Mohon tunggu...
Pras Laksono
Pras Laksono Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Transfer Palsu "Kode RP Dana"

26 Agustus 2017   09:38 Diperbarui: 27 Agustus 2017   13:36 35732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bukti transfer yang dikirim dari calon pembeli| Dokumentasi pribadi

Jakarta 26 Agustus 2017.

Ini merupakan tulisan pertama saya, dan saya merasa perlu untuk berbagi kisah mengenai transfer palsu " Kode RP Dana" ini.

Meskipun sudah beberapa orang yang telah berbagi juga mengenai hal ini, namun kejadian yang saya alami mungkin ada sedikit perbedaan.

Bermula ketika saya memasang iklan di situs jual beli olx, situs yang sering saya gunakan untuk menjual dan mencari barang-barang bekas.

Pada tanggal 24 Agustus 2017 saya mengiklankan kamera yang hendak saya jual, hanya jeda 1 jam ada seseorang yang menghubungi saya via whatsapp yang menyatakan ketertarikan untuk membeli kamera saya. Berikut kronologis singkatnya :

1. Seperti umumnya calon pembeli, calon pembeli tsb menanyakan mengenai ketersediaan dan kondisi barang serta mulai menawar harga yang saya tawarkan.

2. Calon pembeli menanyakan apakah barang bisa dikirim, saya merespon dan memberi saran untuk COD saja namun pembeli tidak bisa untuk COD dengan alasan ada kerjaan.

3. Saya tidak keberatan untuk dikirim, namun uang harus ditransfer termasuk ongkirnya dan tidak menerima komplain pada barang yang diterimanya nanti. Dan Calon pembelipun menyetujuinya dan langsung menanyakan biaya ongkirnya.

4. Karena saat itu kamera masih ada dirumah, sehingga saya tidak bisa langsung memberikan informasi ongkir dikarenakan saya harus cek terlebih dahulu berat kamera saya beserta packingnya. Calon pembeli setuju jika malam hari saya akan infokan berapa biaya ongkirnya.

5. Keesokan harinya,sekitar jam 7 pagi, masih melalui whatsapp saya menginformasikan total biaya (termasuk ongkir) dan nomor rekening saya untuk transfer uangnya. Kemudian siang harinya calon pembeli mengirimkan bukti transfer berupa foto slip atm dan dikirimkan melalui whatsapp. Pada bukti transfer tertulis jelas nominal uang, nomor rekening dan nama saya.

6. Sekilas melihat bukti transfer tsb, saya hanya melihat nama dan nomor rekening saya serta nominal yang dikirimkan. Karena sudah sesuai sehingga tidak timbul kecurigaan saat itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun