuhnya kesetaraan gender dapat diwujudkan akibat laki-laki yang menjadi pasangan hidup yang harusnya menjadi mitra justru kurang sadar gender.
    Ini sih dari kacamata dasar tentang kesetaraan gender dalam lingkup terkecil dalam rumah tangga.
    berapa banyak suami yang mau menggantikan tugas istri di ranah domestik sekedar menyapu lantai, membereskan ruah, hingga mengasuh anak pada waktu-waktu tertentu? dari situlah indikator kesetaraan gender dapat terlihat
    sebab gender adalah jenis kelamin sosial dimana fungsi dan tugasnya bisa di subtitusikan antara perempuan dan laki-laki
    bukan sebatas takdir yang dilekatkan antara perempuan dan laki-laki dengan segala perbedaan fisik maupun non fisik.
    itulah kenapa selama kalangan laki-laki belum melek Gender maka kesetaraan gender belum bisa terwujud dengan maksimal
    salam beauty balance

  • Paul Malhnau
    25 April 20173 bulan lalu

    Saya pikir ini memang benar. Perempuan masih belum bisa mendapatkan kesetaraan gender secara penuh.

    memang kesetaraan gender ini selalu digaungkan, namun di Indonesia ini kesetaraan gender terbentur pada adat dan budaya.

    kadang tidak sedikit orang berpikir bahwa misalnya sebuah organisasi atau lembaga atau apapun itu hanya boleh dipimpin oleh pria. masih ada kok yang seperti itu. Kita tidak bisa menutup mata akan hal ini.

    perempuan pun saya lihat masih ada saja hak-haknya yang belum terpenuhi.
    kesetaraan gender memang belum seluruhnya didapatkan perempuan.

KONTRA 2
  • Dayu Lestari
    28 April 20173 bulan lalu

    Menurut saya, ketika kita berbicara mengenai kesetaraan gender, harus dilihat dari beberapa sudut. Pertama, dari segi pemerolehan kesempatan pendidikan, sebagaimana yang kita ketahui, di Indonesia sudah tidak ada deksriminasi lagi. Kedua, dari segi tempat tinggal, perempuan yang tinggal di wilayah-wilayah yang telah terjamah kehidupan modern sudah tidak mempermasalahkan lagi perbedaan gender. Laki dan perempuan sudah dianggap setara. Contohnya bisa kita lihat dari semua bidang lapangan kerja yang ada, perempuan dapat mengisinya. Tak jarang pula, di kota - kota besar, sang suami yang tinggal di rumah mengasuh anak sementara sang istri mendapat dukungan penuh untuk bekerja menggapai puncak karir.

  • faisal fahmi mrp
    28 April 20173 bulan lalu

    memang kesetaraan gender sebaiknya memikirkan akan manusia yang memiliki kodratnya masing-masing, ada bagian-bagian tertentu dalam ajaran agama yang harus dipatuhi dan dipegang teguh . tidak semua manusia berhak mendapatkan kesetaraan gender itu, hanya manusia berkualitaslah yang berhak setara setelah diseleksi alam