LARANGAN MENIKAH TEMAN SEKANTOR MELANGGAR HAM

UU Ketenagakerjaan melarang pernikahan dilakukan oleh sesama rekan satu perusahaan. Kemudian, sekelompok pegawai menggugat ini ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena menurut mereka, ini bertentangan dengan ketentuan UU Perkawinan dan UU Hak Asasi Manusia. Kompasianer, setujukah Anda apabila menikah dengan teman sekantor termasuk pelanggaran HAM?

2017-06-07 15:09:05

PRO 0

KONTRA 2

AFI TIDAK MELAKUKAN PLAGIARISME

Artikel karya Afi Nihaya Faradisa yang sempat viral di media sosial kini diduga merupakan hasil jiplakan dari salah satu status pengguna Facebook bernama Mita Handayani. Dugaan ini muncul setelah seorang Kompasianer mengulas dugaan tersebut dalam sebuah artikel yang kemudian menjadi viral. Ada yang menganggap Afi benar melakukan penjiplakan, ada yang menilai bahwa Afi tidak melakukan tindakan plagiarisme ini. Kompasianer setujukah Anda dengan pernyataan bahwa Afi tidak melakukan tindakan plagiarisme?

2017-06-02 13:31:13

PRO 4

KONTRA 2

POLRI IKUT BERPERAN MENANGANI KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI

Polri didesak agar ikut terlibat dalam pemberantasan korupsi. Anggota Komisi III DPR berpendapat korupsi juga merupakan urusan kepolisian dan kejaksaan. Namun, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan bahwa jika Polri dikerahkan untuk melakukan penyidikan korupsi, anggota Polri perlu tersebar merata serta diberikan anggaran khusus. Kompasianer, melihat hal ini setujukah Anda apabila Polri ikut berperan dalam penanganan kasus korupsi di Indonesia selain KPK?

2017-05-29 15:33:37

PRO 2

KONTRA 2

CABUT BANDING ADALAH LANGKAH TEPAT AHOK

Kuasa hukum Ahok mencabut permohonan banding atas vonis yang diterima kliennya. Menurut pengacara Ahok, pencabutan ini dilatar belakangi kekhawatiran ditambahkannya masa hukuman dan perhitungan matang untuk mendapat keringanan masa hukuman. Menurut Anda Kompasianer, setujukah mencabut banding ini adalah langkah tepat yang diambil Ahok?

2017-05-23 11:54:11

PRO 2

KONTRA 2

TIDAK PERLU BERLEBIHAN MENYIKAPI VIRUS WANNACRY

Publik dunia tengah digegerkan oleh serangan virus berwujud malware yang disebut WannaCry. Di Indonesia sendiri beberapa server rumah sakit telah terkena serangan ini. Serangan ini mengundang reaksi dari banyak pihak dan memunculkan kepanikan massal. Namun Kompasianer, apakah reaksi ini terlalu berlebihan? Setujukah Anda jika kita sebenarnya tidak perlu berlebihan menyikapi virus WannaCry ini?

2017-05-15 12:49:28

PRO 1

KONTRA 0

VONIS 2 TAHUN AHOK KEPUTUSAN YANG ADIL

Ahok divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim. Putusan ini melebihi tuntutan jaksa yang menuntut Ahok dihukum 1 tahun kurungan. Menurut Wakil Komisi III DPR, Desmond J. Mahesa keputusan vonis dua tahun ini sudah sangat tepat dan membuktikan masih ada keadilan hukum di Indonesia. Kompasianer setujukah Anda bahwa vonis 2 tahun untuk Ahok adalah keputusan yang adil?

2017-05-09 23:36:34

PRO 4

KONTRA 20

KESEJAHTERAAN BURUH BELUM TERCAPAI

Unjuk rasa yang dilakukan kaum buruh berulang setiap tahun. Mereka menyuarakan isu yang sama berulang kali yakni mengenai kesejahteraan. Kaum buruh menilai mereka hingga saat ini belum menemukan kesejahteraan dari pemerintah dan perusahaan. Setujukah Anda bahwa kesejahteraan buruh memang belum tercapai?

2017-05-01 16:02:59

PRO 1

KONTRA 0

KARANGAN BUNGA AHOK SEBATAS PENCITRAAN

Kiriman karangan bunga untuk pasangan Ahok - Djarot terus mengalir ke kantor balai kota. Banyak pihak menilai ini adalah bukti bahwa kinerja Ahok - Djarot dicintai masyarakat, namun Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai bahwa ini hanyalah rekayasa dan sebatas pencitraan. Kompasianer, setujukah Anda bahwa karangan bunga untuk Ahok - Djarot hanyalah sebatas pencitraan?

2017-04-28 14:04:11

PRO 1

KONTRA 9

KUALITAS PTS BELUM SETARA DENGAN PTN

Ketatnya seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuat siswa mencari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai alternatif pilihan. PTS selalu menjadi pilihan kedua kaerna kualitasnya yang dianggap belum setara dengan PTN. Kompasianer, setujukah Anda bahwa kualitas PTS memang belum setara dengan PTN?

2017-04-27 14:07:13

PRO 1

KONTRA 2

KESETARAAN GENDER BELUM SEPENUHNYA TERPENUHI

Wanita tidak lagi dipandang sebelah mata, bahkan hak-haknya kini setara dengan pria. Namun masih ada anggapan bahwa tidak semua wanita belum menikmati haknya untuk menjadi setara. Kompasianer setujukah Anda bahwa kesetaraan gender ternyata belum sepenuhnya terpenuhi?

2017-04-21 13:46:54

PRO 3

KONTRA 2