Kesehatan

Care Mencegah Kolesterol Tinggi di Usia Muda

12 September 2017   14:05 Diperbarui: 12 September 2017   14:14 152 1 1

Mungkin kamu sering berpikir " masih muda, mana mungkin kena penyakit orangtua kayak begitu". Eitsss, jangan salah! Banyak orang yang di masa tuanya mengalami penyakit kolesterol tinggi akibat dari kebiasaan sewaktu muda yang tidak terlalu mempedulikan kesehatan. Nah, supaya kamu tidak terkena kolesterol tinggi di masa tua nanti, ada baiknya lakukan cara berikut ini.

1.Diet serat pangan

Diet serat pangan atau bahasa gaulnya dietary fiber. Yakni program diet yang lebih banyak mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah pepaya, oatmeal raspberry, jagung, alpukat, edamame, beras merah brokoli dan buah pir. Menurut Dr. Pearson memenuhi kebutuhan serat pangan setiap hari bisa menurunkan kadar LDL sebanyak 5%. Diet jenis ini juga tergolong mudah dan terjangkau karena semua bahan makanan yang dibutuhkan sudah tersedia di pasar terdekat.

2. Perbaiki pola makan dan pola hidup

Kolerasi keduanya sangat erat sekali.  Untuk mencegah kolesterol tinggi terjadi, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatur pola makan. Karena pada dasarnya penyakit kolesterol tinggi dapat menyebabkan berkumpulnya plak pada arteri yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

3. Kontrol porsi makan dengan telapak tangan

Penyebab melambungnya penyakit kolesterol tinggi yang utama adalah seringnya makan dengan porsi besar, bahkan 2 kali lipat dari batas wajar yang diharuskan. Ada baiknya, setiap kali ingin makan gunakan telapak tangan untuk mengatur porsi makan. Satu porsi ikan yang akan anda makan harus pas dengan ukuran telapak tangan. Begitu juga dengan porsi makanan lainnya baik itu sayuran atau buah-buahan segar.

4. Ganti cemilan dengan kacang

Mulailah untuk mencoba beberapa jenis kacang-kacangan. Sejumlah kacang tergolong ke dalam makanan pencegah kolesterol tinggi terutama yang tinggi lemak tak jenuh tunggal dan tidak menyatu pada cokelat atau gula. Kacang walnut bisa menjadi cemilan enak untuk menemani waktu santai kamu.