PASAL KARET UU ITE HARUS SEGERA DIREVISI

Curhatan Acho sebagai konsumen dinilai telah mencemarkan nama baik apartemen Green Pramuka. Acho kemudian menjadi tersangka dengan dijerat UU ITE pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik yang dikenal dengan pasal karet. Disebut pasal karet karena pasal ini kerap disalahgunakan untuk membredel suara konsumen seperti kasus keluhan Prita pada RS Omni Internasional beberapa tahun silam. Kejadian ini terulang pada kasus Acho kali ini dan tuntutan untuk segera merevisi pasal karet ini kembali mencuat. Kompasianer setujukah Anda bahwa pemerintah harus segera merevisi pasal karet UU ITE ini?

08 Agustus 20171 minggu lalu

PRO 13

KONTRA 0

DANA HAJI TIDAK BOLEH DIINVESTASIKAN

Wacana kebijakan baru yakni menggunkan dana haji untuk diinvestasikan oleh pemerintah menuai pro kontra. Sebagian besar pihak mendukung wacana ini namun ada juga yang menolak dan menegaskan bahwa dana haji tidak boleh dimanfaatkan pihak manapun termasuk pemerintah selain untuk keberangkatan haji. Kompasianer, setujukah Anda bahwa dana haji tidak boleh diinvestasikan pemerintah untuk infrastruktur?

30 Juli 20173 minggu lalu

PRO 7

KONTRA 9

MEDIA SOSIAL HANYA BOLEH DIGUNAKAN ANAK DI ATAS 13 TAHUN

Presiden Joko Widodo menekankan pada orang tua agar membimbing anak menggunakan media sosial dengan baik. Pasalnya segala macam konten baik positif dan negatif ada di media sosial ini. Presiden bahkan menegaskan bahwa sebaiknya ada batasan usia bagi anak dalam menggunakan media sosial, setidaknya di atas 13 tahun. Kompasianer setujukah Anda dengan pernyataan bahwa media sosial hanya boleh digunakan anak di atas 13 tahun?

25 Juli 20173 minggu lalu

PRO 21

KONTRA 2

PEMBLOKIRAN APLIKASI TELEGRAM TERLALU GEGABAH

Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir aplikasi pesan instan Telegram yang diyakini digunakan jaringan teroris untuk berkomunikasi. Meski yang diblokir adalah versi website, kebijakan ini menuai kontroversi dan kecaman dari netizen. Bahkan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai kebijakan ini terlalu gegabah dan malah memberangus sarana komunikasi masyarakat. Kompasianer, setujukah bahwa pemblokiran aplikasi Telegram yang dilakukan pemerintah ini terlalu gegabah? 

16 Juli 20171 bulan lalu

PRO 6

KONTRA 9

SAH-SAH SAJA KELUARGA PRESIDEN IKUT ROMBONGAN KENEGARAAN

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Jerman. Namun untuk perjalanan kali ini, di dalam pesawat kepresidenan terlihat Jokowi mengajak serta keluarganya dalam rombongan. Keberadaan mereka dalam pesawat kepresidenan tak mengurangi kursi untuk delegasi resmi dan menggunakan biaya pribadi. Kompasianer, setujukah Anda jika sah-sah saja keluarga presiden ikut serta dalam rombongan kenegaraan  

12 Juli 20171 bulan lalu

PRO 6

KONTRA 2

KAESANG TIDAK MELAKUKAN UJARAN KEBENCIAN

Vlog buatan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep berjudul “#BapakMintaProyek” dianggap memiliki unsur penodaan agama dan ujaran kebencian. Namun dalam video berdurasi 2 menit 40 detik tersebut, Kaesang memaparkan kegelisahanya melihat anak-anak kecil yang berani mengintimidasi seseorang. Ia juga mempermasalahkan orang tua yang mengajarkan anak-anak itu melakukan tindakan tersebut. Kompasianer, setujukah Anda jika Kaesang tidak bersalah?

06 Juli 20171 bulan lalu

PRO 16

KONTRA 2

PELAKSANAAN MUDIK INI LEBIH BAIK DARI TAHUN LALU

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. Berbeda dari pelaksanaan mudik tahun lalu yang sampai memakan waktu puluhan jam, mudik lebaran tahun ini dianggap lebih tertata meski kemacetan masih terjadi. Kompasianer, setujukah bahwa pelaksanaan mudik lebaran tahun ini lebih baik dari tahun lalu?

25 Juni 20172 bulan lalu

PRO 13

KONTRA 2

PENCABUTAN SUBSIDI LISTRIK HANYA MENCEKIK RAKYAT

Terhitung 1 Juli mendatang pengguna listrik 900 VA akan mengalami penyesuaian tarif. Hal ini merupakan dampak dari pencabutan subsidi listrik bagi pelanggan 900 VA. Pencabutan subsidi ini dilakukan untuk meningkatkan dan meratakan infrastruktur listrik di daerah terpencil, namun hal ini malah dianggap memberatkan masyarakat kecil. Kompasianer, setujukah Anda bahwa pencabutan subsidi ini hanya memberatkan dan mencekik rakyat kecil?

14 Juni 20172 bulan lalu

PRO 4

KONTRA 6

LARANGAN MENIKAH TEMAN SEKANTOR MELANGGAR HAM

Pernikahan merupakan hak asasi manusia yang dilindungi UUD 1945. Namun, nyatanya hal ini berbanding terbalik dengan UU Ketenagakerjaan yang melarang pernikahan dilakukan oleh sesama rekan satu perusahaan. Lalu, sekelompok pegawai menggugat aturan ini ke Mahkamah Konstitusi (MK). Para pemohon menilai bahwa aturan ini berpotensi kehilangan pekerjaan dan bertentangan dengan ketentuan dalam UU Perkawinan dan UU Hak Asasi Manusia. Kompasianer, setujukah Anda apabila menikah dengan teman sekantor termasuk pelanggaran HAM?

07 Juni 20172 bulan lalu

PRO 5

KONTRA 5

LARANGAN MENIKAH TEMAN SEKANTOR MELANGGAR HAM

Pernikahan merupakan hak asasi manusia yang dilindungi UUD 1945. Namun, nyatanya hal ini berbanding terbalik dengan UU Ketenagakerjaan yang melarang pernikahan dilakukan oleh sesama rekan satu perusahaan. Lalu, sekelompok pegawai menggugat aturan ini ke Mahkamah Konstitusi (MK). Para pemohon menilai bahwa aturan ini berpotensi kehilangan pekerjaan dan bertentangan dengan ketentuan dalam UU Perkawinan dan UU Hak Asasi Manusia. Sedangkan Kemenaker berpendapat bahwa aturan ini mencegah terjadinya pemaksaan kehendak secara sepihak oleh pengusaha. Kompasianer, setujukah Anda apabila menikah dengan teman sekantor termasuk pelanggaran HAM?

07 Juni 20172 bulan lalu

PRO 0

KONTRA 2